kamu sudah memiliki bisnis e-commerce yang memiliki lalu lintas yang memuaskan dengan jumlah pengunjung yang baik. Namun, penjualan tidak juga ikut naik dan orang-orang terdekat yang meminjamkan kamu modal sebagai investor terus menuntut segera terlihatnya hasil aktual. Bagaimana cara menarik konsumen-konsumen ini untuk segera berbelanja di toko kamu barangkali adalah pertanyaan yang terus mengganggu pikiran kamu selama ini.

Jadi apa yang salah? Mengapa penjualan kamu tidak kunjung meningkat? Bagaimana cara mendapatkan pelanggan pertama?

Ketika gelombang tren e-commerce muncul dan melesat tinggi, ada banyak orang yang tertarik untuk membangun bisnis dan situs web e-commerce mereka sendiri. Namun, fokus mereka seringkali hanya terletak pada perlombaan meningkatkan lalu lintas pengunjung setinggi mungkin dan secepat mungkin.

Mereka sering lupa bahwa jantung bisnis, masih, dan sangat, bergantung pada penjualan. Untuk alasan itu, bisnis e-commerce perlu memperhatikan tidak hanya pada lalu lintas pengunjung mereka, tetapi juga bagaimana membuat pengunjung ini benar-benar membeli sesuatu dan tidak sekedar berlalu.

Pertanyaannya adalah bagaimana? Bagaimana cara menarik konsumen ini berubah dari pengunjung website menjadi pelanggan yang sebenarnya?

Mari kita bahas poin-poin penting untuk diperhatikan, sehingga kamu dapat meningkatkan penjualan untuk bisnis e-commerce kamu.

Menciptakan Produk dengan Tawaran Nilai Meyakinkan

Kesalahan paling penting yang sering dilakukan bisnis pada umumnya adalah berlebihan dalam membesar-besarkan keunggulan produk mereka saat melakukan promosi. Ini adalah salah satu cara menarik konsumen yang tidak benar karena akan yang menyebabkan pelanggan menjadi skeptis terhadap produk tersebut, sebab terkesan sebagai sesuatu yang tak mungkin atau hanya ada dalam khayalan.

Harap perhatikan bahwa informasi dapat dengan mudah ditemukan hari ini, jadi kamu harus benar-benar transparan dengan apa yang kamu jual dan menghindari iklan yang terlalu menjanjikan. kamu dapat menyertakan beberapa detail fitur produk tetapi tetap menampilkan suatu yang autentik. Bangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan dengan dengan menjualnya dalam rentang harga yang tepat dan sesuai akan kualitasnya.

cara menarik konsumen

kamu juga dapat menambahkan akses layanan pelengkap yang memberikan kemudahan bagi pelanggan kamu dalam berbelanja seperti menyediakan beragam metode pembayaran, kesempatan untuk retur barang dengan biaya pengiriman kembali gratis, serta menjamin keamanaan dan privasi data pribadi yang mereka bagikan.

Selain itu, pastikan toko online kamu dapat diakses dan kompatibel dari perangkat apa pun untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Mengubah Pengunjung kamu menjadi Pembeli

Memang benar bahwa lalu lintas situs web adalah salah satu faktor terpenting dalam bisnis e-commerce. Namun, kita juga perlu memperhatikan kualitas dari trafik pengunjung tersebut.

Kebanyakan ahli profesional akan sangat menyarankan untuk fokus terutama pada strategi pemasaran SEO (Search Engine Optimization), mengklaim bahwa SEO adalah faktor paling penting bagi bisnis e-commerce yang sukses. Namun, seperti yang disebutkan di atas, kamu selalu dapat mencapai lalu lintas pengunjung setinggi mungkin, tetapi jika tidak ada pengunjung yang percaya pada apa yang kamu jual, mereka tidak akan membeli apa pun dari perusahaan kamu. Karenanya, kecil kemungkinan bagi mereka untuk kembali, apalagi memberitahukan produk keren yang kamu tawarkan kepada rekanannya—sebuah prmosi mulut ke mulut gratis.

Ada banyak cara menarik konsumen potensial yang miliki niatan (intention) membeli yang tinggi. SEO sebagai salah satu cara tetap penting, namun setelah berhasil menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dan membangun kesadaran, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat konversi kamu. Tuntun dan yakinkan mereka dalam proses timbang-menimbang penyedia layanan terbaik dari beragam kompetitor yang pelanggan mudah akses di era serba online ini.

Bisa jadi, permasalahan selama ini justru diakibatkan oleh proses onboarding pengunjung menjadi pendaftar kemudian naik kelas sebagai pembeli yang kurang mulus. Salah satu buku panduan yang dirilis Intercom (penyedia terkemuka untuk sarana komunikasi bagi bisnis) ini, dapat membantu kamu. Baca disini.

Kirimkan newsletter rutin asalkan tidak terlalu sering, lalu lakukan campaign retargeting untuk memastikan mereka tetap memikirkan produk kamu meski sudah keluar dari situs web. Pada titik tertentu saat mereka yakin, maka akan berkunjung kembali dan menuntaskan proses pembelian yang tertunda sebelumnya.

Meningkatkan Reputasi Digital lewat Forum dan Media Sosial

Salah satu metode paling efektif dalam memperoleh pelanggan adalah untuk meningkatkan pengakuan terhadap kualitas produk atau merek kamu melalui forum dan media sosial karena platform ini selalu menjadi tempat tujuan ketika orang mencari jawaban dan informasi kebenaran. Mulailah dengan meminta ulasan dari para pelanggan pertama kamu, selanjutnya bagai bola salju, ia perlahan akan menggulung hingga berujung reputasi kamu yang semakin terpercaya dengan banyaknya review.

Perhatikan apa yang orang posting atau bagikan tentang topik yang berhubungan dengan produk kamu dan bergabunglah dalam percakapan tersebut. Dalam metode ini, fokus kamu harus lebih pada bagaimana membuat orang-orang ini lebih mengenal kamu, jadi temukan lebih banyak cara kreatif untuk menghadirkan produk kamu tanpa mematikan percakapan atau melanggar kebijakan berdiskusi di forum dan media sosial.

Mempertahankan Pelanggan Setia kamu

Memprioritaskan retensi dari basis pelanggan yang sudah ada akan menjadi dorongan yang signifikan untuk menghasilkan lebih banyak pelanggan menggunakan metode dari mulut ke mulut dan rujukan.

Ini karena ada kemungkinan besar bahwa pelanggan yang puas akan merujuk Bisnismu ke teman dan keluarga mereka. Belum lagi tingkat retensi pelanggan yang tinggi berarti Bisnismu memiliki pelanggan yang loyal.

kamu dapat mempertahankan pelanggan yang ada dengan memberikan dukungan pelanggan terbaik dan personal. Bangun komunikasi yang ramah dan disertai sentuhan personal dengan pelanggan kamu melalui obrolan langsung, via email, dan maupun media sosial.

Tindak lanjuti setiap setelah pembelian mereka dengan meminta testimonial dan ulasan. Selain itu, tanyakan apakah ada ketidakpuasan atas pengalaman mereka dan apakah ada yang bisa kamu lakukan untuk menjadikannya lebih baik.

Jangan pula khawatir jika sering terjadi masalah, sebab keluhan yang diselesaikan secara efektif dapat mengubah pelanggan yang tidak bahagia menjadi pelanggan yang loyal!

Pelajari panduan kami disini, untuk mempraktikkan tips-tips khusus tentang meningkatkan penjualan dari pelanggan yang sudah ada. Ubah mereka dari pembeli satu kali waktu, jadi pelanggan yang setia.

Gunakan Lingkungan Pertemanan Pribadi kamu

Jejaring pribadi adalah strategi antik yang terus memantik! Salah satu cara terpraktis dan termudah untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan terutama di tahap awal Bisnismu.

Jangkau orang-orang yang sudah kamu kenal dan bicarakan dengan mereka tentang produk dan bisnis yang kamu tawarkan. Tunjukkan pada mereka bahwa kamu bersemangat tentang usaha ini untuk membuat mereka juga ikut antusias dan tertarik mencoba lakukan pemesanan.

Bagaimana cara menarik konsumen jika mereka kurang tertarik dan mengabaikan kamu?

Berhenti dan ayo lanjutkan ke rekan dan kolega berikutnya. Tidak mungkin meyakinkan seseorang dengan penilaian yang bias. Begitulah cara kamu mengetahui bahwa inilah saatnya bagi kamu untuk menemukan prospek selanjutnya. Ini adalah seni penjualan lewat jejaring pertemanan.

Jika kamu merasa kehabisan kenalan dan daftar kontak, temukan lebih banyak kegiatan dan acara bisnis di mana kamu dapat bertemu orang baru dan membangun lebih banyak jejaring kenalan.

Cara Menarik Konsumen Kembali? Beriklan dengan Retargeting!

Terakhir tetapi yang paling penting, iklankan Bisnismu! Di dunia di mana semua orang terhubung online melalui internet, kamu dapat menjangkau lebih banyak orang dengan iklan online. Jika kamu tidak memiliki anggaran untuk beriklan, buatlah! Sediakan sebagian anggaran kamu khusus untuk iklan.

Terdapat beragam jenis media sosial dan situs pencarian, pilih satu yang paling cocok untuk Bisnismu dan biarkan mereka melakukan keajaiban!

Pada akhirnya, mengakuisisi pelanggan dapat dilakukan secara efektif dengan meningkatkan kesadaran produk menggunakan kombinasi yang tepat antara berbagai metode jaringan offline dan online. Selalu ingat bahwa hanya orang-orang yang memiliki semangat, kesabaran, dan strategi bisnis yang luar biasa yang dapat berkembang dalam bisnis e-commerce.

Comments to: 6 Cara Menarik Konsumen untuk Berbelanja di Toko E-Commerce kamu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer