Alumak atau Bank Tradisional: Mana yang Lebih Tepat untuk Pinjaman Usaha Kecil kamu?

Dengan munculnya layanan pinjaman online seperti Alumak, usaha kecil bisa mendapatkan dana yang mereka butuhkan dengan lebih mudah. Pertanyaannya, apakah pemberi pinjaman online seperti Alumak selalu merupakan pilihan yang paling tepat? Tentu Alumak menawarkan persyaratan yang lebih mudah dan bunga yang lebih rendah, tetapi ada beberapa kekurangan untuk kebutuhan bisnis tertentu. Berikut adalah rincian kapan kamu harus mempertimbangkan Alumak dan kapan kamu sebaiknya tetap mencari pinjaman dari bank tradisional:

Alumak: Jika kamu tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan pinjaman di bank tradisional.

Persyaratan pengajuan pinjaman bank lebih sulit untuk dipenuhi daripada Alumak. Jadi apabila kamu ditolak oleh bank, cobalah untuk melakukan pengajuan pinjaman ke Alumak. Berbeda dengan pinjaman bank, Alumak akan langsung memberikan sejumlah kredit yang dapat digunakan. Jika keuangan kamu tidak kuat, Alumak akan memberi kamu batas kredit yang lebih rendah. Apabila kamu meminjam dan membayar kembali pinjaman dengan tepat waktu, batas kredit kamu akan meningkat. Ini cocok untuk kebutuhan bisnis yang tidak membutuhkan jumlah besar di muka.

Bank: Jika kamu membutuhkan lebih dari 1 milyar Rupiah dalam bentuk pinjaman.

Alumak hanya dapat memberikan hingga 1 milyar Rupiah dan akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan batas kredit sebesar itu. Jika kamu mempunyai kebutuhan yang perlu dibayar dengan jumlah besar di muka dan membutuhkan lebih dari 1 milyar, kamu perlu tetap berpegang pada bank untuk mendapatkan pinjaman kamu.

Namun tenang saja, dalam beberapa bulan ke depan kami akan meningkatkan limit batas atas hingga Rp 2 milyar.

Alumak: Jika kamu hanya membutuhkan pinjaman jangka pendek.

Alumak dapat memberikan batas kredit mulai dari 20 juta hingga 1 milyar Rupiah berdasarkan kelayakan kredit pengguna. Setelah itu, peminjam dapat menarik sejumlah uang hingga batas kredit yang tersedia, asalkan pinjaman tersebut dapat dibayarkan kembali dalam waktu 6 bulan. Pengembalian di bawah 60 hari bahkan tidak akan dikenakan bunga sama sekali. Jadi, apabila kamu memiliki batas kredit di angka 200 juta, kamu dapat langsung meminjam hingga 200 juta dari Alumak. Apabila kamu membutuhkan pinjaman untuk membayarkan pengeluaran kecil di sana sini, Alumak merupakan pilihan yang tepat untuk kamu.

Bank: Jika kamu membutuhkan lebih dari 8 bulan untuk melunasi pinjaman kamu.

Jika kamu ingin mengambil jumlah pinjaman yang lebih besar dan membutuhkan lebih dari 6 bulan untuk membayarnya, pinjaman dari bank sepertinya lebih tepat untuk kebutuhan kamu.

Alumak hanya memungkinkan kamu untuk mengambil pinjaman hingga 8 bulan, dua bulan pertama disebut sebagai masa Net-60 periode dimana tidak ada bunga yang dibebankan, lalu otomatis diperpanjang 6 bulan dengan cicilan yang ringan jika pelunasan belum diselesaikan. Jadi apabila kamu ingin meminjam 200 juta Rupiah, kamu harus membayar kembali seluruh jumlah tersebut (dengan ditambah bunga) dalam jangka waktu 6 bulan. Inilah mengapa Alumak lebih tepat digunakan untuk danai transaksi bisnis yang dinamis, umumnya berjumlah tak sampai 1 Milyar.

Alumak: Jika kamu ingin membayar bunga yang lebih rendah.

Berita baiknya adalah pinjaman Alumak biasa tidak mengenakan total bunga setinggi bank tradisional karena periode pengembalian yang lebih pendek. Rate kami serendah 1% bunga bulanan untuk grade terbaik, beserta potongan biaya provisi mulai dari 3%.

Bahkan, dengan fitur Pay Later, kamu akan mendapat bunga 0% untuk 60 hari pertama, dan kemudian rata-rata 1 persen untuk 6 bulan ke depan. Opsi Pay Later ini amat jauh lebih rendah daripada bunga pinjaman bank tradisional. Jika kamu hanya membutuhkan pinjaman kecil dan dapat mengembalikannya dalam jangka waktu 2 + 6 bulan, kamu dapat menghemat pembayaran bunga dengan menggunakan Alumak. Namun jangan lupa, Pay Later mensyaratkan rekanan kamu untuk bergabung dalam jaringan usaha Alumak ya.

Bank dan Alumak: Jika kamu ingin menggunakan bank yang sama dengan bank kamu yang sekarang.

Jika kamu sudah memiliki akun bisnis di bank tertentu, mungkin ada keuntungan untuk tetap menggunakan bank tersebut. Misalnya, akan lebih mudah dalam mendapatkan uang pinjaman dan membayarnya kembali.

Namun tidak perlu khawatir, Alumak telah menyediakan integrasi dengan 4 bank terbesar di Indonesia yaitu BRI, Mandiri, BCA dan BNI. Laporan keuangan yang dikeluarkan oleh bank yang kamu gunakan sekarang akan dijadikan salah satu data utama menilai kelayakan permohonan pinjaman.

Alumak: Jika kamu perlu mendapatkan persetujuan dengan cepat.

Pengajuan pinjaman bank tradisional dapat memakan waktu yang lama untuk disetujui, dan keperluan administrasinya biasanya cukup rumit. Dengan Alumak, kamu cukup menghubungkan salah satu lembaga keuangan dan sarana pendukung bisnis yang kamu gunakan ke Alumak (seperti misalnya toko online Lazada, atau aplikasi kasir Moka), dan kamu akan mendapatkan persetujuan kredit dalam hitungan jam.

Alumak akan menentukan batas kredit berdasarkan informasi keuangan kamu sehingga akan lebih baik apabila kamu dapat menghubungkan lebih banyak lembaga keuangan atau perangkat pendukung operasional bisnis yang kamu gunakan.

Comments to: Alumak atau Bank Tradisional: Mana yang Lebih Tepat untuk Pinjaman Usaha Kecil kamu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer