Di era digital ini, bisnis online menjadi salah satu bisnis yang paling banyak diminati. Salah satu faktor terpenting dalam memulai bisnis adalah memiliki dana sebagai modal. Tanpa modal yang cukup, bisnis yang sedang kamu rintis tidak dapat berkembang. Apabila kamu tidak memiliki cukup modal untuk membangun sebuah bisnis, tak perlu khawatir karena saat ini banyak jasa yang menawarkan pinjaman modal usaha untuk mendukung bisnis yang kamu jalankan.

Namun, sebelum kamu mencari sumber dana pinjaman untuk Bisnismu, pastikan bisnis yang telah kamu ristis bisa meyakinkan pemberi pinjaman. Salah satu yang dijadikan bahan pertimbangan untuk oleh para pemberi pinjaman sebelum memberikan pinjaman pada Bisnismu yaitu berapa lama usaha yang kamu jalankan berdiri. Semakin lama dan semakin baik reputasi Bisnismu, maka akan meningkatkan tingkat kepercayaan pemberi pinjaman untuk memberikan pinjaman dana. Bahkan pemberi pinjaman tidak segan-segan untuk memberikan pinjaman modal dana tanpa jaminan untuk perkembangan bisnsi kamu.

8 Pinjaman Modal Usaha Terpercaya

Jika kamu membutuhkan dana tambahan untuk perkembangan Bisnismu, pertimbangkan beberapa jenis pinjaman modal dana sebagai berikut:

Pinjaman Dana Bank

Mencari pinjaman data ke Bank bisa dijadikan pilihan apabila kamu membutuhkan dana yang besar. Mengajukan pinjaman di Bank akan sulit apabila kamu memiliki riwayat kredit buruk atau baru saja meluncurkan bisnis. Sebagian besar Bank menolak sekitar 75% calon peminjan dana yang mengajukan permohonan peminjaman dana.

Pengajuan pinjaman di Bank juga cenderung diproses lebih lama. Jadi, jika kamu membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak, Bank bukanlah solusi yang tepat. Namun, apabila cukup sabar menunggu, kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman ke Bank dan menunggu prosesnya. Bank merupakan salah satu jenis pemberi pinjaman yang paling terjangkau dengan suku bunga sekitar 4% – 10%.

Kredit Bank

Jika tidak memungkinkan mengajukan pinjaman dana secara langsung, kamu bisa melalui jalur kredit. Namun, sebelum mengajukan kredit ke Bank, pastikan kamu memiliki riwayat kredit yang baik. Jika kamu mempunyai riwayat kredit buruk, kemungkinan besar Bank akan menolak pengajuan kamu. Ketika kamu mengajukan pinjaman melalui kredit Bank, Bank akan memberikan pinjaman dengan jumlah tertentu yang bisa kamu ambil dalam waktu tertentu sesuai kebutuhan.  Batas kredit ini nantinya akan diatur ulang ketika kamu sudah membayar saldo secara penuh.

Tak perlu khawatir dengan suku bunga yang tinggi, karena pihak Bank akan memberikan penawaran suku bunga terbaik untuk kamu sehingga tidak menyulitkan kamu. kamu dapat menggunakan dana tersebut sebagai tambahan biaya operasional bisnis, menutupi kerugian kas musiman, hingga membayar biaya untuk hal darurat yang terjadi tidak terduga.

Pinjaman Peralatan

Jenis pinjaman ini cocok bagi kamu pemilik bisnis yang ingin menambah atau membeli peralatan operasional maupun kendaraan bisnis. Namun, apabila kamu tidak benar-benar membutuhkan peralatan atau kendaraan tersebut, jangan gunakan jenis pinjaman ini.

Pinjaman peralatan ini merupakan salah satu jenis pinjaman berbasis aset. Ini sangat cocok untuk kamu, jika selama ini kamu menginginkan peralatan baru maupun bekas yang mahal apabila dibayar secara langsung. Pinjaman peralatan ini  salah satu contoh pinjaman modal usaha tanpa jaminan, karena peralatan tersebut berfungsi sebagai agunan atau jaminan.

Pembiayaan Pesanan Pembelian Barang

Bagi kamu pemilik usaha penjualan barang yang sedang mencari pinjaman dana, kamu bisa memilih jenis pembiayaan pesanan pembelian barang. Saat Bisnismu mendapatkan pesanan dari pelanggan, pembeli pinjaman akan langsung membayarkan sejumlah biaya kepada pemasok Bisnismu untuk memproduksi dan mengirimkan barang pesanan kepada penggan kamu.

Setelah pelanggan membayar secara penuh atas pesanan yang dilakukan kepada pemberi pinjaman, maka pemberi pinjaman akan langsung memotong biaya pinjaman sesuai perjanjian. Kemudian, akan membayarkan sejumlah uang yang seharusnya kamu terima dari pesanan pelanggan. Jenis pinjaman ini tidak berlaku jika kamu membuka usaha dibidang jasa.

Pinjaman Pribadi untuk Startup

Jika kamu pemilik usaha baru atau startup, jenis pinjaman ini cocok untuk kamu. Saat ini banyak pinjaman online yang menawarkan pinjaman pribadi untuk pendanaan Bisnismu. Namun, pemberi pinjaman untuk pinjaman pribadi ini cenderung lebih sedikit. Jadi jika kamu membutuhkan dana yang besar untuk Bisnismu, maka kamu tidak dapat mengkamulkan dari satu pemberi pinjaman saja. kamu perlu menggabungkan beberapa sumber pendanaan yang lainnya.

Pinjaman Bisnis Nirlaba

Apakah kamu adalah pemilih usaha kecil? Jika ya, maka jenis pinjaman bisnis nirlaba bisa kamu manfaatkan untuk pendapatkan pendanaan usaha kamu. Banyak pemberi pinjaman nirlaba yang membantu para pelaku usaha kecil untuk mendapatkan pendanaan demi keberlangsungan dan perkembangan bisnisnya.

Pemberi pinjaman nirlaba ini menyediakan modal atau dana kepada bisnis pemula karena mereka ingin membantu pengusaha baru untuk mengembangkan bisnisnya. Meskipun pinjaman jenis ini cenderung mudah diperoleh, namun kamu juga perlu memiliki riwayat kredit yang baik, bisnis yang kuat, serta personality yang positif.

Pinjaman Online Berjangka

Layaknya pinjaman jenis lainnya, pinjaman online ini juga akan membantu kamu mendapatkan pendanaan untuk perkembangan Bisnismu. Saat ini, untuk mengajukan pinjaman bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah yaitu sistem online, sehingga prosesnya lebih cepat.

Konsep pinjaman online berjangka ini sama seperti pinjaman bank, dimana kamu akan mendapatkan sejumlah uang penuh sesuai pengajuan pinjaman yang disetujui, kemudian kamu harus membayarkan kembali setiap bulan dengan jumlah yang telah ditentukan dalam perjanjian.

Pinjaman Kredit Online

Bagi kamu pemilik bisnis yang menginginkan pembiayaan untuk hal-hal yang bersifat darurat atau tak terduga, maka jenis pinjaman kredit online ini bisa dijadikan pilihan. Pinjaman online tak hanya menawarkan produk pinjaman berjangka. Namun, memberikan penawaran pinjaman online melalui jalur kredit. Melalui pinjaman kredit online ini kamu memiliki akses untuk mendapatkan sejumlah dana yang bisa digunakan pada waktu tertentu secara teratur.

Comments to: Kenali 8 Jenis Pinjaman Modal Usaha Terpercaya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer