Urusan keuangan adalah aspek penting dalam kegiatan bisnis. Bagi mereka yang sudah memulai bisnis, kamu mungkin sering mengalami masalah pendanaan untuk pengembangan bisnis. Kemudian dihadapkan pada pilihan harus bootstrapping atau cari pinjaman dari pihak luar?

Peluang bisnis muncul suatu waktu, namun arus kas kamu terbatas untuk memaksimalkan peluang tersebut. Meskipun data menunjukkan banyak potensi bisnis yang bisa kamu garap, tetapi kamu tidak dapat berbuat banyak karena jumlah dana yang dimiliki tidak mencukupi.

Di masa lalu, pikiran kamu mungkin terpaku pada bank sebagai sumber pendanaan bisnis. Tetapi saat ini ada lebih banyak pilihan yang tersedia. Pemilik bisnis yang berpengalaman mungkin sudah memiliki pengetahuan yang memadai tentang skema pendanaan mana yang cocok untuk kebutuhan bisnis mereka. Tetapi untuk pemilik bisnis baru keraguan masih muncul, apakah mereka harus mengambil opsi pembiayaan yang tersedia atau bootstrapping (swadana) secara perlahan dari keuntungan yang diperoleh.

Bootstrapping (Swadana)

Bootstrap adalah modal yang sumbernya berasal dari surplus profit usaha kamu sendiri. Karena kamu menjalankan bisnis dengan dana kamu sendiri, kamu tidak perlu terikat dalam perjanjian pengembalian atau pelunasan tagihan apapun kepada pihak lain.

Meski modal yang didapat dari bootstrap umumnya lebih kecil dari tawaran pembiayaan eksternal, tetapi kamu tetap bisa menghasilkan keuntungan yang cukup secara konsisten terus menerus. Berikut adalah beberapa manfaat dan kekurangan dari sistem bootstrap ini:

kamu adalah Bosnya

kamu memiliki kekuatan absolut atau penuh dalam bisnis yang kamu jalankan. Semua strategi bisnis didasarkan pada keputusan dan pertimbangan kamu sendiri. Singkatnya, kamu lah yang berkuasa.

Tentu saja, ini berbeda dari sistem bantuan pendanaan eksternal seperti modal ventura, di mana kamu harus melaporkan performa bisnis kepada investor secara berkala.

Lebih Tidak Ada Tekanan

Mendapatkan dana dari investor memang menguntungkan. Tapi ingat, konsekuensinya adalah kamu akan terikat oleh kontrak dengan investor. Terutama, jika dana yang disediakan oleh investor sangat besar. Setiap langkah yang kamu lakukan untuk mengembangkan Bisnismu akan selalu diperhatikan oleh investor yang bersangkutan. Mereka punya andil suara ke arah mana bisnis sebaiknya dikembangkan.

Jika kamu membuat keputusan yang salah, investor memiliki hak untuk menegur kamu. Belum lagi pro dan kontra jika ada perbedaan pendapat. Ini bisa memberi kamu lebih banyak tekanan. Karena kamu mengambil kendali penuh dari bisnis yang kamu jalankan, dan menghindari perselisihan.

Bagi beberapa orang, ini juga hal baik karena pertumbuhan yang terlalu cepat tanpa dibarengi kesiapan infrastuktur, perangkat organisasi, dan pasar sendiri justru dapat menjadi bumerang.

Keuntungan adalah Sepenuhnya Milik kamu

Seperti dijelaskan di atas, jika kamu memilih pembiayaan eksternal seperti sistem modal ventura, laba akan dibagi sesuai porsi kepada setiap pihak yang menginvestasikan sumberdaya di perusahaan kamu. Ini terlihat sedikit merugikan, terutama jika keuntungan bisnisnya saja sudah teramat kecil. Maka semakin sedikit persentase keuntungan yang kamu dapatkan.

Meskipun jumlah modal yang diperoleh dari swadana (bootstrapping) itu sendiri terbatas, tetapi kamu memiliki hak mutlak 100% untuk manfaat yang diperoleh. Dengan kata lain, kamu dapat menikmati hasil dari usaha kamu sendiri tanpa harus membaginya dengan mitra kolaboratif lain dari bisnis ini.

Lebih Fokus pada Pelanggan

Terbatasnya dana yang kamu miliki akan secara langsung memengaruhi kemampuan produksi kamu. Jadi kamu akan lebih berusaha fokus pada menyediakan produk dan jasa yang memang benar-benar dibutuhkan pelanggan.

Pinjaman Modal dari Pihak Luar

kamu mungkin berpikir bahwa bootstrapping terlihat tidak menguntungkan karena terbatasnya jumlah dana sehingga akan sangat lama prosesnyabagi kamu untuk mengembangkan bisnis secara drastis. Tetapi jangan khawatir, karena ada beberapa pilihan pembiayaan lain yang bisa kamu pertimbangkan sebagai sumber pendanaan.

Pendanaan Keluarga

Pendanaan yang bersumber dari sanak keluarga patut dipertimbangkan. Keuntungan dari pendanaan keluarga adalah tekanan akan lebih rendah dibandingkan dengan opsi dari pihak luar lainnya, dan terbebas dari bunga tinggi serta periode pinjaman yang lebih mudah dinegosiasikan.

Namun meski menggunakan uang keluarga, bisnis tetaplah bisnis. Pastikan kamu memberikan pembagian keuntungan tepat waktu sesuai dengan perjanjian dan menjalankan bisnis secara profesional. Sebab jika tidak dijalankan dengan benar, justru akan merusak hubungan pertalian dengan saudara kamu.

Modal Ventura

Modal ventura adalah investasi modal oleh perusahaan selaku investor kepada Bisnismu dengan imbal balik berupa porsi kepemilikan saham.

Biasanya, jumlah modal yang diberikan ventura ditentukan oleh banyak lembar saham yang akan mereka terima di perusahaan kamu. Maka dari itu, Bisnismu akan dinilai secara menyeluruh untuk menentukan nilai valuasinya dalam mata uang.

Tujuan modal ventura ini adalah untuk memfasilitasi founders dalam merintis di tahap awal dan mendukung pengembangan teknologi baru. Investasi modal ventura juga dapat mencakup pemberian bantuan manajerial dan teknis.

Keuntungan modal ventura:

  • kamu akan jadi lebih disiplin dan efektif dalam menjalankan bisnis, sebab kinerja perusahaan kamu akan selalu dipantau.
  • Investor juga akan membantu memperluas jaringan Bisnismu untuk mendapatkan mitra bisnis strategis baru

Crowdfunding

Crowdfunding adalah penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memanfaatkan proyek atau bisnis yang umumnya dilakukan melalui internet. Ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan modal ventura, baik untuk proyek komersial maupun proyek sosial.

Platform ini dapat dimanfaatkan baik dengan memulai bisnis, atau sudah memiliki produk dan ingin memperluas jangkauan pemasaran atau pengembangan produk. Karena ini adalah proyek pendanaan, kamu harus dapat meyakinkan investor untuk mendukung pekerjaan kamu.

Peer to Peer Lending

Melalui platform Peer to Peer Lending ini, kamu sebagai pemberi pinjaman atau pencari pinjaman dapat dengan mudah dipenuhi melalui sistem online. kamu dapat mengakses perusahaan P2P melalui situs web, dan beberapa dari mereka juga sudah memiliki aplikasi seluler.

Investor yang memiliki dana yang akan menyediakan modal bisnis secara alami akan memilih bisnis yang tepat dan menarik untuk membantu pendanaan. Sebagai seorang investor, risiko terbesar adalah ketika peminjam kesulitan mengembalikan dana yang kamu berikan. Tetapi tidak perlu takut, karena proses pinjaman harus melalui sistem kontrak yang telah ditulis dengan jelas.

Pinjaman untuk Bisnis dari Lembaga Perbankan

Perusahaan rintisan fintech yang berperan sebagai lembaga perbankan terbarukan selalu terbuka untuk memberikan pinjaman kepada pemilik bisnis kapan pun mereka membutuhkannya. Lebih fleksibel dalam hal persyaratan yang perlu dipenuhi dibanding lembaga keuangan konvensional.

Ketika sudah memperoleh persetujuan pendanaan, pastikan kamu tidak pernah melewatkan pembayaran dari waktu yang sudah ditetapkan. Karena jika tidak, maka reputasi kredit kamu bisa rusak dan mempersempit peluang untuk mendapatkan dana lagi di masa depan.

Jadi, bagaimana cara menentukan opsi pendanaan terbaik?

bootstrapping

Ini semua kembali lagi ke kamu selaku pemilik bisnis untuk memutuskan mana opsi pendanaan terbaik yang sejalan dengan keperluan usaha kamu.

Jika kamu tidak terburu-buru, dan ingin memastikan seluruh bagian proses dalam bisnis telah dijalankan dengan benar, mengidentifikasi area-area peningkatan terbaik yang akan signifikan bagi usaha: maka bootstrapping adalah pilihan terbaik. Selain itu, selalu merupakan pilihan yang bijak untuk menikmati fase bisnis `sedang kecil` untuk mengumpulkan pengalaman yang cukup sebagai seorang wirausahawan sebelum menjadi besar kelak.

Namun bila kamu ingin berkembang pesat dan tidak memiliki sumberdaya finansial yang dibutuhkan, maka opsi pembiayaan eksternal lebih tepat karena dapat memberikan kamu dana dengan jumlah yang lebih besar.

Comments to: Mencari Pinjaman Modal atau Bootstrapping: Cara Menentukan Opsi Pendanaan Terbaik

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer