Setiap perusahaan bisnis harus menyiapkan dua laporan keuangan seperti laporan pendapatan dan laporan arus kas sebagai siklus akuntansi bulanan perusahaan tersebut. Laporan laba rugi dalam laporan pendapatan akan menunjukkan laba perusahaan atau laba bersih. Sedangkan laporan arus kas akan menunjukkan posisi dari kas perusahaan sendiri.

Apa Itu Arus Kas?

Kini kita akan membahas tentang arus kas. Arus kas perusahaan di suatu titik waktu ialah perbedaan kas antara kas pada awal periode dengan akhir periode tersebut. Hasil pinjaman, pendapatan, serta penjualan asset masuk kedalam uang tunai, dan juga uang keluar untuk biaya langsung, biaya operasi, layanan utang pokok, serta pembelian asset seperti peralatan. Uang tunai adalah raja di dalam bisnis kecil.

Namun, uang tunai juga menjadi penentu Bisnismu apakah akan semakin meroket, atau malah memburuk. Berikut adalah beberapa bagian laporan arus kas dari beragam aspek. Menganalisis arus kas perusahaan akan membantu kamu dalam laporan keuangan dalam Bisnismu.

Cara Menganalisis Arus Kas

Dengan menganalisis arus kas, sama saja dengan mengikuti metode untuk memeriksa kesehatan dari keuangan Bisnismu. Analisis arus kas dengan benar akan membuat kas bertahan dan cukup untuk operasi dari bulan ke bulan.

  • Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat anggran tunai, seperti rencana perkiraan keuangan jangka pendek. Tentukan jumlahuang tunai yang mengalir dalam perusahaan selama sebulan. JIka bisnis baru, maka masukkan saldo awal dalam bentuk tunai yang kamu ingin miliki selama 1 bulan.
  • Setelah itu, mungkin kamu akan mengeluarkan biaya untuk membeli barang kator atau pengeluaran bulanan lainnya. Biasanya kamu akan terkena biaya triwulanan seperti pajak. Semua pengeluaran harus kamu jadwalkan secara teratur.
  • Ketiga, pastikan arus kas masuk tiap bulan harus lebih besar daripada arus kas yang keluar agar uang cukup untuk biaya operasi perusahaan. Siapkan seseorang yang berpengalaman untuk menghitung pembayaran tunai perusahaan kamu.

Saldo akhir perusahaan untuk bulan pertama akan menajdi saldo awal di bulan kedua. Lakukan analisis yang sama tiap bulannya. Seiring pertumbuhan bisnis, mungkin kamu akan menambahkan banyak item dalam analisis arus kas. Cukup putuskan saldo minimum akhir kas agar kehidupan perusahaan tetap tertata.

Jika arus kas negatif dalam sebulan, carilah investor atau pinjaman ke orang terdekat dan bisa juga ke bank. Setelah arus kas kembali positif dan stabil, bayar kembali pinjaman tersebut. Lakukan analisis ini setiap bulannya sesuai dengan perkiraan kamu.

Perbedaan Anggaran dengan Laporan Arus Kas

Membuat laporan arus kas penting bagi kelangsungan bisnis kecil kamu. Namun, masih banyak yang bingung beda antara anggaran dan laporan arus kas. Apa perbedaannya?

Anggaran kas akan membantuk bisnis dalam mengelola modal jaringan perusahaan yang biasanya dianggarkan setiap bulan atau triwulan. Anggap saja anggaran tunai disebut dengan keuangan jangka pendek karena lebih mudah dan cepat untuk dipersiapkan.

Dokumen anggaran tunai akan memberitahu perusahaan berapa jumlah uang yang tersedia di akhir bulan. Sedangkan, anggaran kas akan menunjunkkan peningkatan modal kerja bersih yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya operasional atau membayar uang pinjaman.

Laporan arus kas adalah laporan yang disusun Bersama dengan laporan neraca dan laba rugi. Itulah mengapa laporan arus kas lebih formal karena disajikan dari item kredit dan debit dalam anggaran tunai.

Lembar Saldo Komperatif untuk Bisnis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, laporan keuangan memerlukan informasi dari neraca yang berasal dari dua tahun terakhir dan membandingkan keduanya untuk laporan arus kas. Untuk itu, diadakan analisis neraca komperatif untuk mengembangkan laporan arus kas. Pertama, pertimbangkan kenaikan atau penurunan asset dan akun kewajiban dalam dua tahun neraca. Tak hanya itu, arus kas dari aktivitas operasi juga harus diperhatikan karena bisa menjadi angka negative, atau sebaliknya bisa menjadi positif.

Arus kas dari aktivitas investasi mencakup setiap investasi jangka Panjang maupun investasi dalam asset tetap. Arus kas yang satu ini harus diperhatikan di tiap tahunnya.

Arus kas dari aktivitas pendanaan adalah arus kas yang dibiayai dari pinjaman bank jangka Panjang. Pembayaran pendanaan dari bank maupun investor akan tertera dalam arus kas ini.

Setelah mendapatkan setiap arus kas, maka kamu dapat menggabungkan tiga bagian tersebut menjadi arus kas bersih untuk perusahaan.

Cara Menyiapkan Laporan Arus Kas dengan Metode Tidak Langsung

Dalam menyiapkan laporan arus kas, terdapat 2 metode. Yang pertama adalah metode langsung, dan sisanya adalah metode tidak langsung yang umumnya disukai oleh sebagian perusahaan bisnis karena kesederhanaannya. Perbedaan dari dua metode ini terletak pada bagian kegiatan operasi. JIka metode langsung mencantunkan penerimaan kas dari operasi serta pengeluara kas uang tunai, metode tidak langsung dimulai dari laba bersih serta laporan laba rugi yang selanjutnya akan disesuaikan seperti depresiasi.

Data yang kamu perlukan untuk menyiapkan laporan arus kas adalah neraca komperatif. Ada beberapa data laporan laba rugi dari data neraca selama dua tahun yang akhirnya akan dibuat menjadi laporan arus kas. Pertama siapkan arus kas dari operasi dan dapatkan penghasilan bersihnya. Pertimbangkan kenaikan atau penurunan asset dan akun kewajiban dalam dua tahun informasi neraca. Selanjutnya, arus kas bersih dari kegiatan operasi akan masuk dalam ringkasan bagian pertama laporan arus kas.

Arus kas dari aktivitas investasi akan mencakup setiap investasi jangka Panjang dari perusahaan ditambah investasi dalam asset tetap. Siapkan arus kas bersih dari aktivitas investasi untuk menjadi bagian kedua dari laporan arus kas.

Arus kas dari aktivitas pendanaan harus juga dipersiapkan secara detail kemana arus kas keluar dan masuk dari pihak peminjam seperti bank atau investor. Siapkan arus kas bersihnya dari aktivitas pendanaan.

Arus kas bersih berasal dari tiga bagian laporan arus kas untuk mencapai perspektif arus kas. Ini akan menimbulkan kenaikan bersih dalam arus kas perusahaan dalam setahun.

Perhitungan Arus Kas Gratis

Poin terakhir termasuk salah satu hal terpentung ketika menganalisis arus kas sebagai pemilik usaha kecil. Arus kas bebas adalah uang tunai yang dihasilkan perusahaan dan ditinggalkan setelah membayar pengeluaran dari modal yang dihasilkan (pabrik atau peralatan lainnya).

Aliran kas bebas termasuk dalam bagian analisis arus kas. Hal ini cukup penting mengingat banyak penipuan perusahaan yang berunculan. Investor kini melihat konsep arus kas bebas untuk menilai atau menghindari manipulasi laba per saham atau laba bersih.

Sumber Arus Kas Bebas

Untuk menghitung arus kas bebas, berasal dari:

  • pendapatan penjualan – biaya operasi dan pajak – investasi dalam modal operasional.
  • Sedangkan untuk arus kas bebas berasal dari laba operasi bersih setelah pajak – investasi bersih dalam modal operasional
  • Arus kas bebas berasal dari arus kas bersih dari operasi – pengeluaran modal.

Hitung Rasio Arus Kas Perusahaan

Rasio keuangan yang di dalamnya terdapat arus kas operasi, harga atau arus kas, serta margin arus kas akan membantu pemilik perusahaan bisnis fokus dalam arus kas.

Dengan menghitung rasio arus kas tersebut, kamu akan mendapatkan informasi tentang likuiditas, solvabilitas, serta kelangsungan hidup dari perusahaan kamu.

Comments to: 7 Teknik dan Tips Analisis Arus Kas

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer