Mendirikan bisnis rintisan atau yang dikenal dengan istilah start up memang tidak mudah. Ada begitu banyak proses yang perlu dilalui dan penuh tantangan. Belum lagi, ketika bisnis mulai berkembang dan semakin besar, maka diperlukan satu upaya untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Cara yang biasa dilakukan adalah dengan menjalin relasi dan kerjasama dengan pihak-pihak tertentu. Sekarang sudah sangat banyak usaha-usaha yang bekerjasama dengan Gojek. Mulai dari bisnis tingkat bawah, menengah hingga perusahaan-perusahaan besar. Para seller, merchant, dan UMKM Digital pun mulai ikut ambil bagian untuk bisnis online yang dimiliki.

Sekarang banyak toko, warung makan, restoran, baik yang berada di tengah-tengah mall bahkan yang ada di tepi jalan seperti tukang bakso dan es cappucino cincau memanfaatkan peluang usahanya dengan menjadi rekanan Go-pay. Apa itu Go-Pay? Mengapa harus menjadi Go-Pay Merchant? Bagaimana cara untuk mendaftar Go-Pay Merchant? Berikut ini simak pengertian Go-Pay Merchant dan segala manfaatnya bagi bisnis Anda.

Pengertian Go-Pay Merchant

Go-Pay adalah dompet elektronik untuk menyimpan kredit yang bisa digunakan untuk bertransaksi dengan segala bentuk layanan di dalam aplikasi GO-JEK. Go-Pay dulunya disebut dengn go wallet.

Jadi Go-Pay Merchant adalah sebuah sebuah lembaga atau organisasi yang memanfaatkan layanan Go-Pay untuk memudahkan konsumennya bertransaksi.

Ketika Anda berbelanja di suatu toko, kemudian Anda dapat melakukan pembayaran dengan saldo Go-Pay, maka itulah yang disebut dengan Go-Pay Merchant.

Layanan Go-Pay Merchant ini Anda dapat temukan di dalam aplikasi Go-jek. Di dalam aplikasi tersebut setidaknya Anda akan menemui layanan Go-Pay Merchant yang Go-Food, Go-Mart, Go-Box, Go-Clean, dan Go-Glam.

Kelebihan dan Manfaat Go-Pay Merchant

Kelebihan Go-Pay Merchant dibandingkan dengan layanan lain yang serupa antara lain:

  • Menyediakan pembayaran melalui QR Statis dan QR Dinamis (Mesin EDC).
  • Memiliki layanan transaksi selama 24 jam.
  • Memberikan banyak promo dan kumpulan Go-Points.
  • Memberikan layanan keamanan yang tinggi bagi setiap akun Go-Pay Merchant.
  • Memberikan layanan Top-up atau isi ulang saldo di berbagai bank, driver Go-Jek, Alfamart dan Indomaret.
  • Memungkinkan untuk mencairkan dana dengan cepat dan aman.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan bergabung dalam kemitraan Go-Pay Merchant antara lain:

  • Melakukan pembayaran dan penerimaan pembayaran dengan cara yang lebih efektif karena tidak memerlukan kembalian.
  • Mempromosikan bisnis Anda di dalam aplikasi Go-Jek.
  • Produk/jasa Anda dapat diakses secara online dari tempat yang lebih jauh.
  • Tersedia layanan 24 jam yang memungkinkan jam operasional usaha Anda lebih panjang.
  • Layanan Go-Send yang siap membantu Anda untuk mengantarkan order dari konsumen dengan waktu yang relatif singkat.

Perbedaan Akun Go-Pay Merchant dengan Akun Pribadi

Akun pribadi yang belum terverifikasi memiliki batas transaksi maksimal 1 juta rupiah sedangkan akun pribadi yang terverifikasi memiliki batas transaksi maksimal 10 juta rupiah. Namun, bagi akun Go-Pay Merchant tidak memiliki batas limit, karena sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai penyedia transaksi bagi para merchant, seller, dan UMKM Digital.

Selain itu akun Go-Pay Merchant memiliki fitur-fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan akun pribadi. Akun Go-Pay Merchant memungkinkan transaksi untuk menerima pembayaran sedangkan akun pribadi pada dasarnya sebagai alat bayar elektronik untuk melakukan pembayaran atau transfer dana.

Biaya Menjadi Rekanan Go-Pay Merchant

Go-Pay tidak memungut biaya dari pendaftaran Akun Go-Pay Merchant. Ini adalah kelebihan dari Go-Pay Merchant. Namun, untuk menjadi mitra Go-Pay Merchant, Anda harus melakukan pendaftaran dan tahap verifikasi yang ketat.

Cara Mendaftar Go-Pay Merchant

Bagi Anda yang memiliki bisnis online atau UMKM Digital dan bagi para seller dan merchant, Anda dapat memanfaatkan layanan Go-Pay Merchant seperti Go-Food Merchant dan lain-lainya dengan mendaftar terlebih dahulu. Untuk cara mendaftarnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan: Untuk Usaha Berbentuk Perseorangan membutuhkan : Kartu Identitas (KTP/Paspor), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Informasi rekening bank pemilik usaha, dan Informasi lengkap usaha Partner GO-FOOD. Sedangkan untuk Usaha Berbentuk Badan Hukum memerlukan dokumen seperti : Kartu Identitas (KTP/Paspor), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Buku tabungan perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Informasi lengkap usaha Partner Go-Food,
  2. Buka formulir calon Mitra Usaha Go-Pay di website official Gojek.
  3. Klik Daftar atau Sign Up untuk melakukan registrasi
  4. Isilah setiap kolom formulir pendaftaran dengan data yang sebenarnya seperti nama, email, alamat, nomor handphone dan lain sebagainya.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan tim GO-PAY ke nomor handphone terdaftar.
  6. Masukan informasi yang benar dan sesuai dengan dokumen yang telah Anda siapkan (KTP, NPWP, dan data perusahaan).
  7. Pastikan semua data benar kemudian klik simpan. Dengan demikian pendaftaran telah selesai.

Setelah menyelesaikan tahap pendaftaran, Anda masih harus menunggu verifikasi tim Go-Pay. Verifikasi dapat Anda terima dalam bentuk email yang berisi informasi status pendaftaran restoran Anda.

Cara Beralih dari Akun Standar ke Akun Go-Pay Merchant

Jika Anda sudah memiliki akun pribadi dan ingin upgrade menjadi Akun Go-Pay Merchant, Anda bisa menghubungi tim Go-Pay melalui (021) 50440999 atau rekanusaha@go-pay.co.id.

Cara Verifikasi Go-Pay Merchant

Setelah melalui tahap pendaftaran, Anda harus menunggu lebih kurang 2 hari. Namun dalam kondisi tertentu bisa membutuhkan lebih banyak waktu. Sebaiknya, jika Anda belum mendapatkan konfirmasi mengenai pendaftaran Anda setelah dua hari segera menghubungi tim Go-Pay melalui (021) 50440999 atau rekanusaha@go-pay.co.id.

Jika pendaftaran telah terverifikasi, Anda akan mendapatkan kode QR yang dapat Anda gunakan untuk menerima pembayaran melalui GO-PAY.

Tips Mengelola Bisnis dengan Go-Pay Merchant

Penggunaan Go-Pay Merchant untuk saat ini bisa dibilang sangat menguntungkan bisnis Anda. Anda akan mendapatkan akses lebih luas dengan menjadi mitra Go-Pay.

Sejauh ini Go-Pay Merchant sudah sangat banyak digunakan oleh bisnis perdagangan menengah ke bawah seperti restoran, warung, bahkan tukan bakso di pinggir jalan yang memanfaatkan fitur Go-Food Merchant.

Jika Anda telah terverifikasi dan resmi menjadi mitra Go-Pay Merchant, maka perlu Anda lakukan yaitu :

  1. Gunakan fasilitas pelayanan dengan memaksimalkan kerja Anda.
  2. Aktif selalu untuk update produk yang Anda jual.
Comments to: Bermitra Usaha dengan Go-Pay Merchant dalam Pengembangan Bisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer