Untuk mengembangkan bisnis, banyak bisnis kecil yang menyadari bahwa untuk menghasilkan uang akan membutuhkan uang. Sedangkan seringkali bisnis kecil menemukan diri mereka sendiri berada di posisi di mana uang tidak mudah didapat, sehingga pinjaman dana tanpa jaminan dapat menjadi langkah mendasar untuk dipertimbangkan oleh pemilik UMKM.

Banyak orang yang ragu untuk mengambil pinjaman modal usaha bagi bisnisnya. Padahal dengan mendapatkan pinjaman modal usaha dapat membantu mempercepat perkembangan bisnis yang dimiliki. Cara ini juga dilakukan oleh berbagai perusahaan yang kini telah menjadi perusahaan besar dengan mencari pinjaman modal usaha dari investor. Langkah ini dilakukan tidak hanya untuk mempercepat perkembangan bisnis, tetapi juga menaikkan valuasi atau harga perusahaan di pasar saham. Bukti nyata dari pentingnya melakukan pinjaman modal usaha adalah perusahaan besar di Indonesia yang berstatus Unicorn.

Di masa lalu, untuk dapat memperoleh pinjaman modal usaha sangatlah sulit. Hal ini dikarenakan institusi keuangan satu-satunya yang dapat memberikan pinjaman tersebut hanyalah bank tradisional dan persyaratan yang diberikan umumnya tidak dapat dipenuhi oleh bisnis kecil seperti UMKM. Inilah yang melatar belakangi munculnya layanan pinjaman dana tanpa jaminan.

Kini, bahkan UMKM bisa cari pinjaman dana tanpa jaminan dengan mengajukan pinjaman modal usaha kepada platform pinjaman online. Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui pinjaman dana tanpa jaminan ini, kamu perlu tahu bahwa biasanya pinjaman dana tanpa jaminan ini memang khusus diperuntukkan bagi UMKM dengan tujuan membantu kamu memenuhi kebutuhan dana dalam jangka pendek, seperti pembelian beberapa inventory atau stok barang yang sangat dibutuhkan, persediaan, dan menutup biaya operasional lainnya misalnya.

Lalu, mengapa pinjaman dana tanpa jaminan penting bagi bisnis kecil penting? Fakta dasar dalam dunia bisnis seperti kemungkinan sebuah bisnis mengalami beberapa masalah arus kas dalam menjalankan operasionalnya merupakan salah satu tantangan yang tidak dapat dipungkiri. Oleh karena itu, memahami manfaat dari memperoleh pinjaman dana tanpa jaminan merupakan hal yang penting. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari pinjaman dana tanpa jaminan yang hanya diberikan oleh platform pinjaman online yang khusus diperuntukkan untuk UMKM:

Tidak Perlu Jaminan dan Aset

Mungkin ini merupakan salah satu keunggulan terpenting dengan mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan kepada platform pinjaman online. Hal ini dikarenakan umumnya UMKM tidak dapat menawarkan jaminan ataupun aset berwujud yang merupakan salah satu persyaratan utama apabila mengajukan pinjaman modal usaha kepada institusi keuangan tradisional seperti bank. Kebalikannya, platform pinjaman online tidak mengharuskan pemilik bisnis untuk memberikan jaminan apapun untuk memperoleh pinjaman modal usaha yang dibutuhkan bagi Bisnismu.

Suku Bunga yang Menguntungkan

Tentu tidak semua platform pinjaman online yang menyediakan layanan pinjaman dana tanpa jaminan memberikan bunga yang sama persis. Umumnya suku bunga yang diberikan oleh platform pinjaman online seperti P2P (Peer-to-Peer) Lending berkisar di antara 1,7% hingga 2%. Sebagai informasi, jeratan pinjaman online yang sering kali diberitakan merupakan pinjaman online yang berbentuk konsumtif, di mana peminjam bisa dikenakan bunga hingga 40% dari pokok pinjaman dengan periode waktu pembayaran yang cukup singkat.

Jika ada satu hal penting yang harus diwaspadai oleh kamu sebelum mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan untuk menghindari bahaya pinjaman online adalah suku bunga yang harus dibayar kembali. Pastikan suku bunga yang diberikan atas pinjaman modal usaha yang dilakukan tidak mencekik dan membuat Bisnismu merugi. Namun, dalam kebanyakan kasus, pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang diberikan oleh platform pinjaman online ini merupakan layanan yang sangat populer dikalangan pemilik bisnis kecil karena manfaat yang diberikan.

Akses Terus Menerus Kepada Modal

Layanan pinjaman modal usaha tanpa jaminan merupakan solusi yang sempurna bagi pemilik usaha kecil karena kamu akan membutuhkan modal kerja untuk operasional bisnis. Penting untuk diingat bahwa pinjaman modal usaha tanpa jaminan berbeda dengan layanan pinjaman usaha kecil. Pasalnya, pinjaman modal usaha tanpa jaminan bisa didapatkan untuk berbagai tujuan berbeda seperti untuk melakukan stok barang, biaya operasional ataupun membeli peralatan produksi baru. Sedangkan pinjam usaha kecil hanya untuk satu tujuan tertentu, misalnya untuk melakukan stok barang saja.

Ini merupakan jenis pinjaman modal usaha yang akan menguntungkan bagi kamu untuk mengelola bisnis yang saat ini sedang kamu jalankan. Melakukan riset kepada platform pinjaman online yang cocok dengan kebutuhan kamu merupakan hal utama yang paling penting untuk dilakukan sebelum mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Selain untuk menghindari jeratan pinjaman online, langkah ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan perbandingan platform pinjaman online mana yang paling banyak memberikan manfaat bagi kamu.

Comments to: Mengapa Pinjaman Tanpa Jaminan bagi Bisnis Kecil Penting?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer