Pemilik bisnis umumnya menggunakan pinjaman modal usaha sebagai sumber pembiayaan terbesar mereka. Pinjaman modal usaha adalah utang bisnis yang diperoleh dari institusi keuangan seperti bank ataupun platform pinjaman online. Sedangkan untuk perusahaan yang telah besar, mereka akan mencari pinjaman modal usaha kepada investor.

Sebagian ahli memperkirakan bahwa 40% dari modal usaha yang dimiliki oleh bisnis kecil biasanya diperoleh dengan memanfaatkan pinjaman modal usaha. Apabila pinjaman yang dilakukan masih dalam level wajar dan masih sesuai dengan perhitungan kamu, maka melakukan pinjaman modal usaha merupakan alternatif yang disarankan untuk menghindari penggunaan anggaran belanja operasional kamu. Banyak pemilik bisnis kecil yang mencari cara pinjam uang di bank untuk keperluan bisnisnya. Namun, persyaratan menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi sebelum pemilik bisnis bisa memperoleh pinjaman modal usaha yang dibutuhkan. Sebelum membahas cara alternatif yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman dana tanpa jaminan, berikut apa saja yang dapat dilakukan oleh bisnis kecil ketika mendapatkan modal tambahan.

1. Ekspansi Bisnis

Setiap bisnis pasti bercita-cita untuk dapat berkembang dan melebarkan sayapnya. Tak sedikit pemilik bisnis yang bermimpi untuk memiliki cabang usahanya sendiri di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan semakin banyak cabang usaha yang kamu miliki, semakin banyak pelanggan yang dapat terlayani. Bukan hanya untuk meningkatkan arus kas atau cash flow kamu, tetapi juga memungkinkan bagi kamu untuk menarik pelanggan yang belum pernah membeli produk kamu hingga akhirnya mencoba dan menjadi pelanggan tetap dan memberikan rekomendasi kepada orang-orang di sekitarnya.

Pengembangan bagi bisnis kecil bukan hanya tentang membuka cabang baru di daerah lain, tapi juga meningkatkan dana untuk pemasaran, kantor atau gedung inventaris baru, renovasi untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, rekrut karyawan dan sebagainya.

2. Inventaris/Stok Barang

Selalu memiliki persediaan barang merupakan keharusan bagi setiap bisnis di industri manapun. Pasalnya, untuk menghasilkan keuntungan, sebuah bisnis harus dapat memenuhi angka permintaan konsumen ketika diminta. Produk yang sudah ready biasanya lebih diminati oleh konsumen karena dapat segera dinikmati atau dipakai sehingga tak sedikit para pemilik bisnis berlomba-lomba memberikan layanan yang cepat, akurat serta kualitas barang yang apik demi menarik para konsumen untuk menjadi pelanggan tetap dan mencegah mereka pindah ke tempat lain.

Pinjaman modal usaha berperan penting dalam hal ini, terutama ketika kamu tidak memiliki anggaran bebas untuk melakukan stok barang dan tidak mungkin untuk menunggu hingga keuntungan yang didapat terkumpul dan cukup untuk membeli stok barang selanjutnya. Konsumen tidak akan menunggu hingga kamu dapat melakukan stok barang selanjutnya tak peduli seberapa baiknya produk dan layanan yang diberikan, mereka akan segera mendapatkan produk yang diinginkan dari saingan kamu. Dengan adanya pinjaman modal usaha tentu bisa membantu Bisnismu untuk melakukan restock produk secara rutin.

3. Menjaga Arus Kas kamu

Bagi kamu yang baru saja membuka bisnis, menjaga arus kas merupakan salah satu tantangan terbesar dalam pengelolaannya. Arus kas harus berjalan dengan lancar agar dapat memberikan gaji karyawan, biaya operasional serta tagihan-tagihan yang perlu dibayarkan. Terutama ketika informasi mengenai produk atau layanan Bisnismu belum tersebar luas sehingga belum banyak menarik konsumen.

Apabila kamu sedang berada di posisi seperti diatas, maka mengajukan pinjaman modal usaha baik jangka pendek maupun jangka panjang sesuai dengan kemampuan dan perencanaan Bisnismu merupakan alternatif yang patut dicoba.

4. Perawatan dan Tambahan Peralatan/Perlengkapan Operasional

Untuk bisa unggul dari pesaing kamu di mata konsumen, mempertahankan kualitas produk dan layanan yang baik merupakan sesuatu yang wajib dilakukan bagaimanapun caranya. Kualitas dari produk atau layanan yang Bisnismu tawarkan merupakan poin penting tidak hanya dalam menggaet konsumen baru, tapi juga mempertahankan pelanggan tetap kamu agar tidak berpindah ke pesaing. Agar dapat melakukan ini, perawatan peralatan atau perlengkapan operasional menjadi hal yang wajib untuk menjaga kualitas produk atau layanan yang dihasilkan tetap sama atau bahkan menjadi lebih baik. Penambahan peralatan atau perlengkapan operasional juga dapat mendorong jumlah produksi yang dihasilkan, sehingga semakin cepat dan banyak konsumen yang terlayani.

Mungkin dana yang diperlukan untuk melakukan perawatan dan penambahan peralatan atau perlengkapan operasional ini akan memakan biaya yang tidak sedikit. Namun, hal ini diperlukan demi mendongkrak aktivitas Bisnismu sehingga pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif yang paling tepat.

5. Dana Darurat

Ada kalanya kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi dengan keadaan pasar dan cepatnya perubahan tren dunia. Setiap bisnis wajib memiliki dana darurat untuk dapat melewati hal-hal diluar prediksi dan perencanaan kita. Oleh karena itu, dana pegangan merupakan suatu kebutuhan sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

People reacted to this story.
Show comments Hide comments
Comments to: Ini Pentingnya Utang Usaha bagi Bisnis Kecil
  • April 6, 2019

    …….Tinggal hubungkan software yang telah Bisnismu gunakan seperti perangkat akuntansi, POS, dan reward system untuk mempercepatnya.

    Maksudnya bagaimna?

    Reply
  • April 7, 2019

    Perkenalkan saya topan daei NTB lombok barat. Saya memiliki usaha peternakan ayam kampung. Dan saat ini saya sangat butuh tambahan dana untuk usaha saya. Karena saya terdampak gempa lombok. Alhasil usaha saya pun merugi. Dan saat ini usaha peternakan saya baru jalan 2bulan setelah gempa. Apakah saya bisa mengajukan pinjaman modal?

    Reply
Write a response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer