Teknologi dapat membantu pemilik usaha kecil meningkatkan penjualan dengan cara yang lebih cerdas dan efisien biaya. Dalam beberapa kasus, menggunakan teknologi akan memberikan efisiensi dan fungsional yang lebih besar. Di tempat lain, kamu mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian untuk menuai manfaat dari alternatif yang ramah teknologi.

Berita baiknya, manfaat teknologi sangat besar daripada tantangan jangka pendek dari proses transisi sistem lama ke sistem baru. Jadi, mari kita pelajari beberapa area yang bisa dieksplorasi untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam bisnis/ usaha  kecil kamu.

1. Tingkatkan Produktivitas

Untuk  menambah produktivitas bisnis, gunakan alat modern seperti perangkat lunak yang berfungsi mencatat kehadiran karyawan, atau memetakan tugas.

Alat ini akan bermanfaat dan sangat bagu dalam meningkatkan akuntabilitas, peningkatan proses dan produktivitas perusahaan.

2. Sederhanakan Proses Kerja

Jika dulu perusahaan masih membutuhkan tkamu tangan di atas kertas, kemudian dikirim kembali melalui pos, hal ini tentu sangat tidak efisien dan menghabiskan uang, tenaga dan waktu.

Sederhanakan setiap proses yang memungkinkan secara digital. Kirimkan dokumen melalui email, tkamu tangan digital, dan simpan dokumen dalam file agar bisa menghemat kertas.

3. Buat Sistem Pengarsipan Digital

Tanpa perlu mencetak kertas, anggaran pengeluaran tinta printer dan kertas bisa ditekan. Selain itu, akan memberikan kemudahan dalam menyortir, menyimpan, berbagi, dan menemukan dokumen.

4. Manajemen Email Yang Efisien

Kembangkan proses manajemen email yang lebih praktis dengan membuatnya lebih mudah dibalas dan menginformasi dengan cepat.

5. Tingkatkan Manajemen Keuangan

Gunakan layanan faktur online untuk mengurangi biaya pengumpulan pembayaran dari pelanggan. kamu juga bisa mengajukan pajak secara lebih efisien secara online.

Bahkan, yang lebih revolusioner, jual produk kamu secara online. Tim akunting dan tim HR bisa bekerja lebih fokus dan praktis dengan perangkat lunak akuntansi yang komprehensif untuk merampingkan keuangan Bisnismu.

Selanjutnya, bagikan file digital dengan tim akunting untuk meningkatkan proses pembukuan yang sedang berjalan. kamu bisa memanfaatkan aplikasi open source yang lebih ekonomis bahkan gratis bila anggaran terbatas.

6. Tingkatkan Sarana Pemasaran

Arus teknologi digital turut mengubah pemasaran konvensional menjadi strategi pemasaran secara online. Gunakan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, YouTube, dll, untuk mempromosikan bisnis, produk, dan layanan kamu.

Mulailah membuat blog yang terkait dengan Bisnismu dan target audiens. Sisipkan gambar, foto, atau video tentang topik yang relevan dengan produk/ layanan kamu.

Kemudian, promosikan Bisnismu dengan situs web dan / atau iklan online.

7. Kolaborasi dan Pembelajaran

Untuk memastikan anggota tim yang berada di luar kantor atau lokasi berbeda bisa hadir dalam pertemuan, kamu bisa melakukan teleconference. Hal ini jauh lebih efektif, ketimbang harus datang ke kantor atau terjebak macet.

Manfaatkan juga webinar atau konferensi web yang berkualitas untuk menjaga setiap orang tetap terhubung dengan waktu tatap muka yang fleksibel.

Untuk berbagi data perusahaan, manfaatkan teknologi cloud server agar mudah mengakses kapanpun dan dimanapun.

8. Meningkatkan Pelayanan

Buatlah deskhelp online untuk layanan pelanggan dalam sistem tiket yang menangani kendala pelanggan secara otomatis selama 24/ 7.

Bila klien bisnis ingin bertemu, jadwalkan janji meeting online sesuai keinginan mereka. Buatlah kantor kamu yang lebih fleksibel untuk diakses dari mana saja. Jenis pekerjaan yang bisa disederhanakan tanpa kertas, akan menghemat biaya peralatan alat tulis kantor. Selain itu, hal ini sangat ramah lingkungan.

9. Gunakan Media Sosial

Semua orang ada di media sosial saat ini. Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn memiliki lebih dari 3 miliar pengguna. Pelanggan potensial kamu mungkin ada di platform ini dan satu-satunya cara untuk menemukan mereka adalah dengan membawa Bisnismu kepada mereka.

Platform ini menyediakan cara yang mudah dan murah untuk menargetkan pelanggan baru. Selain itu, kamu juga harus terus memperbarui informasi produk agar diketahui pelanggan. Untungnya, media sosial menyediakan jalan ini. Tugas kamu sekarang adalah membuat akun media sosial untuk Bisnismu di 4 platform media sosial teratas.

10. Buka 24/7 Dengan Situs Web

Saat ini, tidak ada yang akan menganggap Bisnismu “profesional”, jika kamu tidak memiliki situs web yang baik. Membuat situs web adalah satu-satunya cara menjaga Bisnismu terbuka sepanjang waktu.

Dengan situs web, pelanggan selalu dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan tentang Bisnismu dan dapat dengan mudah menghubungi kamu. Cantumkan informasi tentang brand kamu dan nomor telepon yang bisa dihubungi pelanggan dengan mudah.

11. Gunakan Smartphone dan Tablet

Pelanggan akan sangat senang ketika mereka dapat dengan mudah menghubungi kamu kapan saja. Untungnya, ini dimungkinkan dengan smartphone atau tablet.

kamu selalu dapat menggunakan perangkat ini untuk melihat apa yang terjadi di halaman media sosial dan situs web kamu. Teknologi ini memastikan bahwa staf kamu dan pelanggan potensial selalu dapat menghubungi kamu.

12. Tingkatkan Produktivitas Dengan Otomatisasi

Ada banyak tugas yang dapat kamu lakukan secara otomatis untuk meningkatkan produktivitas, menghemat biaya, dan meningkatkan laba. Lihatlah Bisnismu dan cari tugas yang kamu ulangi setiap kali seperti mengirim email atau menagih pelanggan.

Ketika kamu menemukannya, cari di internet untuk teknologi yang dapat kamu gunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas tersebut. Dengan mengotomatisasi tugas, kamu membuatnya lebih mudah untuk menyelesaikan lebih banyak dalam waktu singkat. kamu juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan otomatisasi.

13. Sederhanakan Faktur Dengan Sistem Online

Hari ini, kamu tidak perlu menulis faktur manual yang rumit dan mengirim melalui layanan pos. Ada banyak aplikasi hari ini yang membuatnya sangat mudah untuk menagih pelanggan hanya dengan satu klik.

Aplikasi – aplikasi faktur online dapat melakukan ini untuk kamu. Hal terbaik dari aplikasi ini adalah sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memastikan kamu tidak kehilangan pelanggan karena sistem faktur yang rumit.

14. Lacak Keuangan kamu Dengan Teknologi Cloud

Bisnis dengan manajemen keuangan yang buruk ibaratnya sedang berada di ujung tanduk. Pemilik bisnis yang baik harus tahu berapa banyak uang yang masuk dan berapa banyak yang keluar.

Sayangnya, kamu mungkin tidak memiliki cukup uang untuk menyewa seorang akuntan dan mengawasi keuangan kamu. Namun, ada teknologi cloud yang dapat melakukan pekerjaan ini. Dengan teknologi cloud, kamu selalu dapat mengelola keuangan kamu di mana pun dan kapan pun kamu berada.

15. Dukungan Pelanggan Kapan Saja

Pelanggan adalah urat nadi sebuah bisnis. Tanpa mereka, kemungkinan besar Bisnismu akan gulung tikar. kamu perlu memprioritaskan pelanggan. Caranya? kamu dapat melakukan ini dengan memastikan mereka dapat menghubungi kamu dan mendapatkan dukungan kapan saja.

Satu-satunya cara kamu dapat melakukan ini adalah memanfaatkan teknologi. Untungnya, ada jutaan aplikasi yang dirancang hanya untuk manajemen pelanggan. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat pelanggan yang bahagia, puas, dan loyal.

Comments to: Cara Memanfaatkan Teknologi dalam Usaha Kecil kamu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer