LINE merupakan aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh remaja sampai saat ini. Salah satu layanan yang disediakan oleh LINE adalah LINE@ yang berfungsi hampir sama dengan Business Profile di Instagram, dengan sentuhan yang lebih personal. LINE@ dapat menjadi salah satu solusi komunikasi oleh pebisnis baik yang memiliki pesan sebagai seller (penjual), merchant, atau pegiat UMKM digital.

Apa itu LINE@?

LINE@ (LINE-at) adalah layanan bisnis yang disediakan oleh LINE yang memungkinkan pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggannya di LINE.

Dalam pemanfaatannya, LINE@ akan sangat sesuai dengan bisnis yang menyasar anak muda sebagai calon pelanggan. Hal ini disebabkan kecenderungan pemakaian platform LINE sendiri yaitu oleh remaja usia sekolah hingga kuliah.

Kelebihan dan Manfaat

  • Pesan siaran dan pesan personal

Akun LINE@ dapat mengirim pesan siaran (broadcast message) ke semua pelanggan yang sudah menjadi teman. Meski demikian, pemilik akun tetap dalam melakukan komunikasi secara personal dengan pelanggan.

  • Tersedia pengaturan kapan hendak mengirim pesan

Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur strategi konten siaran terlebih dahulu kemudian mengatur kapan waktu yang tepat untuk mengirim pesan sehingga mendapatkan engagement yang maksimal. Fitur ini tersedia baik dalam pesan amupun kiriman di beranda.

  • Balasan otomatis (auto-reply) dan balasan kata kunci (keyword reply)

Fitur ini akan mempermudah Anda dalam dalam merespon setiap pesan yang masuk serta menjadikan waktu respon lebih efisien.

  • Halaman Akun yang lengkap dengan menyediakan informasi penting seperti jam buka/tutup, alamat, nomor telepon, dan lain-lain layaknya pada sebuah website.
  • Memiliki halaman statistik, promosi serta riset

Pada halaman statistik, Anda dapat memantau perubahan pengikut Anda, respon terhadap post yang dibagikan di timeline, hasil promosi, kupon maupun survei. Pada halaman PR, Anda dapat membuat dan menyediakan data multimedia, kupon dan sebagainya yang tidak dapat dilakukan pada pesan pada umumnya. Sementara pada halaman riset, Anda dapat membuat polling atau survei yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi di dalamnya. Halaman PR dan Riset hanya tersedia dari halaman admin PC.

Perbedaan LINE dan LINE@

  • Diunduh secara terpisah

Meskipun berasal dari platform yang sama, LINE dan LINE@ merupakan dua aplikasi berbeda yang diunduh secara terspisah. Untuk membuat akun LINE@ dibutuhkan email yang sudah didaftarkan pada akun LINE, sehingga kedua akun ini pada dasarnya saling mendukung.

  • Followers dan Friends

Orang-orang yang berinteraksi dengan kita melalui akun pribadi LINE disebut Friends (teman) yang jumlahnya dibatasi hingga 5000 orang saja. Sementara LINE@ mengenal istilah Followers (pengikut) yang batasan jumlahnya bisa dibagi dalam beberapa kategori mulai dari yang free hingga premium.

  • LINE@ tidak dapat diundang ke dalam Group Conversation

Salah satu fitur andalah LINE adalah percakapan grup yang tentu saja tidak dapat dilakukan dengan menggunakan akun LINE@. Komunikasi melalui LINE@ terbatas hanya percakapan personal dan pesan siaran karena memang diperuntukkan bagi keperluan bisnis.

  • Cara terhubung

Untuk menambahkan teman di akun LINE hanya diperlukan pengetikan ID di kolom pencarian. Sementara untuk menambahkan LINE@, Anda harus menyertakan @ pada ID dalam pencariannya. Misalnya, LINE ID: inichacha dan LINE@ ID: @inichacha

Biaya LINE@

LINE@ meyediakan dua paket penggunaan yaitu Free dan Pro. Kedua paket ini memiliki perbedaan yang signifikan pada jumlah valid friends dan broadcast. Selain itu, LINE@ Paket Free tidak menyediakan beberapa keistimewaan Paket Pro dari segi pemanfaatan multimedia. Biaya bulanan untuk Paket Pro adalah sebsar Rp100.000 sudah termasuk pajak.

Sama halnya dengan akun LINE, akun LINE@ juga memiliki ID yang dapat dimasukkan pada kolom pencarian. Pada saat pembuatan akun, pengguna LINE@ akan mendapatkan ID yang dibuat acak sesuai dengan aturan umum yang berlaku. Meski demikian, Anda dapat menyesuaikan ID akun LINE@ Anda dengan cara membeli ID premium seharga Rp149.000 per tahun.

Cara Membuat akun LINE@

Untuk membuat akun LINE@ diperlukan akun LINE yang emailnya sudah terverifikasi. Saat aplikasi LINE@ sudah terinstal, Anda dapat langsung log in dengan menggunakan email akun LINE. Setelah berhasil, isi data-data terkait akun Anda seperti Display Name, foto profil, infromasi bisnis dan lain-lain. Selanjutnya Anda sudah dapat mengoperasikan LINE@ dan memanfaatkan fitur-fiturnya untuk keperluan bisnis Anda.

Cara Verifikasi Akun LINE@

Pada LINE@ terdapat dua jenis akun yaitu “Akun standar” dan “Akun yang disetujui”. Akun standar adalah akun yang belum terverifikasi sebagai akun resmi LINE@ yang ditandai dengan perisai warna abu-abu. Sedangkan akun yang disetujui adalah akun yang sudah terverifikasi sebagai akun resmi yang ditandai dengan perisai warna biru tua. Verifikasi akun LINE@ sangat dianjurkan bagi pengguna bisnis sebagai klaim atas akunnya serta menghindari adanya akun lain yang meniru.

Pendaftaran persetujuan akun LINE@ Anda dapat dilakukan pada halaman Kelola > Anggota dan Akun > Persetujuan Akun. Selanjutnya Anda harus mengisi detail informasi mengenai akun Anda dan dapatkan Nomor Tanda Terima. Setelah itu, siapkan berbagai dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, Surat Pernyataan dan lain-lain sesuai jenis akun yang dibuat. Terkahir, unggah dokumen tersebut dan konfirmasi.

Tips Mengelola Bisnis Dengan LINE@

LINE@ menyediakan banyak fitur yang dapat mempermudah promosi, komunikasi, serta riset mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur tersebut untuk memaksimalkan penjualan serta promosi.

Mulailah dengan pengisian data yang lengkap mengenai bisnis Anda serta ajukan pendaftaran verifikasi akun. Akun dengan profil yang lengkap tentu saja akan dianggap kredibel serta terpercaya, apalagi jika telah mendapat verifikasi.

Selanjutnya, pikirkan strategi pemasaran seperti perencanaa konten untuk pesan siaran atau kiriman promosi di beranda Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur pengaturan waktu untuk membagikan konten di waktu yang tepat dan mendapat lebih banyak engagement. Aplikasikan rencana tersebut dengan memanfaatkan fitur-fitur multimedia yang ada sehingga lebih variatif dan menarik.

Selain itu, gunakan pula fitur pesan otomatis sebagai respon yang cepat bagi pelanggan yang mengirimi Anda pesan. Sebagai seller, jika pelanggan Anda semakin banyak, fitur pesan otomatis ini akan sangat terasa manfaatnya.

Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, maka akan semakin banyak pula kesempatan Anda untuk bertransaksi. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu membagikan akun LINE@ Anda dalam berbagai kesempatan.

Comments to: Panduan LINE @ Business

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer