Perkembangan bisnis yang semakin mengarah ke digital membuat para pelaku usaha merancang beragam strategi untuk meningkatkan penjualan. Saat ini, pemasaran online atau digital marketing menjadi pilihan yang digunakan para pelaku usaha, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis online

Media sosial (medsos), menjadi satu di antara media pemasaran yang paling banyak peminatnya. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya jumlah pengguna platform sosmed. Facebook misalnya, medsos besutan Mark Zuckerberg ini memiliki jumlah pengguna aktif mencapai 2,41 miliar orang pada kuartal ke tiga tahun 2019 ini.

Lebih dari 2 miliar penggunanya mengakses Facebook melalui aplikasi smartphone. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data yang dirilis CNBC Indonesia, jumlah pengguna aktif Facebook mencapai 120 juta pengguna. Melihat data tersebut, maka memasarkan produk melalui akun Facebook Business menjadi strategi yang layak Anda coba.

Selain itu, platform medsos ini juga menyediakan fitur marketplace dan fitur promosi Facebook Ads yang bisa Anda gunakan untuk menjaring konsumen potensial. Maka tak heran jika banyak pelaku bisnis online memanfaatkan fitur Facebook Business untuk berjualan.

Mengenal Facebook Business

Apa itu Facebook Business?

Fitur khusus untuk bisnis online ini dibuat untuk para pelaku usaha yang ingin menjangkau konsumen dari kalangan pengguna Facebook. Fitur ini memungkinkan Anda mengelola promosi bersama tim marketing Anda melalui satu akun binis.

Anda bisa bekerjasama dengan agensi iklan, dan digital campaigner dalam membuat kampanye bisnis yang lebih tepat sasaran. Melalui fasilitas pemasaran ini, Anda bisa mengelola berbagai aset seperti Facebook Page dan akun Instagram secara bersamaan.

Fungsi lainnya yang bisa Anda manfaatkan yaitu menu insight yang disediakan untuk menganalisa audiens Anda berdasarkan demografi dan keberminatan mereka atas konten iklan yang Anda sajikan.

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk melacak efektifitas iklan di Facebook dan Instagram, sehingga Anda bisa memantau pengaruh pengeluaran iklan dan performa yang didapatkan dari iklan Anda.

Kelebihan Facebook Business

Facebook Business memiliki beragam manfaat, fitur ini bisa digunakan untuk pelaku bisnis dan praktisi digital agency. Bagi pebisnis, fasilitas ini bisa digunakan setidaknya untuk 2 orang pengurus pengelola bisnis, dan beberapa orang karyawan pengelola bisnis.

Pengurus akun bisnis memiliki otoritas lebih yang memungkinkan untuk mengatur segala pengelolaan kampanye iklan. Sementara untuk karyawan bisnis, fungsinya sedikit dibatasi dan harus mendapatkan persetujuan pengelola akun saat ingin mengunggah konten atau iklan.

Selain itu, Anda bisa memberikan akses kepada pihak ke tiga untuk mengelola akun bisnis. Misalnya Anda bekerjasama dengan praktisi iklan atau agensi digital marketing. Pihak ke tiga akan meminta izin akses ke laman Facebook Ads kepada pihak pengelola akun untuk menayangkan iklan.

Fungsi kerjasama ini hanya dipergunakan selama terjadi kesepakatan kerjasama dan dapat diakhiri dengan persetujuan pengelola akun bisnis.

Metode Pembayaran yang Mudah

Karena dikhususkan untuk bisnis, Facebook Business tentu akan berbeda dari akun medsos biasa. Setiap iklan yang ditayangkan akan dikenakan biaya berdasarkan durasi dan jangkauan iklan Anda. Akun bisnis menyediakan metode pembayaran untuk membuat iklan.

Metode ini dapat dikelola oleh orang lain, atau karyawan yang Anda tunjuk. Anda cukup meminta izin kepada perwakilan penjualan Facebook atau mengunjungi acebook.com/business/resources untuk memilih mode Penagihan dan Pembayaran.

Anda akan lebih mudah mengatur pengeluaran, karena fitur ini menyediakan mode pembayaran yang bisa dipersiapkan sebelumnya. Sehingga biaya yang Anda keluarkan lebih terencana sesuai durasi penayangan iklan Anda.

Cara Mendaftar dan Beralih ke Mode Bisnis

Sebelum mengubah akun Facebook ke mode bisnis, sebaiknya Anda membuat Facebook Fans Page. Setelah itu Anda bisa melakukan log in ke akun Facebook Anda dan mengunjungi fitur pengelola bisnis.

Tentukan nama bisnis yang Anda inginkan, lalu klik untuk melanjutkan. Isi email Anda, terapkan foto untuk sampul dan profile bisnis. Selamat, Anda sudah memiliki akun Facebook Ads.

Kegunaan Facebook ads

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Facebook Ads digunakan untuk memasang iklan. Berikut sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memasang iklan di Facebook:

  • Penargetan yang Efektif

Fungsi ini berguna untuk menentukan target pasar secara lebih akurat. Facebook secara otomatis akan menyebarkan setiap iklan yang tayang kepada target audiens yang telah ditentukan secara mendetail, dan sesuai dengan demogragi, lokasi, perilaku, target yang serupa, dan sebagainya.

Kampanye menggunakan Facebook Ads jauh lebih efektif karena bisa dilakukan dari berbagai perangkat, baik smartphone maupun desktop. Iklan yang disajikan pun bisa ditampilkan ke Instagram, dan Massenger Facebook.

  • Jangkauan Yang Luas

Melihat jumlah pengguna aktif yang cukup besar, iklan Facebook Ads Anda berpotensi menyebar cepat dan luas. Iklan di Facebook memungkinkan bisnis Anda diterima oleh pengguna ponsel. Tak bisa dipungkiri bahwa semakin hari, jumlah pengguna ponsel semakin meningkat. Dan sebagian besar pengguna ponsel terbiasa mengakses informasi dari layar ponsel.

  • Analisa Lanjutan untuk Re-Targeting

Facebook Ads dapat dipantau melalui analisa yang terukur. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengatur perencanaan iklan sesuai target yang Anda inginkan.

Anda bisa melihat data metrik yang menunjukka tayangan halaman, jangkuan postingan, interaksi dengan audiens, bahkan video dan foto apa yang paling banyak dilihat audiens.

Melalui data ini, Anda bisa mengukur tingkat keberhasilan iklan dan melakukan penargetan ulang kepada audiens yang berpotensi menjadi konsumen Anda.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Tingkat keberhasilan iklan Facebook terhadap peningkatan brand awareness cukup tinggi. Pengguna Facebook disajikan news feed setiap kali membuka medsos ini. Pada news feed ini, iklan Anda akan ditampilkan berulang kali.

Sehingga target pasar Anda menerima paparan iklan yang Anda promosikan. Walaupun belum tentu di-click oleh target audiens, iklan di Facebook akan membangun kepercayaan calon konsumen potensial.

Tips Mengelola Facebook Ads

Ada sejumlah hal penting yang harus Anda persiapkan sebelum memasarkan produk melalui iklan Facebook, antara lain:

  • Menentukan Tujuan Bisnis

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan menentukan tujuan bisnis, Anda akan lebih mudah melakukan penargetan iklan dan membuat konten kampanye yang tepat untuk bisnis Anda.

  • Memahami Target Pasar

Pelajari siapa yang sesuai menjadi target pasar produk Anda. Tentukan sasaran bisnis Anda secara lebih spesifik, misalnya berdasarkan minat, kegemaran, usia, gender, bahkan kelas ekonominya. Tentukan juga bayangan pasar khusus atau niche market Anda. Sehingga setiap iklan yang Anda sajikan lebih tepat sasaran dan terukur keberhasilannya.

  • Menganggarkan Dana Promosi

Walaupun bisa diiklankan kapan saja, Anda tetap perlu menentukan anggaran dana Facebook Ads. Hitunglah tingkat pengeluaran dana iklan Anda secara efisien. Jangan sampai biaya yang Anda keluarkan sia-sia tanpa menghasilkan keuntungan atau konversi yang tinggi.

Anggaran yang lebih spesifik akan membantu Anda untuk menjalankan iklan pada periode selanjutnya.

  • Sajikan Konten Visual

Saat ini, visual adalah segalanya. Menyajikan konten visual dapat memberikan keuntungan untuk bisnis Anda. Sajikanlah konten visual yang menarik dan sedap dipAndang untuk menarik perhatian lebih banyak audiens.

Namun, Anda harus memperhatikan aturan atau batasan yang ditentukan oleh Facebook Ads, agar konten visual Anda disetujui menjadi materi iklan.

Comments to: Memaksimalkan Keuntungan Bisnis Online dengan Fitur Facebook Business

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer