Hal apa yang membedakan kamu dengan pesaing bisnis ritel lainnya? Apa keunggulan yang kamu miliki?

kamu mungkin sudah tahu apa produk kamu dan siapa pelanggan kamu, namun apakah kamu tahu bentuk pemasaran seperti apa yang efektif? Atau apakah strategi pengaturan harga perlu kamu gunakan dalam produk atau layanan kamu?

Sangatlah penting bagi bisnis yang baru berdiri untuk menganalisis secara lengkap rencana dan tahap bisnis. Kecerdasan dalam berkompetisi juga diperlukan dalam memasarkan, memberi harga, mengatur, serta strategi perencanaan lain bagi pemilik toko ritel dalam berbagai situasi bisnis. 

Sebelum kamu mengetahui keunggulan kompetitif kamu, kamu terlebih dahulu harus tahu pesaing kamu. Berikut merupakan hal-hal yang harus diketahui dalam menganalisis pesaing bisnis ritel.

Pertanyaan dalam Menganalisis Persaingan

Langkah pertama saat menentukan keunggulan dalam persaingan adalah melakukan analisis terhadap pesaing kamu, Tulis pokok yang dikompetisikan dan jawab beberapa pertanyaan berikut dalam setiap bisnis :

  • Dimana lokasi pesaing kamu?
  • Apa kekuatan yang dimiliki pesaing kamu?
  • Apa saja Kelemahan mereka?
  • Apa yang biasa didiskon setiap tahun?
  • Apa merek dari produk yang mereka jual?

Bagaimanakah  produk tersebut apabila disandingkan dengan produk yang kamu jual berkenaan dengan kualitas, wujud, dan kriteria yang lain?

  • Bagaimanakah struktur harganya?
  • Bagaimanakah proses pemasaran mereka?
  • Dimanakah pesaing kamu mendapatkan pemasok akan produk mereka?
  • Apakah mereka untung atau rugi?
  • Apakah kualitas produk mereka lebih baik dari kamu?

Untuk mendapatkan jawaban, pemilik toko ritel perlu melakukan penyelidikan dan memiliki kecerdikan dalam bersaing. Riset dalam bersaing dan penilaian yang dilakukan tidak perlu terlalu rumit. kamu tidak perlu merekrut seseorang untuk melakukannya. 

kamu bisa melakukannya sendiri, namun pertimbangkan untuk merekrut seseorang yang mampu melakukan sebuah riset mendalam nanti lalu mencari informasi yang lebih detail. Salah satu penelusuran sederhana yang dapat kamu lakukan dapat dimulai dengan membuka Google Maps, dan mengetik nama bisnis sejenis semisal “Coffee Shop“.

Menganalisis Para Pesaing Toko Ritel

Berikut beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa informasi dalam persaingan toko ritel.

  • Riset online adalah metode yang cepat dalam menemukan infomasi persaingan. Akan tetapi, riset ini hanya menghasilkan informasi yang telah dipublikasikan.
  • Pengamatan lapangan yang menyangkut area parkir, layanan pelanggan, volume dan pola pengiriman pemasok, dan lain-lain. Kegiatan ini dapat menghasilkan informasi yang berguna tentang keadaan bisnis pesaing.
  • Survey dan wawancara dapat memberikan informasi mengenai data tentang produk pesaing. Riset survey dan wawancara secara berkelompok umumnya memberikan perspektif yang lebih mendalam dari sampel terbatas.

Pembandingan kompetitif digunakan untuk membandingkan suatu keadaan dengan kondisi pesaing bisnis ritel kamu. Dalam membuat perbandingan di industry yang spesifik, infomasi yang dikumpulkan mengenai latihan pemasaran, ketersediaan tenaga kerja, dan pemasok.

Hasil dari analisis persaingan kamu dalam membentuk ketrampilan diperlukan agar bisnis ritel kamu sukses dan menciptakan keunggulan kompetitif yang berbeda. Agar riset kamu tidak sia-sia, gunakan kelemahan pesaing kamu sebanyak mungkin dan buat kelemahan tersebut sebagai kekuatan dalam Bisnismu. 

Persempit daftar kelemahan tersebut yang  hanya akan memberi kamu keunggulan kompetitif. Pastikan daftar kelemahan pesaing bisnis ritel kamu yang akan memperkuat Bisnismu tidak menyimpang dari kriteria berikut:

Hemat biaya dan realistis

Direncanakan untuk menyelesaikan masalah tertentu atau memenuhi kebutuhan tertentu saja.

Menarik untuk pasar

Jika kamu memulai bisnis tanpa melakukan analisis persaingan, kamu berisiko dalam menciptakan strategi pemasaran yang justru menawarkan produk atau layanan yang jauh dari sasaran. Ini dapat menghabiskan waktu dan uang kamu yang berharga selama bulan-bulan awal.

kamu juga perlu rencana agar cerdik dalam bersaing seiring berkembangnya Bisnismu. Ini akan membantu kamu tetap kompetitif. 

Analisis dalam bersaing adalah proses yang berkelanjutan dan pemilik toko ritel harus selalu mengumpulkan informasi tentang pesaing mereka.

Mengapa Menganalisis Pesaing Ritel Itu Sangat Penting?

Penelitian yang kamu kumpulkan tentang pesaing kamu sering disebut sebagai: “Penelitian Kompetitif.”

Jenis penelitian ini sangat penting untuk kesuksesan kamu dalam bisnis. Karena memberi kamu kemampuan untuk mengidentifikasi tren industri dan beradaptasi dengan kampanye atau strategi pesaing dengan cepat. Tujuannya agar dapat mempertahankan pijakan Bisnismu atau bahkan dapat mengungguli para pesaing. 

Bagaimana Cara Menganalisis Pesaing Bisnis Ritel?

Dengan menganalisis pesaing bisnis ritel kamu dan kemudian memantau mereka secara berkelanjutan, kamu akan mengetahui perilaku mereka, memungkinkan kamu untuk mengantisipasi tindakan mereka dan tetap selangkah lebih maju.

Ini dikenal sebagai analisis pesaing bisnis. kamu ingin memastikan pembeli memiliki alasan untuk memilih produk kamu ketimbang produk para kompetitor yang lain.

Meskipun melakukan analisis pesaing bisnis bukan ilmu yang pasti, tetapi hal ini bisa  meliputi beberapa pencarian Google sederhana yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengategorikan pesaing kamu.

kamu harus belajar cara menganalisis pesaing ritel, dengan membedah situs web para kompetitor dan memahami pendekatan mereka secara keseluruhan sehingga kamu dapat mengembangkan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

menganalisis pesaing bisnis ritel

Cara Melakukan Analisis Pesaing Bisnis

1. Kategorikan pesaing kamu

Apakah kamu mau mengakuinya atau tidak, pesaing ada di luar sana dan kemungkinan besar mereka sama “laparnya” dengan kamu.

Setelah itu, kamu akan dapat:

  • Memanfaatkan kelemahan dan kekuatan para pesaing untuk membantu memulai Bisnismu.
  • Pahami ekosistem industri dan lasnkap area target operasional dengan lebih baik, dan pelajari cara terbaik memposisikan Bisnismu untuk sukses.
  • Identifikasi, pahami, dan awasi pesaing kamu sehingga kamu tidak perlu khawatir mereka menyelinap di belakang kamu.

Proses ini dikenal sebagai pengumpulan intelijen kompetitif.

2. Temukan Pesaing kamu

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi pesaing utama dalam industri kamu. Tetapi Google atau situs marketplace lain kemungkinan akan menjadi tempat terbaik untuk menemukan siapa saja pesaing kamu. 

Mulailah dengan pencarian sederhana untuk nama Bisnismu, ide produk dan ide bisnis yang menyeluruh.

Dari sana, periksa berbagai saluran media sosial, organisasi, dan komunitas online.

Sumber daya lain yang dapat kamu gunakan untuk menggali informasi tentang pesaing kamu termasuk Alexa, Spy Keyword, Hoover, Ahrefs dan sebagainya.

Tujuan utama kamu pada tahap ini adalah untuk menciptakan jaringan yang luas dan mendapatkan pkamungan komprehensif dari lanskap kompetitif.

3. Kategorikan Pesaing kamu

Saat kamu menemukan pesaing, cobalah untuk mengelompokkannya ke dalam berbagai tingkatan. Mulai dari pesaing langsung hingga bisnis yang saat ini tidak bersaing dengan kamu, tetapi dapat dengan mudah berubah menjadi kompetitor di kemudian hari.

Berikut ini cara mudah untuk mengkategorikan penjual di industri kamu:

  • Kompetisi Utama: Ini adalah pesaing langsung kamu, yang berarti mereka menargetkan audiens yang sama atau memiliki produk serupa – atau keduanya.
  • Kompetisi Sekunder: Pesaing ini dapat menawarkan versi produk kamu kelas atas atau bawah, atau menjual sesuatu yang mirip dengan audiens yang sama sekali berbeda. Jika kamu menjual jam tangan Timex, pesaing sekunder mungkin adalah pengecer Rolex.
  • Persaingan Tersier: Kategori ini mencakup bisnis yang secara tangensial terkait dengan Bisnismu, dan sangat berguna ketika kamu ingin memperluas katalog produk kamu. Ini dapat berupa produk dan layanan terkait yang sedang tren, serta bisnis yang mungkin bermanfaat untuk bermitra dengan lebih jauh. Misalnya, jika kamu menjual perhiasan, pesaing tersier dapat menjual permata dan batu.

Saat kamu melakukan penelitian, buatlah catatan ini di dalam spreadsheet atau database, sehingga lebih mudah mengolah dan menganalisa data yang tersimpan.

Jika sudah selesai menganalisis pesaing-pesaing kamu, sekarang saatnya susun rencana bisnis dan keunggulan produk yang matang. Lalu mulailah jalankan promo pemasaran untuk dapatkan pelanggan. Pelajari tips jitunya disini.

Comments to: 3 Cara Menganalisis Pesaing Bisnis Ritel

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer