Banyak pemilik bisnis kecil yang sudah sukses selalu mencari cara untuk dapat memperluas cakupan pelanggannya agar dapat mengembangkan bisnisnya. Pertumbuhan bisnis tidak terjadi hanya dalam satu malam dan merupakan proses yang sulit dan memakan waktu. Salah satu elemen dasar bagi bisnis untuk mengembangkan bisnis adalah dengan memiliki akses kepada arus penjualan yang stabil. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan omset penjualan Bisnismu. Lalu, bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan mendapatkan calon pelanggan bagi Bisnismu? Hal ini memang menjadi sebuah tantangan bagi bisnis, karena tanpa pembeli bisnis pun tidak akan berjalan.

1. Buat sesuatu yang unik

Sekarang adalah zaman dimana sesuatu yang beda bisa menjadi hits karena mereka yang mencoba sesuatu yang unik dianggap ‘keren’. Tidak hanya ini dapat menarik pelanggan untuk mencoba produk kamu dan meningkatkan penjualan, cara ini juga dapat membedakan kamu dengan pesaing yang berada di industri yang sama.

Ketika kamu bisa memberikan sesuatu yang unik, secara otomatis brand kamu akan menjadi daya tarik karena mendobrak stkamur pasar yang ada. Sebagai contoh, kamu dapat membuat jajanan baru dari bahan-bahan yang sudah ada dengan kualitas rasa yang baik sehingga pelanggan bisa menjadi influencer bagi brand kamu secara gratis.

2. Berikan Promo Menarik

Tidak ada seorangpun yang tidak tertarik dengan promo. Pasalnya, promo memang selalu menjadi senjata kamulan bagi bisnis untuk menarik pelanggan untuk  mencoba produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Mungkin itu peribahasa yang tepat untuk menggambarkan pentingya memberikan promo kepada pelanggan. Promo tidak hanya digunakan sebagai cara meningkatkan penjualan, tetapi juga untuk memperkenalkan produk atau layanan suatu bisnis kepada pelanggan baru. Ketika pelanggan merasa cocok dengan produk atau layanan yang Bisnismu berikan, maka mereka terus kembali membeli dan menjadi pelanggan tetap kamu.

Semakin tinggi promo yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula jumlah pelanggan yang akan datang untuk membeli. Pastikan kualitas pada produk atau layanan yang Bisnismu berikan dapat membuat pelanggan datang kembali dan jangan takut untuk mengeluarkan biaya untuk melakulan promo karena dengan perhitungan dan implementasi yang tepat, ini merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan kamu.

3. Manfaatkan Media Sosial

Sudah tidak aneh bahwa media sosial merupakan salah satu cara jitu untuk memasarkan Bisnismu dan menarik pelanggan baru untuk mencoba produk atau layanan yang kamu tawarkan. Tak ayal media sosial menjadi ‘senjata’ favorit bagi bisnis untuk memperkenalkan produk atau layanan sebuah bisnis karena media sosial mampu mencakup target bisnis yang lebih luas. Apalagi saat ini platform media sosial seperti Instagram memiliki fitur ‘Insight’ bagi kamu yang menggunakan Instagram for Business yang dapat membantu bisnis untuk meninjau apakah materi yang ditawarkan diminati oleh target Bisnismu. Hal ini memungkinkan kamu untuk meninjau ulang bagian mana yang harus diperbaiki dan menyusun strategi yang tepat untuk menarik pelanggan yang kamu targetkan.

4. Gunakan strategi pemasaran yang berbeda-beda

Selain media sosial, channel lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik pelanggan agar meningkatkan penjualan, adalah email marketing, iklan online, dan sejenisnya. Email marketing bisa kamu gunakan untuk memberikan update kepada pelanggan mengenai produk terbaru atau promo yang sedang berjalan. Untuk mendapatkan email pelanggan, kamu bisa memberikan diskon dengan syarat pelanggan harus memberikan emailnya agar kamu dapat mengirimkan kode promo langsung melalui email tersebut.

Sedangkan untuk iklan online, kamu bisa mencoba Instagram atau Facebook Ads. Apabila ingin lebih maksimal, kamu bisa mencoba belajar atau merekrut orang yang bisa melakukan digital marketing. Umumnya, mereka yang memanfaatkan digital marketing memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisnisnya dilihat oleh lebih banyak orang karena teknik ini memungkinkan iklan kamu untuk tampil ‘di mana saja’, seperti di website atau media online yang sedang kamu baca misalnya.

Teknik word-of-mouth (dari mulut ke mulut) juga merupakan strategi konvensional yang masih memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan penjualan kamu. Pelanggan yang memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan brand kamu akan memberikan rekomendasi yang baik kepada orang terdekatnya. Rekomendasi tersebut nantinya yang akan membuktikan bahwa produk kamu memang pantas untuk dicoba.

Dengan strategi pemasaran yang berbeda-beda, kamu dapat mengetahui strategi mana yang memberikan hasil yang diinginkan, sehingga memudahkan kamu dalam memutuskan strategi seperti apa yang ingi difokuskan.

5. Tinjau kembali laporan penghasilan dan produk kamu

Ketika kamu sudah melakukan berbagai macam cara untuk menarik pelanggan, namun hal tersebut masih tidak membuahkan hasil, mungkin saatnya kamu meninjau kembali produk atau cara penjualan yang kamu lakukan. Sebuah strategi akan berhasil apabila dilakukan dengan tepat sehingga kamu harus mengevaluasi kembali cara yang dilakukan untuk mendorong strategi pemasaran kamu.

Jika masih tidak yakin, kamu dapat  melakukan survei, kuesioner dan sejenisnya untuk meminta pendapat dari pelanggan kamu. Bahkan, cara ini juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk meningkatkan layanannya.

Tentunya, untuk mempercepat kamu mendapatkan calon pelanggan, dibutuhkan modal untuk merealisasikan strateg pemasaran yang telah kamu buat. Bagi kamu yang telah memiliki modal yang cukup untuk melakukan langkah-langkah di atas, kamu tergolong beruntung. Pasalnya, banyak bisnis kecil yang tidak memiliki modal banyak untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya atau mengetahui cara meningkatkan omset penjualan. Mencari pinjaman modal usaha merupakan sebuah tantangan sendiri bagi bisnis kecil karena persyaratan seperti harus memberikan jaminan kepada bank misalnya yang sudah pasti sulit untuk dipenuhi.

Comments to: Ini Tips Jitu untuk Mendapatkan Calon Pelanggan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer