Para pemain e-commerce menghadapi serangkaian tantangan yang berbeda dibandingkan dengan para pemain bisnis tradisional sebelumnya. Pelanggan sekarang menuntut lebih banyak, terutama dalam hal kecepatan dan kualitas pelayanan ketika bertransaksi. Ada juga pola pada siklus tertentu yang perlu dijaga dengan seksama, dengan lonjakan besar-besaran karena permintaan sering mencapai puncak pada hari-hari dan acara-acara khusus. Dengan demikian, pemilik toko online di pasar populer, seperti Lazada, perlu membangun sistem manajemen bisnis yang efisien — ia dapat dicapai melalui penerapan teknologi inovasi keuangan.

Di masa sekarang ini, sangat beruntung bahwa ada begitu banyak inovasi keuangan yang dapat mendukung pertumbuhan pelaku bisnis di e-commerce, termasuk kamu. Solusi ini sangat membantu ketika kamu dalam tahap meningkatkan skala bisnis sehingga kamu harus mengambil keuntungan dari semua solusi ini bertumbuh pesat dan mendominasi pasar.

Inovasi Keuangan di Sisi Pembayaran — Untuk Pelanggan

Inovasi keuangan pembayaran besar-besaran sedang terjadi untuk memudahkan semua orang agar dapat bertransaksi di era digital ini. Inklusi keuangan.

Ini adalah kabar baik bagi kamu para pemain di platform e-commerce karena pembeli menuntut cara pembayaran yang lebih mudah dan tanpa banyak langkah bolak-balik yang diperlukan. Contoh inovasi keuangan tersebut adalah ketersediaan banyak dompet digital lintas platform yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dari saldo tersimpan yang ia miliki. Semuanya menawarkan integrasi yang mulus, keseluruhan proses bisa diselesaikan tanpa perlu beralih tab browser atau aplikasi. Frictionless, tidak ada langkah bolak-balik yang meribetkan seperti transaksi lewat transfer antar bank: kamu perlu keluar aplikasi, buka mobile banking, atau harus berjalan keluar ke ATM terdekat.

Ketika kamu membuka toko di e-commerce yang sudah besar, sistem ini umumnya telah tersedia dengan mudah untuk digunakan. Tinggal di tangan kamu, apakah bersedia menggunakan berbagai opsi pembayaran yang ada?

Jangan batasi diri untuk hanya menerima opsi pembayaran yang umum. Berikan kemudahan untuk calon pembeli kamu. Terima pilihan PayLater atau Cicilan 0% yang tersedia hingga pelanggan bisa memasukkan lebih banyak barang ke keranjang mereka. Atau aktifkan alternatif Cash on Delivery untuk yakinkan mereka cuma perlu membayar ketika barang telah sampai.

Keterbukaan mengadopsi opsi pembayaran yang ada akan juga memperluas jangkauan kamu ke segmen pasar baru. Seperti kepada mereka yang tak memiliki akses yang mudah ke institusi finansial tradisional, mereka dapat membayar lewat saluran offline seperti di minimarket-minimarket yang menjamur dimana-mana.

Bagi kamu yang memilih membuka toko independen, juga tidak perlu khawatir. Telah banyak platform menyediakan proses integrasi yang mudah untuk potongan biaya yang ringan. Umumnya mereka mengenakan komisi Rp 4.000 s/d 5.000 untuk setiap transaksi yang berhasil diproses.

Inovasi Keuangan di Sisi Pendanaan — Untuk kamu, Pelaku Usaha

Pedagang online yang berpengalaman harus tahu kapan penjualan mereka mencapai puncaknya seperti pada festival atau event tertentu yang marak diselenggarakan platform e-commerce tempat kamu bernaung untuk mendongkrak tingkat pembelian dari pelanggan. Sudah pasti, permintaan yang meroket adalah hal yang baik, tetapi itu juga berarti lebih banyak stok yang harus disediakan, dan lebih banyak modal untuk membeli persediaan tersebut harus disiapkan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Alumak dengan fasilitas kartu kredit digital fleksibel yang di kami tawarkan dapat menjadi aset berharga bagi para pemilik toko online. Opsi ini adalah pilihan yang baik karena kamu akan selalu memiliki sejumlah batas kredit untuk ditarik kapanpun kamu membutuhkannya. Jauh lebih baik lagi ketika alternatif pendanaan ini tersedia dalam bentuk pinjaman tanpa agunan dengan proses pengajuan yang sederhana.

Pelaku e-commerce kerap menghadapi kesulitan untuk mengajukan kredit usaha ke Bank atau institusi finansial tradisional karena dibutuhkan beberapa dokumen untuk pengecekan dan validasi. Dibutuhkannya surat izin usaha tentu menjadi rintangan terbesar, sebab mayoritas bisnis online belum memiliki legalitas usaha dan hanya berstatus kepemilikan pribadi.

Dengan menggunakan fasilitas kredit usaha, kamu dapat membeli stok persediaan barang dalam jumlah besar (dan kerap datang dengan potongan harga spesial dari supplier). Ketika pengajuan kamu disetujui, penarikan dana langsung dapat dilakukan. Setelahnya, kamu dapat mengembalikan pinjaman dan seketika pula limit kamu kembali normal ke batas semula.

Tidak hanya pelanggan kamu yang bisa mendapatkan kemudahan yang ditawarkan opsi PayLater, sekarang kamu pun bisa memilikinya di Alumak. Gunakan limit kredit yang kamu peroleh untuk membayar transaksi dengan klien, kemudian tinggal lunasi kembali Alumak dalam kurun 60 hari, bebas bunga! Sebab, biaya transaksi telah ditanggung supplier kamu yang seringkali justru menyambut adopsi pembayaran ini dengan tangan terbuka: Ia dapat memutar kembali dana yang diterima langsung untuk semakin cepat kembangkan usaha.

kemudahan mengelola arus kas berkat inovasi keuangan Alumak
Kemudahan Mengelola Arus Kas berkat Inovasi Keuangan dari Alumak

Jika pilihan-pilihan tersebut terdengar meyakinkan, inovasi keuangan pendanaan dari Alumak layak untuk kamu dicoba. Jadi, jangan tunggu apapun lagi, gunakan segala kemudahan di era inklusi finansial ini dalam tumbuh kembangkan toko online kamu dengan pesat.

Pelajari lebih lanjut untuk memahami perbedaan nilai yang ditawarkan antara Alumak dengan Bank jika kamu tertarik untuk memperoleh pendanaan. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, baca disini yuk.

Comments to: 2 Manfaat Inovasi Keuangan untuk Kembangkan Bisnismu dengan Cepat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer