Sukses atau tidaknya bisnis ritel bergantung pada ketepatan produk yang ditawarkan, harga yang cocok, dan waktu yang pas. Oleh sebab itu, menemukan sumber-sumber barang dagang grosir yang terbaik sangatlah penting bagi keberhasilan Bisnismu.  

Jika kamu sudah tahu produk apa atau bentuk produk seperti apa yang akan dijual, langkah selanjutnya yaitu menemukan pemasok grosir yang tepat.

Mulai dengan pembelian barang dagang grosir

Sebelum belanja barang dagangan grosiran untuk toko kamu atau yang dikenal dengan istilah “kulakan”, kunjungilah pesaing kamu atau toko yang menjual produk serupa dengan yang akan kamu jual. 

Pilihlah produk toko tersebut dan catat merek yang mereka jual. Coba tentukan produk apa yang laku dijual kembali dan yang tidak. 

Apabila kamu mengunjungi toko serupa yang jaraknya terlalu jauh untuk dijadikan pesaing, pemilik toko ritel tersebut mungkin akan memberikan informasi kepada kamu mengenai asal produk grosir di toko mereka.

Pemilik toko ritel biasanya menemukan secara online produk yang akan mereka jual, bergabung dalam kelompok pembeli, mencari tahu pusat grosir, dan mengikuti pameran dagang atau pasar pembeli.

Saat toko kamu buka dan memulai bisnis, maka akan lebih mudah menemukan barang dagang grosir untuk dijual kembali. Karena sang pemasok atau supplier biasanya yang akan mencari kamu. Bukan kamu yang mencari mereka. 

Pelanggan bisa merekomendasikan produk apa yang sebaiknya dijual di toko kamu, sehingga mereka punya peran yang besar dalam menemukan pemasok. 

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan menanyakan timbal balik dari mereka merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa kamu memenuhi kebutuhan mereka.

Pameran Dagang sebagai sumber Informasi

Pameran dagang merupakan salah satu tempat yang tepat bagi kamu untuk menemukan pusat grosir. Pemilik toko ritel bisa menjumpai banyak pemasok yang menyediakan suatu produk dengan berbagai penawaran yang berbeda. 

Produsen Pemasok

Beberapa pemasok akan menjual produk mereka kepada pemilik toko ritel dengan harga grosir. Jika sudah begini, mereka mungkin menjual produk dalam jumlah yang banyak atau sedikitnya menetapkan jumlah minimal pemesanan. 

Ingin menjual produk tertentu? Hubungi produsen tersebut dan tanyakan apakah mereka menjual produk secara borongan kepada pedagang. 

Apabila jawabannya tidak, tanyakan distributor mana yang menjual produk mereka sehingga kamu tahu dimana kamu bisa membeli produk tersebut.

Beberapa produsen sekarang telah hadir secara digital dan dapat kamu temukan dengan mudah lewat marketplace khusus B2B seperti Alibaba. Untuk pemain lokal, ada Ralali, Brizzy, Indotrading, hingga Mbiz yang bisa kamu telusuri juga.

Membeli dari Importir

Adanya globalisasi telah membuat proses mengimpor suatu barang menjadi lebih mudah. Pemilik toko ritel bisa membeli dari importir atau membeli produk secara langsung melalui perusahaan asing. 

Banyak PR jika kamu akan memakai pemasok jenis ini. Hal penting yang perlu dicatat yaitu memahami cara kerja secara keseluruhan, waktu pengiriman, siklus produk, dan biaya yang diperlukan, termasuk pajak import yang juga harus kamu perhatikan.

Distributor sebagai pemasok

Distributor umumnya menjual berbagai jenis klasifikasi produk. Harga yang mereka tawarkan mungkin sedikit lebih tinggi daripada harga pabrik. Hal ini karena mereka juga harus meraup laba. 

Pemilik toko ritel juga bisa membeli produk dengan jumlah sedikit tanpa minimum pembelian. Beberapa distributor bahkan menawarkan pengiriman gratis dalam jumlah pembelian tertentu.

Belanja di pelelangan

Skema ini belum tersedia di Indonesia. Namun secara online selaku pemilik toko ritel kamu bisa menemukan banyak penawaran di eBay, situs pelelangan terbesar di dunia. Cari kategori grosir lalu sesuaikan dengan jenis toko yang kamu cari, di sana kamu akan menemukan banyak sekali barang dagang grosir. 

Tidak semua harga produk di eBay adalah harga grosir, tetapi bila kamu menyisihkan waktu untuk menonton pelelangan dan mengetahui cara membeli yang efektif, kamu akan tertarik untuk membelinya. Jangan lewatkan info terbaru dari situs pelelangan atau sentra perkulakan yang menawarkan barang dagang grosir untuk dijual kembali.

barang dagang grosir
Pemilihan Penyedia Barang Dagang Grosis dengan Seksama

Memilih Supplier

Saat kamu sudah menemukan sumber atau asal dari beberapa produk, evaluasi setiap supplier dengan beberapa pertimbangan. 

Untuk memperoleh barang dagangan bagi pelanggan, kamu perlu membeli produk dari seseorang yang mengutamakan kualitas, pengiriman yang dapat dipercaya, dan menomorsatukan pelanggan. 

Informasi ini dapat dikumpulkan melalui beberapa referensi, strategi pemasaran, atau hanya dengan bertanya kepada sales penjualan tentang bagaimana mereka menjalankan bisnis.

Harga Dan Pertimbangan Lain

Salah satu pertimbangan utama saat kamu memulai bisnis grosir akan terfokus pada harga. Tinjau secara teratur untuk melacak biaya pengeluaran dan harga yang kamu tetapkan untuk dijual kembali. Kestabilan muncul ketika harga tetap konstan dari waktu ke waktu, atau ketika berada pada tingkat yang sangat rendah dan dapat diprediksi. Harga eceran dari produk adalah harga yang dibeli pelanggan sebagai pihak terakhir dan tidak untuk dijual lagi oleh distributor sebagai pihak ketiga. Meskipun harga mendapat perhatian utama, namun ada hal lain juga yang perlu kamu pertimbangkan dengan baik.

Pemilihan Lokasi

Pertimbangkan tempat yang kamu sewa untuk menjual produk kepada pelanggan. Bisnis mencakup sasaran atau capaian pemilik toko ritel dalam menjual barang dagang grosir—timbul harapan untuk meraup laba. 

Fokuslah pada  parkir yang memadai untuk pelanggan, dan hal-hal yang menarik minat konsumen. Pikiran pula tentang jam kerja, jika aktivitas di saat malam di daerah kamu masih terbilang ramai, pertimbangkan biaya untuk operasional toko secara 24 jam. 

Waktu-waktu yang tepat bagi toko ritel untuk beroperasi disesuaikan dengan masyarakat. Waktu yang tepat untuk membuka toko harus cocok dengan waktu belanja para pelanggan.

Pilihan Pengiriman

Biasanya, beban biaya pengiriman akan ditanggung kepada pelanggan. Toko ritel dapat menggunakan jasa kirim yang harganya terjangkau. Semakin murah semakin bagus. Harganya ditentukan berdasarkan lokasi, ukuran produk, dan berapa lama waktu yang diinginkan pelanggan.

Sistem Pembayaran dan Pengadaan

Pertimbangkan seberapa mudahnya sistem pembayaran dan kamu juga perlu membuat kebijakan mengenai ganti rugi dan pengembalian barang. 

Tidak lupa, buatlah ketentuan dimana kamu akan memberlakukan harga yang tinggi. Rencana ini haruslah jelas disampaikan kepada pelanggan kamu.

Layanan Pelanggan

Tidak ada dua toko ritel yang punya layanan pelanggan yang sama. Untuk memberikan layanan pelanggan yang baik, kamu harus memberikan barang yang diinginkan pelanggan. 

Beri mereka media yang mereka butuhkan untuk mengambil keputusan agar membeli barang dengan cepat sehingga memungkinkan mereka untuk membeli tanpa banyak berpikir. Sediakan juga beragam opsi pembayaran agar mampu menjangkau beragam jenis preferensi pelanggan.

Menangani Barang Dagangan Retur

Beberapa barang yang dikembalikan akan dijual kembali oleh pemilik toko ritel dengan harga penuh, tapi kebanyakan tidak begitu. Biasanya, barang retur akan dijual dengan harga yang terendah. 

Untuk menghindari pengembalian barang maka pertama-tama kamu harus membuat pelanggan puas. Berikan banyak informasi yang bisa menaikkan nilai tawar produk kamu.

Perencanaan Baik Menuai Hasil Baik

Jangan mudah menyerah! Semua butuh waktu, proses, dan negosiasi dengan beberapa supplier  untuk menemukan barang dagangan yang tepat untuk dijual lagi di toko ritel kamu. 

Memulai bisnis apapun tidak akan berhasil dalam sehari saja, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan pebisnis yang mandiri. 

Comments to: 5 Cara Bagaimana Melakukan Pembelian Barang Dagang Grosir

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer