Apa itu analisis arus kas? Analisis arus kas atau cash flow adalah sejenis laporan arus kas yang di dalamnya ada kaitannya dengan laporan keuangan. Isinya mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam sebuah perusahaan diperiode tertentu.

Dengan adanya analisis arus kas ini maka kamu sebagai pelaku atau pemilik bisnis tentu saja bisa tahu mengenai keuangan dari perusahaan tersebut, apa memang sedang untung atau justru alami kerugian. Bisa dibilang, analisis arus kas jadi cara menghitung keuntungan dalam sebuah perusahaan yang tepat. Bahkan untuk pebisnis kecil pun, kamu bisa melakukan cara menghitung keuntungan dalam berdagang dengan melakukan analisis arus kas ini.

7 Tips Dalam Menganalisa Arus Kas

Pada dasarnya dalam analisis arus kas ini ada beberapa elemen penting yang harus kamu tahu, pertama adalah arus kas dari kegiatan bisnis. Ini merupakan jenis arus kas yang asalnya dari kegiatan bisnis baik pemasukan maupun pengeluaran. Contohnya, penerimaan dari konsumen, pembayaran listrik, pembayaran gaji bulanan, dan lain – lain.

Kedua, yakni arus kas dari kegiatan investasi, asalnya dari kegiatan investasi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, baik itu mengenai pemasukan atau pengeluaran. Kegiatan yang masuk dalam investasi ini adalah aktifitas penjualan dan pembelian dari aktifitas perusahaan serta semua kegiatan yang ada kaitannya dengan pinjaman modal usaha.

Lalu untuk yang terakhir, atau ketiga adalah arus kas dari kegiatan pendanaan. Ini merupakan arus kas yang berasal dari pendanaan yang didapat perusahaan, misalnya, penjualan obligasi, emisi saham, dan lain – lain. Dan berikut adalah 7 teknik dan tip analisis arus kas yang harus kamu ketahui.

Teknik tepat dalam melakukan analisa arus kas

Jika menurut kamu, kira – kira sebera pentingnya sih keberadaan uang dalam sebuah bisnis? Tentunya penting sekali. Uang bahkan jadi senjata yang bakal membuat bisnismu dapat berjalan lancar, sesuai dengan keinginan.

Tanpa uang tunai misalnya, maka sebuah bisnis tidak akan bisa mencapai kesuksesan seperti yang telah diimpi – impikan. Analisis arus kas atau cash flow adalah metode yang biasanya digunakan untuk memeriksa kesehatan keuangan dalam berbisnis, baik itu untuk jenis bisnis kecil maupun bisnis berskala besar sekalipun.

Sebagai pelaku bisnis tentu saja kamu harus mengetahui mengenai pergerakan uang tunai dalam Bisnismu. Kabar baiknya, dengan adanya analisis arus kas yang baik, tentu saja segala bentuk pinjaman online, misalnya yang dilakukan oleh perusahaan kamu bisa ditangani dengan baik pula.

Mengetahui perbedaan anggaran tunai dan laporan arus kas

Dari semua kegiatan yang dijalankan oleh sebuah perusahaan pada dasarnya akan dicatat dalam laporan arus kas, atau cash flow berdasarkan klasifikasinya. Sehingga laporan arus kas bisa memberikan informasi, bahkan membantu kamu untuk lakukan evaluasi keuangan serta pengambilan keputusan. Maka dari itu penting pula bagi kamu untuk mengetahui perbedan antara anggaran tunai dengan laporan arus kas itu sendiri.

Melakukan pelacakan arus kas di sebuah perusahaan memang penting peranannya untuk keberlangsungan Bisnismu. Tetapi akuntan kadang kalanya berbicara mengenai angaran kas juga laporan arus kas lebih komprehensif lagi. Mari lihat ulasan lebih lengkapnya pada pembahasan berikutnya.

Menganalisis laporan arus kas lebih lengkapnya

Kita ambil contoh, ada seorang pelaku bisnis yang diharuskan untuk melihat pada 2 tahun terakhir dari neraca perusahaan. Juga membandingkan perbedaan antar keduanya dengan tujuan agar bisa mengembangkan laporan arus kas dengan baik. Dengan informasi yang didapatkan dari laporan laba rugi, contohnya saja seperti laba atau rugi dan depresiasi.

Juga informasi yang didapatkan dari neraca komparatif terutama mengenai bagaimana serta liabilitas di sebuah perusahaan tersebut telah berubah. Sehingga kamu pun bisa mengembangkan laporan arus kas perusahaan kamu dengan sebaik mungkin.

Mempersiapkan dan analisis laporan arus kas

Mempersiapkan dan menganalisis laporan arus kas atau cash flow bisa dilakukan dengan cara melihat sumber dan penggunaan dana dari neraca komparatif. Sehingga memungkinkan sebuah perusahaan yang kamu miliki tersebut dapat melihat kebutuhan kas di masa depan.

Dan berikut ini adalah beberapa analisis arus kas yang tentu saja penting sekali untuk kamu ketahui. Seperti yang sudah kita bahas di awal bahwa, dengan analisis arus kas maka kamu juga bisa tahu cara menghitung laba bersih dengan lebih mudah. Itu artinya, keberadaan cash flow memang benar – benar berperan penting bagi sebuah perusahaan.

Menghitung arus kas perusahaan kamu

Penting sekali untuk kamu tahu bahwa perhitungan arus kas bebas dalam sebuah perusahaan ini merupakan salah satu hal penting yang bisa diambil pemilik bisnis kecil, maupun besar dari analisis laporan arus kas itu sendiri.

Sederhananya seperti ini, yakni arus kas bebas merupakan uang yang nanti akan ditinggalkan oleh perusahaan setelah membayar pengeluaran modal yang diperlukan. Yang demikian tersebut sudah pasti ada kaitanya dengan apapun yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, seperti pabrik atau pun peralatan baru.

Arus kas bebas bahkan bisa dikatakan sebagai stkamur emas yang paling berharga bagi kesehatan keuangan sebuah perusahaan. Silakan kamu tambahkan analisis arus kas bebas perusahaan kamu ke analisis arus kasmu. Tujuannya, untuk membuatnya jadi lebih kuat.

Perhitungan arus kas bebas

Aliran arus kas bebas ini pada dasarnya merupakan jumlah uang yang tersisa dari bisnis yang telah kamu jalankan. Untuk kemudian digunakan untuk berbagai kebutuhan atau keperluan lainnya setelah melakukan pembayaran pengeluaran modal bisnis.

Termasuk halnya mengenai bangunan, peralatan, dan pengeluaran lain yang dibutuhkan untuk mempertahankan operasi yang sedang berjalan di perusahaan. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung arus kas bebas dalam sebuah perusahaan. Yang mana kesemuanya ternyata mengarahkan ke jawaban yang sama.

Menghitung rasio arus kas di perusahaan

Sebenarnya ada banyak sekali rasio keuangan yang penting untuk diketahui, termasuk halnya mengenai arus kas operasi, harga atau pun arus kas, dan margin arus kas. Tujuannya, untuk membantu kamu sebagai pelaku bisnis agar bisa berfokus pada arus kas di perusahaan.

Melakukan perhitungan rasio arus kas untuk perusahaan kamu tersebut tentu saja akan memberikan kamu informasi mengenai likuiditas, solvabilitas, serta kelayakan Bisnismu. Selain itu kamu juga perlu menambahkan perhitungan ini ke analisis arus kas kamu untuk memperkuat bisnismu.

Sebagai informasi tambahan, kas pada dasarnya merupakan salah satu aset yang memiliki sifat liquid. Sementara itu laba sendiri bisa dibilang sebagai keuntungan yang didapatkan perusahaan dari aktifitas maupun kegiatan operasionalnya. Penting sekali untuk diketahui bahwa ternyata tidak semua laba bentuknya kas.

Sebuah perusahaan yang mendapat laba atau untung bahkan bisa juga tidak memiliki kas. Dan perusahaan yang memiliki kas juga tidak bisa dipastikan bahwa mereka mendapat untung. Jadi, laba dan kas tidak bisa disamakan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang 7 tips dalam menganalisa arus kas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Comments to: 7 Tips Dalam Menganalisa Arus Kas

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer