Google tidak hanya memudahkan aktivitas kita sebagai individu, namun juga sebagai pelaku usaha. Dengan Google Business Suite, kamu dapat memperoleh segala keuntungan menggunakan berbagai aplikasi Google yang dirancang khusus untuk kamu yang memiliki usaha atau bisnis. Apapun skala usaha mulai dari kecil, menengah hingga besar, dapat diakomodir oleh Google Business Suite. Lalu bagaimana memulainya?

Memulai Google Business Suite

Pertama, kamu dapat mengunjungi laman Google Business Suite dimana kamu bisa menemukan beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan skala Bisnismu seperti Features, Solutions, Pricing, Security dan Resources.

Di bagian Features, kamu dapat melihat produk-produk Google yang dapat kamu gunakan ketika menggunakan Google Business Suite. Namun sebelum kamu memulai, kamu sebaiknya menuju ke tab Solutions dan memilih layanan Google Business Suite sesuai dengan skala usaha kamu.

Skala Usaha Google Business Suite

Berdasarkan skala usaha, Google Business Suite memiliki tiga pilihan yaitu : New Business (bisnis baru), Small and mid-sized business (bisnis kecil dan menengah) serta Large Business (bisnis yang telah berkembang).

New Business $4.20* per bulan

Google Business Suite di kategori New Business menawarkan beberapa keunggulan, yaitu:

  • Email atas nama perusahaan.

Katakanlah kamu baru saja memulai bisnis, namun bukan berarti kamu tidak bisa terlihat profesional. Dengan menggunakan Google Business Suite, kamu bisa memiliki alamat email dengan domain usaha kamu sendiri. Jadi misalkan nama perusahaan kamu adalah Indonesia Indah, kamu bisa menciptakan alamat email seperti : support@aspireapp.com.

  • Email yang lebih powerful

Rasanya tidak berlebihan jika mungkin hampir semua orang menyukai Gmail. Ini karena Gmail memiliki segala kelebihan email yang kita butuhkan; mulai dari interface yang mudah digunakan, tampilan yang nyaman dilihat, hingga proses pengiriman email yang responsif. Ketika kamu menggunakan versi Gmail yang biasa, kamu tentu dibatasi oleh kuota penyimpanan sebesar 15 GB saja.

Sebagai pemilik bisnis online maupun bisnis offline, terkadang kamu bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan email perhari. Oleh karena itu kamu membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar.

Dengan Google Business Suite, kamu bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 30 GB termasuk cloud storage, file sharing, support 24 jam sehari serta fasilitas video conference dengan biaya $4.20 per user per bulan. Jika kamu membutuhkan lebih, kamu bisa menambahkan kapasitasnya kapan saja kamu perlukan.

  • Keamanan yang lebih mumpuni

Server Google yang sangat bisa dikamulkan, memberikan garansi 99,9% waktu siaga pada email kamu. Layanan ini termasuk dalam hal keamanan, perlindungan terhadap spam, dan backup otomatis untuk melindungi data kamu.

  • Kapasitas penyimpanan 30 GB
  • Saat ini, biaya yang kamu butuhkan untuk memperoleh semua layanan di atas adalah sebesar $4.20 per user per bulan. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Small Business $10.20* per bulan

Di pilihan Google My Business Small Business, Google menawarkan layanan yang lebih beragam, seperti

  • Email yang powerful sama halnya dengan New Business.
  • Tingkat keamanan yang lebih tinggi. Data kamu tetap aman dan terlindungi bahkan ketika terjadi kerusakan, kehilangan atau pergantian karyawan.
  • Menyimpan dan membagi file. Dokumen kamu terjamin keamanannya dengan penyimpanan cloud. Anggota tim dapat mengakses dan membagi dokumen kapan saja diperlukan baik dari komputer, smartphone atau tablet.
  • Mudah digunakan untuk kolaborasi tim kerja. kamu pelaku bisnis online yang memiliki seller, merchant dan UMKM digital lainnya dapat mengatur anggota tim dengan lebih mudah. Software terupdate secara otomatis sehingga kamu tidak perlu repot memikirkan update software atau permasalahan keamanan lainnya.
  • Dapat bekerja dari mana saja. kamu dapat mengkolaborasikan dokumen, data, lembar kerja serta presentasi kamu dengan anggota tim lainnya melalui device yang berbeda. Editing yang responsif secara real time membuat kamu bisa bekerja dan mengambil keputusan secara lebih cepat.
  • Dapat menggunakan layanan Microsoft seperti Word, Excel, dan Powerpoint. kamu juga bisa mengekspor dan membagikan dokumen dengan mereka yang tidak menggunakan Gsuite.
  • Kapasitas unlimited; atau 1 TB per user jika terdapat kurang dari 5 user.
  • Saat ini, biaya yang kamu butuhkan untuk memperoleh semua layanan Google Business Suite Small Business adalah sebesar $10.20 per user per bulan. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Enterprise $25* per bulan

Untuk perusahaan yang sudah berkembang, Google Business Suite menawarkan layanan yang sama dengan New dan Small Business; namun diperkuat di lini jaringan keamanan. Seperti :

  • Pusat keamanan untuk G Suite. Google memberikan tampilan yang menyeluruh mengenai penggunaan G Suite secara analitik.
  • Pusat peringatan untuk G Suite. Tampilan notifikasi, peringatan, serta kegiatan yang dilakukan di seluruh G suite
  • Transparansi Akses
  • Data Regions untuk G Suite. Pembatasan lokasi geografis dalam penggunaan G Suite. Memastikan seluruh layanan bekerja dengan baik di wilayah geografis yang kamu tentukan.
  • Data loss prevention untuk Gmail

Mencegah hilangnya berbagai data penting via email seperti nomor Credit Card dan lainnya. Memberikan admin notifikasi, bar peringatan, dan pembatasan pengiriman email ketika konten sensitif ditemukan.

  • Data loss prevention untuk Drive
  • Tersedia S/MIME for Gmail. S/MIME (Secure/Multipurpose Internet Mail Extension) adalah metode stkamur untuk mengirim email dengan digital tkamu tangan dan enkripsi secara aman.
  • Kontrol akses tingkat perusahaan dengan penegakan kunci keamanan
  • Gmail log analysis in Big Query. Mengakses log gmail dengan baik di pencarian kata kunci yang banyak, spesifik, serta menganalisis data dengan dashboard khusus.
  • Saat ini biaya yang diperlukan adalah $25* per bulan. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Kekurangan Google Business Suite

Dari list ketiga jenis Google Business Suite, kamu mungkin menduga kendala apa yang mungkin akan kamu temukan ketika menggunakannya.

Google Suite adalah layanan yang benar-benar web based, sehingga tidak memerlukan pilihan instalasi software untuk bekerja. Jika kamu terbiasa menikmati Microsoft Office dengan segala kelebihannya, Google Docs masih mengejar ketertinggalannya. Jika kamu ingin aplikasi office yang lebih bisa dikamulkan, Microsoft Office masih lebih powerful jika dibandingkan dengan Google Docs.

Fasilitas Free Trial

Jika kamu masih ragu apakah Google Business Suite sesuai dengan kebutuhan Bisnismu, kamu bisa mencoba akses uji coba gratis (free trial) selama 14 hari. Di mode free trial ini kamu akan mendapatkan akses ke email bisnis, video conference, penyimpanan online dan layanan bisnis lainnya. kamu tidak harus mendownload software untuk menikmati layanan ini.


Layanan Google memang selalu bisa dikamulkan. Dengan coverage dan server yang sangat mumpuni, Google Business Suite patut kamu pertimbangkan untuk mendukung operasional Bisnismu.

Comments to: Panduan Google Business Suite

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer