DANA adalah inovasi dari PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) yang bekerja sama dengan Ant Financial. Sebagai pendatang baru, layanan dompet digital ini ingin berkontribusi meningkatkan hingga 75% target inklusi keuangan di Indonesia terhadap program besar pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, seorang seller, merchant atau UMKM Digital, maka Anda adalah salah satu pengguna ideal DANA. Memegang peranan untuk memudahkan segala transaksi bisnis non tunai dan non kartu, DANA memiliki fitur tersendiri, yaitu DANA for Business.

Apa itu DANA for Business?

DANA for Business atau DANA Bisnis merupakan sebuah alat yang dirancang untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan pembayaran bisnis. DANA for Business dilengkapi dengan fitur yang dapat menerima pembayaran non-tunai (cashless) dan meningkatkan proses pencapaian produktivitas Bisnis Anda.

Ada dua fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan DANA for Business, yaitu Dana Bisnis Usaha Kecil bagai usaha perorangan dan Rekan Bisnis untuk perusahaan yang besar dan telah memiliki cabang.

Apa Saja yang Ditawarkan DANA for Business?

Jika Anda memilih untuk menggunakan Dana for Business, Anda akan mendapatkan manfaat seperti:

  • Memperoleh starter kit, seperti sistem POS, banner, dsbnya.
  • Menerima transaksi online melalui link.
  • Anda tidak perlu repot mengenai pembayaran token listrik (PLN), pulsa, wi-fi, pajak, dan kebutuhan bisnis lainnya. Karena di dalam Aplikasi DANA sudah tersedia fitur-fitur yang dapat mengelola semua masalah tersebut.
  • Anda dapat mengirim uang ke akun bank tanpa dikenakan potongan biaya hingga 10x.

Perbedaan Akun DANA for Business dengan Akun Pribadi

Sesuai dengan fungsinya, DANA for Business khusus dirancang bagi para pengusaha untuk memudahkan proses pengembangan bisnisnya. Perbedaan terbesar terletak di kemampuan bisnis untuk menerima metode pembayaran dompet digital DANA, sedangkan pengguna pribadi hanya dapat melakukan transaksi pembayaran, pembelian pulsa, dan transfer dana.

Apakah DANA for Business Berbayar?

Saat ini, layanan DANA for Business masih gratis diakses oleh calon merchant. Anda cukup melakukan pendaftaran, verifikasi, dan menunggu hasilnya.

Bagaimana Cara Mendaftar Akun DANA for Business?

Bagi yang memiliki bisnis online, seller, merchant atau UMKM Digital, mudah bagi Anda jika mau bergabung dalam DANA for Business. Cara pendaftarannya pun sederhana karena Anda cukup mendownload aplikasi DANA yang telah tersedia di google play store.

Bagi Anda yang akan menggunakan DANA for Business dalam fitur Dana Bisnis Usaha Kecil atau lebih mudahnya sebagai perusahaan perorangan/bisnis mandiri, maka Anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Download dan install Aplikasi DANA dari Google Play Store pada smartphone Anda.

  2. Buka aplikasi DANA yang telah terinstal.

  3. Login bila Anda sudah memiliki akun DANA sebelumnya, namun jika belum registrasikan terlebih dahulu nomor handphone Anda.

  4. Pilih menu Bisnis dan Partner.

  5. Anda akan diminta tiga langkah pengisian formulir aplikasi. Langkah pertama adalah mengisi profil bisnis beserta alamat lengkap seperti Jalan, Nomor, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, kota/kabupaten, dan kode pos.

  6. Langkah kedua adalah menghubungkan lokasi toko dengan GPS.

  7. Langkah ketiga adalah melampirkan beberapa foto tempat usaha baik toko, warung, kantor, dan lain sebagainya. Usahakan foto tampak dari beberapa sudut misalnya, dari seberang jalan raya dan dari dalam rumah. Pastikan foto menampilkan logo usaha Anda.

  8. Pendaftaran Anda selesai dan hanya perlu menunggu verifikasi dari tim DANA.

Namun, jika bisnis Anda merupakan perusahaan besar apalagi sudah memiliki cabang di berbagai daerah, maka untuk melakukan pendaftaran harus dilakukan di website official, yaitu https://dana.id/bisnis/gabung.

Masuk ke situs tersebut, kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya. Jangan lupa dokumen-dokumen yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP Perusahaan, SIUP, TDP, dan Dokumen kerja lainnya.

Bagaimana Beralih dari Akun Standar Menjadi Akun DANA for Business?

Pada dasarnya akun DANA for Business akan bisa didaftarkan jika Anda sudah memiliki Akun Dana Premium. Setelah Anda Memiliki Akun Premium, maka Anda dimungkinkan dapat menggunakan DANA for Business tersebut yang sudah tersedia di Aplikasi DANA smartphone Anda.

Bagaimana Tahap Verifikasi DANA for Business?

Setelah melalui tahap pendaftaran, Anda akan menerima SMS verifikasi dan email verifikasi yang menginformasikan status pendaftaran DANA for Business. Biasanya sekitar 3 atau 4 hari kerja. Namun, jika Anda tidak menerima verifikasi setelah 4 hari kerja, sebaiknya hubungi layanan customer care DANA dengan nomor 1500 445 atau mengirim email ke help@dana.id.

Bagaimana Tips Mengelola Akun DANA for Business?

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa DANA for Business merupakan layanan uang elektronik berbasis mobile yang dapat digunakan oleh pengguna melalui perangkat telekomunikasi guna menunjang produktivitas bisnisnya. Artinya, siapa saja bisa menjadi pengguna DANA for Business baik perorangan maupun persekutuan. Bagi Anda yang tertarik menggunakan DANA for Business untuk pelengkap dan penunjang produktivitas bisnis Anda, maka beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan supaya pemanfaatan DANA for Business benar-benar membawa manfaat bagi Anda.

  1. Perlu diketahui bagi pemilik Akun DANA for Business bahwa terdapat batas maksimum transaksi. Pihak DANA memberikan batas maksimum dalam 1 (satu) bulan kalender adalah Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah). Jadi, perhitungkan penggunaan biaya bisnis perorangan Anda.

  2. Dalam setiap transaksi, DANA for Business selalu mengirimkan OTP baik melalui email dan nomor handphone. Jadi, Anda harus menjaga dengan baik email dan nomor Handphone Anda.

  3. Meskipun memiliki tingkat keamanan yang baik, namun Anda harus tetap waspada dan sering-sering mengganti PIN Anda.

  4. Jika terjadi suatu hal yang menurut Anda aneh, sebaiknya segera menghubungi customer service DANA.

Melengkapi DANA for Business Anda dengan Rekening Bisnis Aspire

Jika DANA adalah salah satu pilihan yang baik untuk menerima pembayaran dari konsumen ritel atau individual, Aspire adalah opsi terbaik yang Anda miliki dalam hal transaksi antar pelaku bisnis.

Aspie menawarkan berbagai kemudahan bagi pelaku bisnis. Diantaranya:

  • Aspire tawarkan gratis transaksi antar Bank hingga 20x, yang bisa Anda perpanjang cukup dengan mengundang teman
  • Saat betransaksi, Anda bisa memilih mengaktifkan fitur otomatis kirim bukti transfer. Jadi, tidak perlu lagi deh berpindah-pindah aplikasi hanya untuk membagikan screenshot bukti ke penerima
  • Dengan Aspire, Anda dapat mengelola arus kas lebih mudah sebab dapat mengkategorisasikan pengeluaran berdasarkan jenisnya. Di akhir bulan, Anda bisa menganalisis performa keuangan usaha secara langsung.
  • Jika Anda kerap membagikan akses rekening ke karyawan untuk keperluan Admin, kini beri mereka kata kunci berbeda dengan batasan level akses tertentu tanpa khawatir berbagai password yang sifatnya sangat rahasia dan kerap terhubung dengan akun Anda yang lain
  • Seiring penggunaan Aspire, kedepannya Anda otomatis dapat memperoleh hasil persetujuan iini kredit yang tepat sekali dipakai untuk keperluan berbagai pinjaman atau sebagai fasilitas pendanaan standby yang siap pakai.
Comments to: Panduan DANA for Business bagi Pelaku Usaha

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer