Apalah artinya produk atau jasa yang berkualitas tanpa pemasaran yang hkamul? Tidak akan ada orang yang mengenal produk atau jasa kamu apabila bisnis tidak melakukan pemasaran yang efektif. Inilah sebabnya, banyak perusahaan yang menggelontorkan dana besar hanya untuk pemasaran. Mereka tahu bahwa pengeluaran biaya untuk promosi, akan segera balik modal, setelah penjualan produk meningkat.

Akan tetapi, jika Bisnismu hanya memiliki anggaran terbatas untuk memasarkan bisnis, tak perlu berkecil hati. Berikut adalah beberapa ide yang bisa membantu kamu mendapatkan keuntungan pemasaran terbaik dengan efisiensi biaya.

1. Pelajari Cara Meminta Referensi

kamu akan berpotensi besar mendapatkan sesuatu jika kamu sendiri yang memintanya.

Referensi sangat penting dalam pemasaran, terutama gaya masyarakat yang lebih memiliki referensi dari teman atau orang yang mereka percayai.

2. Mengadakan Seminar Atau Kelas Gratis

Kebanyakan orang sangat suka belajar sesuatu. Jadi, jika kamu memiliki produk atau layanan jasa tertentu, tidak ada salahnya mengadakan seminar atau kelas pada topik yang terkait.

kamu bisa mendatangi kampus perguruan tinggi, sekolah atau mengadakan webinar secara online.

3. Membuat Brosur

Salah satu jenis pemasaran tertua ini masih menjadi kamulan pemasaran bisnis secara global. Brosur dapat menawarkan pelanggan potensial dengan tawaran secara langsung yang bisa mereka ambil dalam waktu terbatas.

Berikan kalimat di brosur yang menarik dan mendorong pelanggan untuk menghubungi atau membeli produk kamu.

4. Melibatkan Media

Produk atau brand kamu akan melejit dalam sekejap dengan bantuan media. Tidak terkecuali, media sosial.

Di acara pembukaan, atau kegiatan amal, beritahukan acara perusahaan kamu kepada media atau sponsor agar lebih banyak orang yang mengetahui produk kamu.

5. Membuat Situs Web

Pemasaran secara digital saat ini sudah bukan konsep baru. Jika bisnis kecil kamu masih belum memiliki situs web resmi, maka buatlah sekarang juga. Situs web kamu perlu mencantumkan berbagai informasi seperti siapa, apa, di mana dan mengapa Bisnismu dibuat.

Ini akan memberikan peluang situs web kamu akan muncul dalam hasil penelusuran mesin pencari.

6. Buat Blog

Blogging dapat menciptakan pasar yang lebih besar untuk produk atau layanan kamu, jika dilakukan dengan benar.

kamu bisa merekrut jasa penulisan artikel untuk konten blog, dan mengunggah artikel atau konten berkualitas secara teratur untuk dibagikan ke media sosial.

7. Keterlibatan Pelanggan

Setelah membuat situs web, blog atau akun media sosial, saatnya untuk terjun langsung ke dalamnya dan membina keterlibatan pelanggan.

Balas setiap komentar pelanggan dan tanggapi kritik, saran atau komentar pelanggan.

8. Mengembangkan Media Sosial

Saat ini plaform media sosial merupakan sarana dan saluran pemasaran yang paling prioritas bagi perusahaan dan bisnis di seluruh dunia.

Kehadiran media sosial sangat efektif untuk mendongkrak popularitas produk dengan harga yang rendah.

9. Manfaatkan Linkedin

Platform media sosial seperti LinkedIn saat ini menjadi rujukan setiap kalangan profesional untuk bisa terhubung satu sama lain. kamu mungkin bisa terhubung dengan klien ternama atau pelanggan potensial.

10. Investasi Pada Iklan Media Sosial

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram, menawarkan bentuk iklan yang murah tetap cukup efektif.

kamu bisa merencanakan sendiri berapa dana yang ingin dianggarkan untuk biaya iklan dan seberapa lama ingin iklan di pasang.

11. Menjadi Tamu Di Radio

Radio akan selalu eksis dari waktu ke waktu. Dan menjadi sarana efektif pemasaran yang membidik pelanggan potensial di suatu area lokasi tertentu. Bentuk iklan radio juga lebih murah dibandingkan saluran lain seperti televisi.

12. Kemitraan Bisnis

Persaingan bisnis memang sangat sengit. Tetapi, bukan saling tendang, justru kamu harus mampu menggandeng dan mengembangkan kemitraan bisnis. Misalnya, dengan melakukan promosi silang dengan iklan bisnis lain.

Promosi silang adalah cara yang bagus untuk mengurangi biaya iklan dan menciptakan sinergi berharga yang menguntungkan semua mitra.

13. Buletin Email

Saat ini hampir setiap orang memiliki email agar bisa terhubung internet. Dapatkan peluang besar untuk menjangkau pelanggan potensial kamu dengan mengirimkan buletin email secara berkala.

14. Mensponsori Kegiatan

Jadilah sponsor atau menjadi bagian dari acara amal komunitas. Bisnismu akan segera dikenal banyak orang, dimulai dari anggota komunitas tersebut.

15. Bergabung Grup Jaringan Lokal

Tergantung apa jenis Bisnismu, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas lokal. Sebagai contoh, jika kamu memiliki bisnis kafe atau restoran, kamu bisa mengundang komunitas otomotif, blogger, pesepeda, yoga, dan lain – lain.

Tidak ada cara yang lebih cepat dan mudah untuk membuat Bisnismu dikenal luas, selain menjangkau komunitas lokal di kota kamu.

15. Mendaftar Penghargaan Bisnis

Banyak organisasi bisnis memilih bisnis terbaik setiap tahun. Misalnya, bisnis dengan kategori layanan terbaik, produk terpopuler, dan sebagainya. Tidak ada yang salah dengan nominasi dari teman atau bahkan menominasikan Bisnismu sendiri.

16. Menulis Artikel Terkait Bisnismu

Buatlah artikel yang topiknya relevan dengan Bisnismu, kemudian minta orang – orang untuk mempostingnya secara gratis.

17. Stiker Kendaraan

kamu bisa membuat iklan Bisnismu dikenal lebih cepat dengan memasang stiker vinyl pada permukaan body mobil. Iklan yang dipasang di mobil ini akan menarik banyak orang saat di tempat parkir atau melaju di jalanan yang ramai.

18. Kartu Nama

Biarkan orang – orang mengambil kartu nama tentang Bisnismu. Tempatkan kotak kecil atau dudukan kartu nama plastik di samping kendaraan kamu.

19. Gunakan Akun Media Sosial

Tak perlu malu, promosikan Bisnismu melalui akun media sosial. Setiap pebisnis tentu memiliki sejarah atau cerita unik di balik kisah mendirikan start up yang bisa menginspirasi orang lain.

Tuliskan tentang pencapaian Bisnismu atau sesuatu yang bisa dibanggakan. Di bagian akhir artikel, cantumkan juga nama kamu dan tkamu tangan digital. Kemudian, unggah ke akun media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter dan LinkedIn. Biarkan semua orang tahu tentang Bisnismu.

20. Buat / Perbarui Rencana Pemasaran Untuk Bisnis

Lihat kembali rencana pemasaran kamu. Apakah tujuan pemasaran sudah tercapai? Jika belum, jangan ragu memperbarui iklan atau kampanye pemasaran kamu.

21. Menginformasi Klien Dengan Baik

Ingin mendapat pendanaan baru? Miliki keterampilan berkomunikasi dengan baik dan efektif. Kadang karena gugup atau tidak terbiasa, kebanyakan pebisnis malah mengoceh dan berbelit – belit. Teruslah beratih berbicara di depan cermin untuk memenangkan hati klien kamu.

22. Datangi Tempat Yang Tepat

Bergabunglah dengan komunitas pebisnis agar kamu bisa mendapat klien – klien potensial untuk bekerja sama bisnis.

23. Buat Logo Dan Tagline Keren Untuk Bisnismu

Logo dan tagline akan menjadi pengingat semua orang akan produk atau brand kamu. Gunakan logo dan tagline ini di semua jenis dokumen, termasuk email.

24. Buat Halaman Facebook Untuk Bisnismu

Membuat halaman bisnis Facebook akan membantu meningkatkan hasil pada kolom penelusuran di mesin pencari seperti Google.

25. Tweet Tentang Bisnismu Di Twitter

Tagar atau hashtag tertentu akan membuat orang lebih mudah menemukan produk kamu di Twitter.

26. Gunakan Pinterest Untuk Mempromosikan Bisnismu

Jutaan orang menggunakan platform Pinterest untuk menemukan ide – ide dan inspirasi. Jadi, kenapa kamu tidak menggunakannya sebagai saluran pemasaran Bisnismu.

27. Gunakan Linkedin Untuk Terhubung Dengan Klien / Pelanggan Potensial

LinkedIn saat ini menjadi salah satu acuan bagi klien atau perusahaan ternama menganalisa bisnis yang akan diajak bekerja sama. Buatlah profil Bisnismu muncul di LinkedIn.

28. Fokus Pada Target Pasar kamu

Pemasaran akan lebih efektif jika kamu menyasar kalangan yang tepat. Kenyataannya adalah orang – orang yang merasa membutuhkan produk/ layanan kamu tentunya akan lebih tertarik. Jangkau pelanggan kamu karena mereka adalah target pasar paling potensial yang akan membeli produk/ layanan kamu.

29. Temukan Target Pasar kamu

Langkah pemasaran selanjutnya yang efektif adalah fokus pada upaya menemukan target pasar kamu. Apakah mereka dari kalangan menengah ke atas? Tentunya akan lebih mudah menjangkau mereka di mall atau lokasi eksklusif. Sebaliknya, jika target pasar kamu adalah menengah ke bawah, kamu bisa menjangkaunya di pasar lokal atau pusat keramaian.

30. Pameran Dagang

Berpartisipasi dalam pameran industri atau pameran dagang akan membuat Bisnismu lebih mudah dikenal masyarakat secara luas. kamu bisa membuat stan kamu dikerumuni pengunjung dengan berbagai penawaran menarik atau diskon yang berlimpah.

Selain itu, buat stan kamu unik atau atraktif agar lebih banyak pengunjung yang datang untuk melihat dan tertarik membeli.

Comments to: Ide Pemasaran Berbudget Rendah untuk Bisnis Kecil kamu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer