Setiap bisnis atau usaha yang dijalankan tentu bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari produk yang dijual, baik jasa maupun barang. Sayangnya, bagi para pelaku usaha kecil, seringkali mengalami kesulitan dalam penjualan produk mereka. Berbeda dengan perusahaan besar yang sudah berkembang pesat, mereka mengetahui cara meningkatkan omset penjualan dengan tepat. Sehingga lebih mudah menjual produknya kepada masyarakat secara luas dan mendapatkan penghasilan atas penjualan yang dilakukan.

Kesulitan dalam menjual produk kerap menjadikan pelaku usaha kecil merasa frustasi dalam beberapa waktu. Hal ini kerap membuat mereka kebingungan menentukan strategi seperti apa lagi untuk mendapatkan penghasilan dari penjualan. Jika saat ini kamu adalah pelaku usaha kecil atau UKM, kamu mungkin juga pernah mengalami kesulitan dalam penjualan produk perusahaan kamu. Sebelum mengetahui cara meningkatkan penjualan, ketahuilah terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan produk tidak laku terjual.

7 Alasan Bisnis Kecil Sulit Penjual Produknya

Berikut ini setidaknya ada 7 alasan mengapa pelaku usaha sulit menghasilkan pkamupatan dari penjualan.

Terlalu Fokus pada Pemasaran, Bukan Penjualan

Alasan pertama yang membuat pelaku usaha kecil sulit menjual produknya yaitu terlalu fokus pada pemasaran produk yang tidak menghasilkan penjualan. Banyak orang yang fokus memperkenalkan produknya kepada masyarakat, baik melalui media sosial maupun blog. Namun, tidak mampu menghasilkan penjualan terhadap produk yang dipasarkan.

Ilmu pemasaran atau marketing suatu produk memang diperlukan. Akan tetapi, kamu juga harus memikirkan strategi bagaimana membuat masyarakat tidak hanya tertarik pada produk kamu, namun tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Dengan demikian, kamu akan memperoleh pendapatan dari hasil penjualan.  kamu harus dapat membedakan mana yang harus dipasarkan atau dikenalkan dan mana yang harus dijual.

Menargetkan Pembeli yang Salah

Dalam hal pemasaran, menjangkau ratusan orang akan dianggap lebih memuaskan daripada hanya menjangkau puluhan orang. Namun, apakah ratusan orang yang kamu jangkau sudah sesuai dengan target market produk kamu? Perlu diingat, berapa banyak orang yang kamu jangkau akan sia-sia jika tidak sesuai dengan target. Akan lebih baik jika produk kamu menjangkau sedikit orang, namun target kamu adalah pengguna produk yang kamu tawarkan.

Menargetkan orang yang salah hanya akan menyita banyak waktu kamu, namun tidak bisa menghasilkan penjualan yang maksimal. Penargetan yang salah merupakan salah satu penyebab mengapa penjualan produk menjadi tidak laku terjual. Oleh sebab itu, pastikan produk kamu tepat sasaran kepada masyarakat yang memang menggunakan produk kamu. Sehingga produk yang kamu tawarkan akan menarik masyarakat untuk dibeli.

Target Market Bukan Pembuat Keputusan yang Baik

Tidak semua orang bisa dijadikan target market produk kamu. Selain mempertimbangkan minat mereka terhadap produk yang kamu tawarkan, perlu pula dipastikan bahwa target adalah pembuat keputusan yang baik untuk membeli produk kamu. Ada banyak orang yang menyukai produk Bisnismu, namun sayangnya mereka ragu untuk membeli produk tersebut.

Hal ini bisa menyebabkan produk yang kamu tawarkan tidak akan laku di pasaran. Ini merupakan salah satu alasan mengapa penjualan kamu tidak menghasilkan pendapatan. Meskipun kamu perlu menjangkau lebih banyak orang, namun fokuskan pada target yang merupakan pembuat keputusan yang baik. Sehingga ia membeli produk kamu karena memang merasakan keuntungan dari produk yang kamu tawarkan, bukan asal-asalan membeli.

Dengan demikian, salah satu pelanggan kamu bisa merekomendasikan produk kamu kepada orang lain. Hal tersebut secara tidak langsung membantu kamu mendapatkan pelanggan yang akan membeli produk yang kamu tawarkan. Tanpa kamu turun langsung memasarkan produk ke masyarakat.

Target Tidak Membutuhkan Produk kamu

Penyebab selanjutnya yang membuat penjualan tidak menghasilkan apa-apa yaitu target tidak sedang membutuhkan produk yang kamu jual. Akibatnya, target tidak berniat membeli produk kamu karena memprioritaskan produk lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat produk yang kamu tawarkan menjadi sia-sia karena tidak menghasilkan pendapatan.

Jika kamu ingin tau cara meningkatkan penjualan online maupun secara offline (langsung), jualah produk di waktu yang tepat. Lakukan survey ke lapangan, dan lihat produk yang sedang dibutuhkan masyarakat. Apabila produk Bisnismu tidak sesuai kebutuhan masyarakat, bisa dipastikan bahwa produk kamu akan mendapatkan banyak penolakan dari masyarakat. Carilah waktu yang tepat untuk memasarkan dan menjual produk kamu ke masyarakat sesuai kebutuhan mereka.

Ada Alternatif Lain yang Dipilih Masyarakat

Ada kemungkinan lain yang membuat penjualan kamu tidak menghasilkan apa-apa, yaitu masyarakat telah memiliki alternatif lain tanpa harus menggunakan produk kamu. Misalnya, telah ada pesaing lain yang menjual produk lebih unik dan berkualitas dari apa yang kamu tawarkan. Atau masyarakat mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa harus menggunakan produk dari Bisnismu.

Apabila yang ini yang terjadi, maka saatnya kamu melakukan inovasi baru yang lebih unik dan kreatif, sehingga produk yang kamu tawarkan benar-benar dibutuhkan masyarakat. Lihat apa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat sendiri tidak mampu memenuhinya. Ini bisa dijadikan sebagai peluang Bisnismu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak Memberikan Jaminan

Produk tanpa jaminan akan mudah membuat masyarakat enggan menggunakan produk kamu. Oleh sebab itu, penting bagi kamu memikirkan jaminan yang sesuai untuk pelanggan kamu, sehingga mereka tidak beralih ke produk pesaing. Ingat, pelanggan adalah orang yang akan secara tidak langsung membantu meningkatkan penjualan melalui promosi yang mereka lakukan kepada orang-orang disekitarnya. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa pelanggan produk kamu tidak akan beralih ke produk lain, dengan cara memberikan jaminan.

Tidak Memberikan Penawaran yang Baik

Setiap pelanggan tentu menginginkan penawaran yang baik dari produk yang kamu tawarkan. Mulai dari harga, bonus, kualitas, jaminan, dan pelayanannya. Pelanggan akan selalu menunggu penawaran terbaik dari kamu sehingga menjadikan alasan mengapa mereka harus bertahan menggunakan produk Bisnismu. Oleh sebab itu, tingkatkan kualitas produk, pelayanan, dan penawaran-penawaran terbaik lainnya untuk terus meningkatkan minat masyarakat membeli produk kamu.

Pemilik usaha kecil memang membutuhkan usaha yang ekstra keras untuk meningkatkan penjualannya, bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, ini bukan menjadi alasan untuk menyerah. Salah satu menghambat kegagalan dalam berjualan yaitu masalah modal yang kurang sehingga menghambat pengembangan Bisnismu. Tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak pinjaman online yang memudahkan kamu mendapatkan pinjaman dana sesuai kebutuhan.

Comments to: Inilah 7 Alasan Bisnis Kecil Sulit Menghasilkan Pendapatan Penjualan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer