Pemegang saham merupakan individu, perusahaan atau lembaga yang mempunyai kepemilikan dalam suatu perusahaan setelah membeli saham dari perusahaan yang bersangkutan. Setiap pemegang saham memiliki hak kepemilikan atas perusahaan dan berhak atas keuntungan berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Kekayaan pemegang saham perlu dimaksimalkan demi kebaikan perusahaan dan pihak-pihak yang terlibat. Apa tujuannya? Memaksimalkan kekayaan pemegang saham adalah salah satu bentuk strategi bisnis. Berikut penjelasan lengkapnya!

Memaksimalkan Kekayaan Pemegang Saham

Memaksimalkan kekayaaan para pemegang saham adalah hal yang penting. Manajer bisnis memaksimalkan kekayaan tersebut dengan cara meningkatkan harga saham. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Saat harga saham mengalami peningkatan, maka nilai perusahaan juga akan meningkat. Hal ini akan meningkatkan pula kekayaan para pemegang saham.

Menjadikan Staff Perusahaan sebagai Pemegang Saham

Dibeberapa perusahaan menerapkan kepada staff atau karyawan sebagai pemegang saham dalam perusahaan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar karyawan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar terhadap perusahaan yang ditempati. Karena mereka memiliki hak atas kekayaan perusahaan tersebut. Bahkan perusahaan mendorong karyawan dengan memberikan diskon kepada karyawan untuk membeli saham perusahaan, misalkan melalui diskon RSPP (Rencana Pembelian Saham Karyawan).

Karyawan atau staff yang menanam saham di perusahaan, akan memiliki tanggung jawab untuk memajukan perusahaan, karena apabila perusahaan semakin maju dan berkembang, maka mereka akan mendapatkan bagian dari kekayaan perusahaan tersebut, berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.

Minimalisir Konflik Agensi

Dalam suatu perusahaan seringkali terjadi konflik antara pemilik saham dengan manajer. Konflik tersebut bisa terjadi karena manajer diarakan oleh Direksi. Tak hanya itu saja, konflik internal ini bisa disebabkan karena manajer tidak mendapatkan keuntungan langsung atas pemaksimalan kekayaan pemegang saham (kecuali jika manager merupakan pemegang saham juga). Apabila masalah internal ini terjadi, maka akan menghambat kinerja perusahaan untuk memaksimalkan kekayaan pemegang saham. Hal ini dikarenakan manajer memiliki fungsi dan peran sebagai agen pemegang saham. Maka dari itu, sebisa mungkin minimalisir konflik tersebut di dalam perusahaan, agar tidak mengganggu proses kinerja perusahaan berkaitan dengan pengelolaan saham.

Miliki Tanggung Jawab Sosial

Perusahaan dapat juga memaksimalkan kekayaan dengan memiliki rasa tanggung jawab sosial yang besar. Perusahaan hendaknya tidak hanya memikirkan keuntungan bagi pihak pribadi atau sekelompok pihak saja. Namun harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kekayaan saham yang dimiliki. Gunakan aset perusahaan untuk memaksimalkan pelaksanaan strategi pemasaran produk sehingga mampu meningkatkan pendapatan perusahaan.

Strategi Pemasaran Produk yang Tepat

Memaksimalkan kekayaan perusahaan dapat dilakukan dengan cara menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka penjualan produk. Bagaimana caranya?

Desain Merek Bisnismu dengan Menarik

Tampilkan desain merek bisnis semenarik mungkin, tanpa menghilangkan brand Bisnismu sendiri. Di era modern ini, banyak modal dan desain merek yang bisa dijadikan inspirasi. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dalam menentukan desain. Pilih desain sesuai dengan ciri khas perusahaan kamu sendiri.

Apabila di dalam perusahaan kamu tidak memiliki seseorang yang ahli dalam bidang desain, jangan ragu untuk menggunakan jasa desain grafis untuk menbuatkan kamu sebuah desain yang berkualitas untuk merek Bisnismu. Dengan desain yang berkualitas akan membantu meningkatkan nilai produk perusahaan kamu dimata konsumen atau massyarakat luas.

Pikirkan desain logo perusahaan dan desain produk yang dapat memikat masyarakat. Pastikan desain yang dibuat mudah dipahami dan diingat. Desain logo mencerminkan bagaimana perusahaan kamu, sehingga pastikan bahwa logo yang dibuat mampu mewakili karakteristik perusahaan kamu.

Jangkau Market Lebih Luas

Langkah selanjutnya yaitu menjangkau pasar lebih luas. Untuk menjangkau konsumen secara luas, cara paling mudah dan efektif yaitu melalui internet. Di era modern ini, pengguna internet semakin banyak dan aktif di dunia maya atau media sosial. kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk  memasarkan produk kamu secara luas ke masyarakat melalui internet.

Buatlah website untuk perusahaan atau Bisnismu. Kenalkan produk kamu baik berupa barang atau jasa melalui website. kamu juga bisa membuat media sosial sebagai jembatan komunikasi kamu dengan konsumen. Sehingga hubungan emosional dengan konsumen menjadi semakin dekat.

Adanya media sosial juga bisa membantu kamu menganalisis kebutuhan yang diinginkan konsumen. Sehingga kamu dapat menggunakan kekayaan perusahaan kamu untuk menciptakan produk baru yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan demikian, kamu bisa memperoleh pendapatan dari penjualan produk kepada konsumen.

Lebarkan Bisnismu

Jika kamu sudah menjangkau banyak konsumen sesuai target market kamu, kini saatnya melebarkan bisnis dengan memaksimalkan profit perusahaan maupun pemegang saham. Jadilah seseorang yang ahli dalam bidang kamu di perusahaan, sehingga kamu bisa secara langsung memperkenalkan produk kamu secara luas kepada msyarakat, kapanpun dan dimanapun.

Mulailah membuat target penjualan yang harus kamu penuhi dalam periode tertentu, misalnya setiap bulan. Dengan adanya target penjualan, kamu akan lebih fokus dan bekerja keras meningkatkan penjualan setiap harinya. Sehingga mampu memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan.

Tidak sampai disitu saja, apabila perusahaan kamu sudah mampu memenuhi target kecil setiap bulannya. Ini memberi kesempatan pada kamu untuk mendirikan cabang bisnis lain. Dengan membuka cabang bisnis baru, akan memberikan peluang bagi kamu untuk terus melebarkan bisnis dan tentunya meningkatkan penjualan.

Pilih Jenis Pinjaman yang Sesuai

Jika perusahaan kamu membutuhkan pinjaman untuk proses perkembangan bisnis, maka cari lembaga keuangan atau pemberi pinjaman personal terpercaya. Pastikan lembaga pemberi pinjaman tidak menyulitkan kamu untuk membayar kewajiban atas dana yang kamu pinjam. Jika kamu pemilik usaha kecil atau UKM, disarankan untuk cari pinjaman dana tanpa jaminan. Hal tersebut dimaksudkan, agar kamu tidak perlu menyerahkan aset berharga kamu sebagai jaminan.

Namun konsekuensi yang kamu rasakan dari pinjaman tanpa jaminan tersebut yaitu tingkat bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman dengan jaminan. Hal ini terjadi karena, pihak kreditur tidak ingin rugi dengan tidak adanya jaminan dalam sistem hutang ini. Sehingga pihak kreditur telah meningkatkan beban bunga yang harus dilunasi.

Comments to: Inilah Tujuan Memaksimalkan Kekayaan Pemegang Saham

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer