Menjalankan bisnis bukan lah hanya perkara menjual atau membeli. Semakin baik dan detail administrasi yang bisnis Anda jalankan, maka semakin tinggi kredibilitas dan peluang untuk bisnis Anda berkembang menjadi bisnis yang lebih baik lagi.

Pendirian perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku di daerah tempat bisnis Anda bergerak juga akan mempermudah Anda dalam mengakses segala fasilitas bagi perusahaan Anda.

Manfaat Badan Usaha Terdaftar bagi Bisnis Anda

Berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membentuk badan usaha adalah sebagai berikut

Terdaftar secara Administrasi di tingkat Daerah hingga Nasional

Dengan mendaftarkan badan usaha yang Anda miliki pada pemerintah, maka perusahaan Anda akan tercatat secara administrasi mulai dari tingkat RT, Kelurahan, Kota/Kabupaten, dan bahkan Negara. Terdaftarnya perusahaan Anda juga akan menghindarkan bisnis Anda dari duplikasi orang yang tidak bertanggung jawab, dari segi nama perusahaan, logo ataupun produk penjualan.

Kesempatan untuk Memperoleh Permodalan

Membangun sebuah bisnis bukan hanya untuk satu atau dua hari, namun untuk jangka panjang. Mendapat kesempatan untuk memperbesar perusahaan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Kita semua tahu bahwa untuk memperbesar skala bisnis, penambahan modal adalah hal utama yang harus dipenuhi. Dengan memiliki badan usaha yang resmi dan terpercaya, sangat besar kemungkinan Anda untuk mendapat support pendanaan dari dalam maupun luar negeri

Memiliki Rekening Bisnis untuk Kelola Arus Kas

Memiliki izin badan usaha berarti Anda sudah bisa membuat rekening bisnis atas nama perusahaan Anda. Anda tidak perlu lagi menggunakan rekening pribadi Anda sehingga segala pengeluaran atau pemasukan yang dihasilkan perusahaan Anda tidak lagi tercampur dengan keuangan pribadi. Selain itu, penggunaan rekening bisnis bisa membantu Anda mengevaluasi secara gamblang tentang bagaimana arus kas perusahaan Anda. Memiliki rekening bisnis juga dapat membantu meningkatkan trust klien Anda.

Mendapatkan Perlindungan secara Hukum

Sebuah bisnis tidak akan lepas dari permasalahan, terkadang permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan secara kekeluargaan, namun ada juga momen dimana masalah tersebut tidak lagi bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan menimbulkan banyak kerugian untuk perusahaan. Dengan memiliki izin badan usaha, perusahaan Anda secara resmi terlindungi oleh hukum di Indonesia. Anda dapat melakukan pelaporan atau tuntutan kepada siapa yang dirasa merugikan perusahaan

Membuat badan usaha secara resmi berarti Anda telah menunjukan kepatuhan Anda terhadap hukum negara. Hal ini juga menjadi etika yang baik karena seluruh elemen akan terlibat dan mengetahui keberadaan perusahaan Anda. Mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kota/ Kabupaten, dan bahkan Negara

Semakin Kredibel dalam Bermitra dan Mempromosikan Usaha

Setelah mengantongi izin badan usaha, izin ini dapat Anda jadikan juga sebagai sarana promosi kepada klien Anda, sehingga akan timbul trust yang lebih baik daripada sebelum nya, juga akan menarik klien – klien baru yang sebelumnya ragu dalam menggunakan jasa perusahaan Anda, saat izin ini muncul, klien akan percaya bahwa Anda mampu mengelola permintaan klien.

Berbagai Hal yang Dapat Sebabkan Proses Pengurusan Izin Anda Tertunda

Dengan berbagai manfaat di atas, Anda bisa mulai untuk mempersiapkan membuat izin badan usaha pada bisnis Anda agar Anda bisa ikut juga merasakan manfaat dari memiliki izin badan usaha.

Namun apakah ada kendala yang harus dihadapi selama proses pembuatan izin badan usaha ini? Tentu saja, hal – hal seperti kendala tidak akan terlepas dalam setiap proses nya. Silahkan disimak beberapa kendala yang sering dihadapi dalam pembuatan izin badan usaha dibawah ini, mencegah tentu lebih baik daripada mengobati bukan?

Kurang Lengkapnya Dokumen Pendukung

Sebelum Anda mengurus izin badan usaha, ada baiknya Anda juga mengecek dokumen pendukung selain dokumen utama yang harus Anda penuhi. Beberapa orang terkadang hanya fokus pada dokumen utama, dan ketika akan pengajuan, pengajuan ditolak karena tidak adanya dokumen pendukung yang dibutuhkan. Hal ini bukan merupakan hal yang fatal, namun hal ini dapat membuang waktu Anda dan membuat Anda harus mengulang pekerjaan kembali dari awal, yang seharusnya Anda sudah bisa fokus dengan hal lain. Contohnya nya saat akan mengurus izin namun Anda belum memenuhi persyaratan karena berkas BPJS yang belum Anda lampirkan, sehingga Anda harus mengulang kembali dan menyelesaikan BPJS terlebih dahulu

Pemilihan Domisili Usaha

Menentukan lokasi bisnis yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu kendala dalam pembuatan izin badan usaha. Salah satu hal yang Anda harus perhatikan jika Anda membuat izin badan usaha PT , maka Anda sudah tidak lagi diperkenankan untuk menggunakan rumah tinggal sebagai domisili perusahaan Anda. Anda diharuskan menggunakan bangunan yang memiliki representative yang baik untuk klien Anda. Pada beberapa daerah seperti depok, saat ini masih diperbolehkan untuk menggunakan rumah tinggal sebagai domisili kantor, namun tidak bisa dipastikan jika suatu waktu pemerintah daerah tersebut akhirnya memberlakukan peraturan yang sama dengan tidak memperbolehkan penggunaan rumah tinggal. Solusi lain Anda bisa menggunakan jasa virtual office sebagai domisili perusahaan Anda, karena virtual office memang diperuntukkan sebagai lokasi usaha.

Menentukan Bidang Usaha

Pemilihan bidang usaha apa yang akan perusahaan Anda jalankan juga sebaiknya Anda pertimbangkan. Sebagaimana yang kita ketahui, dalam satu izin perusahaan, Anda dapat menggunakan beberapa bidang usaha. Namun Anda perlu memperhatikan juga apakah bidang usaha tersebut boleh digabungkan dengan bidang usaha lain atau tidak. Contoh kasus yang pernah terjadi adalah penggabungan antara usaha travel dan usaha dagang, padahal usaha travel dan usaha harus memiliki izin yang berbeda. Travel menggunakan izin TDUP (TAnda Daftar Usaha Pariwisata) sementara usaha dagang seharusnya menggunakan izin SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Anda tidak dapat menggabungkan dua izin usaha yang berbeda didalam satu akta.

Permodalan yang Belum Mencukupi

Tentu saja modal adalah bensin dalam menjalankan bisnis, apabila suatu bisnis mengalami kendala dalam permodalan, maka dapat dipastikan bisnis tersebut akan mengalami collapse atau kesulitan dalam meng expansi bisnis itu sendiri. Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan sehubungan dengan pembuatan izin badan usaha ini adalah permodalan. Anda dapat menjadikan izin badan usaha sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan kendala dalam permodalan. Semakin meyakinkan bisnis dan perusahaan yang Anda bangun, maka semakin besar

Segala kendala yang dialami dapat Anda jadikan pertimbangan dan acuan serta persiapan sebelum Anda membuat izin badan usaha. Namun dengan melihat banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mendirikan badan usaha, persiapan yang sedikit rumit dan banyak nya data yang harus Anda siapkan akan menghasilkan sesuatu yang sebanding pada bisnis Anda.

Comments to: Manfaat Bisnis yang Memiliki Badan Usaha Terdaftar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer