Bagi kamu yang bergerak di bidang manufaktur atau memproduksi barang untuk dijual, maka tentunya aspek penentuan harga produk sangat penting diperhatikan. Ada beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan kamu dalam penentuan harga produk.

Kesemuanya tentu saja menjadi aspek yang saling terkait satu sama lain dalam penentuan harga suatu produk yang akan dijual atau dipasarkan.  Dalam penentuan harga suatu produk yang akan dijual, terdapat dua aspek yang penting diketahui.

Bahwa ketika menentukan harga produk terlalu rendah maka kesempatan untung akan hilang, sementara jika menentukan harga produk terlalu tinggi maka kesempatan mendapatkan pelanggan potensial yang akan hilang. Karena itu beberapa pertimbangan ini diperlukan.

5 Hal yang Perlu Di Perhatikan Saat Menentukan Harga Produk

Menentukan biaya produksi

kamu harus tahu bahwa besarnya biaya produksi sekaligus menjadi suatu dasar atas penentuan harga produk yang akan ditawarkan nantinya. kamu harus benar – benar jeli menghitung berapa biaya produksi yang kamu keluarkan untuk menciptakan sebuah produk.

Kemudian tambahkan dengan kisaran profit yang kamu inginkan baru akan bisa kamu temukan harga jual produk tersebut. Semisal jika kamu ingin membuat produk dengan biaya keseluruhan sebesar 10 ribu rupiah sementara keuntungan yang kamu inginkan untuk didapatkan dari hasil penjualan adalah sebesar 2 ribu rupiah, maka produk tersebut dijual dengan harga sebesar 12 ribu rupiah.

kamu perlu ingat juga tentang satu hal bahwa biaya suatu produk yang diperhitungkan bukan hanya biaya yang tampak (dalam proses produksi) melainkan juga tentang biaya overhead atau biaya penunjang proses produksi itu sendiri.

Biaya produksi juga termasuk biaya total (TFC). Biaya total (TFC) adalah biaya yang wajib dikeluarkan secara menyeluruh oleh suatu perusahaan yang digunakan dalam membeli semua keperluan baik itu barang dan atau jasa yang akan digunakan dalam proses produksi demi menghasilkan suatu produk berupa barang yang akan dijual.

Komponen – komponen penghitungan biaya yang akan muncul dalam proses produksi suatu produk diantaranya :

  • Biaya variabel total atau total variable cost merupakan keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan suatu faktor produksi variable.
  • Cara menghitung biaya tetap rata – rata atau average fixed cost adalah dengan cara menghitung biaya total kemudian dibagi dengan jumlah produksinya.
  • Cara menghitung variabel rata – rata atau average variable cost adalah dengan cara kamu bagikan biaya variable total (TVC) dengan jumlah produksi yang dihasilkan atas suatu barang.
  • Cara menghitung biaya total rata – rata atau average total cost adalah dengan cara membagi biaya total dengan jumlah produksi yang dihasilkan.
  • Cara menghitung biaya margin atau marginal cost didapatkan melalui penambahan hasil biaya produksi yang dimanfaatkan atau digunakan dalam rangka menambah produksi satu unit produk atau barang.

Mempertimbangkan kemampuan konsumen

Dalam penentuan harga jual suatu produk, perusahaan yang baik tentunya akan memanfaatkan berbagai macam alat dan juga faktor dalam mengukur kemampuan konsumen. Semakin seseorang tahu tentang kondisi konsumen yang dituju maka tentu akan semakin tahu juga berapa harga jual yang akan dipatok atas suatu produk.

Melakukan survey untuk mempertimbangkan kemampuan konsumen dalam membeli suatu produk juga diperlukan. Melakukan survey tersebut menjadi suatu jenis riset yang bisa membantu memberikan suatu gambaran tentang berapa harga yang semestinya ditentukan.

Mencari tahu harga produk dari pesaing

Ketika kita masih berada pada tahap penentuan harga produk, jangan pernah berpikir tentang laba atau cara menghitung laba bersih atau kotor karena tahapannya masih sangat jauh. Yang paling penting adalah fokus pada produk yang ingin dihasilkan.

Jika kamu bisa menghasilkan suatu produk terbaik yang memiliki nilai lebih dari competitor dan pastinya sangat dibutuhkan target market, maka mendapatkan keuntungan yang besar bukan suatu masalah. Jika sudah, barulah nantinya cara menghitung keuntungan dalam berdagang bisa dipikirkan.

Perhatikan juga apakah produk yang kamu hasilkan memiliki added value (nilai tambah) dibandingkan dengan produk pesaing atau tidak. Semisal terdapatnya garansi pembelian dan layanan purna jual atau nilai tambah lain yang sekiranya menarik dan dibutuhkan konsumen.

Menentukan pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut

Setiap orang dalam menjalankan usaha tentu ingin mendapatkan penghasilan dengan jumlah tertentu. Nah, besarnya pendapatan disini berarti menghasilkan angka pemasukan dimana uang tersebut tidak hanya digunakan dalam menutupi berbagai macam biaya yang muncul.

Akan tetapi juga untuk bisa mendapatkan profit yang digunakan dalam pengembangan usaha. Sementara selama ini kesalahan yang seringkali terjadi pada pengusaha adalah menganggap tingkat penjualan hanya ditentukan oleh harga saja.

Padahal sebenarnya tidak melulu pada harga. Besarnya penjualan juga sangat tergantung atas pemilihan konsumen dan juga bagaimana strategi penjualan yang tepat untuk mendapatkan konsumen jauh lebih banyak dari hari ke hari.

Tentukan prioritas usaha

Sebelum dan ketika menjalankan usaha, kamu harus tanyakan pada diri kamu sendiri tentang “kemana usaha akan kamu bawa”. Hal tersebut merupakan sebuah pertanyaan yang dapat digunakan menjadi suatu dasar dalam penetapan harga disamping memaksimalkan profit juga penting diperhatikan.

Meningkatkan market share melalui produk yang kamu hasilkan juga tak boleh kamu lupakan. Satu hal yang juga perlu kamu ingat bahwa produk harusnya dikenal karena kualitas bukan hanya karena harga yang murah.

Setelah kamu menentukan harganya, maka melakukan monitoring atas harga secara berkesinambungan perlu kamu lakukan karena hal tersebut juga sangat menentukan tingkat keuntungan yang kamu bisa dapatkan. Jika semuanya sudah selesai, barulah kamu bisa berpikir tentang cara menghitung laba penjualan dan potensi laba yang bisa didapatkan beserta target yang harus dicapai dalam satu bulannya. Dengan begitu strategi marketing akan digempur karena adanya target yang diinginkan untuk dicapai.

Comments to: 5 Hal yang Perlu Di Perhatikan Saat Menentukan Harga Produk

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer