Panduan Membuka Rekening Bisnis

Kegiatan bisnis merupakan kegiatan yang tidak terlepas dari transaksi jual beli. Dalam proses nya perusahaan anda akan menerima pembayaran dari client, atau juga anda akan melakukan pembayaran ke vendor. Seluruh kegiatan pembayaran biasanya akan menggunakan sistem transfer. Dengan adanya kebutuhan transaksi secara perbankan, ada baiknya jika anda memiliki rekening bisnis.

Berikut merupakan cara untuk membuka rekening bisnis, yuk disimak bagaimana prosesnya

Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen adalah hal mendasar yang wajib anda penuhi jika anda berniat untuk memiliki rekening bisnis. Berkas berkas apa saja yang harus anda persiapkan sebagai berikut:

  • NPWP

pemilik badan usaha wajib melampirkan npwp pemilik dan juga npwp perusahaan ketika akan mengajukan rekening bisnis perusahaan. Npwp saat ini adalah dokumen wajib yang harus dilampirkan bank dalam pembuatan rekening.

  • Akta pendirian perusahaan

Akta pendirian perusahaan juga merupakan hal yang wajib untuk dilampirkan, jadi pastikan perusahaan anda sudah memiliki akta saat akan membuka rekening bisnis. Akta pendirian usaha ini juga lah yang akan menjelaskan mengenai cakupan bidang apa yang dilakukan oleh perusahaan anda

  • Surat izin usaha

Surat izin usaha adalah surat yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa. SIUP diberikan kepada para pengusaha baik perorangan, Firma, CV, PT, Koperasi, BUMN, dan sebagainya.

  • Identitas pemilik perusahaan

Meskipun rekening yang dibuat adalah rekening bisnis, namun tetap harus tetap melampirkan identitas pemilik perusahaan. Identitas yang dimaksud disini adalah KTP atau passport, NPWP, dan buku tabungan pemilik perusahaan. Identitas ini juga yang akan menjadi lampiran dan kontak apabila terjadi sesuatu hal dengan rekening bisnis tersebut.

  • Surat Kuasa

Surat kuasa yang dimaksudkan dalam persyaratan ini adalah surat kuasa dari pemilik perusahaan kepada orang orang yang ditugaskan membuat dan juga mengelola tabungan bisnis tersebut. Surat kuasa ini akan dijadikan bukti yang sah dan valid oleh pihak bank dalam pemrosesan tabungan bisnis suatu perusahaan. Surat kuasa dibuat secara pribadi oleh pemilik perusahaan.

Memilih Bank yang Tawarkan Rekening Bisnis yang Sesuai Kriteria

Pemilihan bank juga menjadi hal yang penting yang harus anda perhatikan, karena setiap bank memiliki peraturan nya terkait rekening bisnis. Berapa syarat dibawah ini adalah panduan daftar yang perlu anda ketahui terkait pembukaan rekening bisnis. Panduan ini mungkin berbeda dengan jenis rekening bisnis yang akan anda gunakan, namun sebagian besar rekening bisnis menggunakan ketentuan dan fasilitas dibawah ini

Ada banyak bank di Indonesia yang bisa anda jadikan pilihan sebelum anda membuka rekening bisnis anda. Jenis bank tersebut ada yang BUMN Konvensional, BUMN Syariah, Swasta Konvensional, Swasta Syariah, dan juga Bank Multinasional. Anda bisa menentukan akan memilih bank mana dengan melihat proyeksi bisnis anda apakah akan banyak transaksi dengan masyarakat, perusahaan lokal, atau malah akan lebih banyak transaksi internasional. Hal ini akan berpengaruh terhadap biaya administrasi yang akan anda keluarkan apabila anda membuat rekening bisnis yang tidak sesuai dengan target konsumen atau vendor anda. Namun dengan adanya kendala tersebut, tidak menutup kemungkinan anda bisa membuat beberapa rekening bisnis dari bank yang berbeda.

  • Setoran awal

Pada saat anda akan membuka rekening bisnis, anda diharuskan untuk menyetorkan dana sebagai setoran awal. Jumlah yang harus anda setorkan berkisar antara 500.000 – 1.000.000 rupiah.

  • Biaya administrasi

Biaya administrasi ini harus dikeluarkan setiap bulan dari akun bisnis yang anda miliki. Beberapa bank memberikan gratis biaya administrasi bila saldo tersimpan di atas 5.000.000 rupiah. Biaya administrasi ini biasanya berkisar 10.000 – 25.000 rupiah.

  • Saldo mengendap minimum

Sehubungan dengan rekening bisnis yang anda buat, anda harus memperhatikan bahwa saldo minimum yang tersimpan di rekening berbeda pada beberapa bank. Untuk beberapa bank, saldo mengendap adalah 5.000.000 rupiah. Namun ada beberapa bank yang mengharuskan saldo mengendap di akhir bulan sebanyak 10.000.000 rupiah. Saldo ini masih bisa anda pergunakan, hal ini hanya pelaporan saja untuk bank pada akhir bulan anda masih memiliki saldo sebanyak nominal tersebut.

  • Saldo ditahan

Saldo ditahan ini adalah saldo yang akan diambil oleh pihak bank, jumlah saldo ditahan ini adalah 10.000 rupiah, dan pengambilan saldo hanya 1 kali.

  • Mata Uang

Mata uang yang digunakan untuk melakukan transaksi di Indonesia adalah rupiah. Jika perusahaan anda menjalankan bisnis yang harus melakukan banyak transaksi dengan mata uang lain selain rupiah, sebaiknya anda mencari bank multinasional yang memiliki fasilitas pembelian atau penukaran mata uang asing secara langsung melalui akun anda. Beberapa bank juga memberikan fasilitas transfer valas secara gratis.

  • Fasilitas

Dengan membuka rekening bisnis, anda bisa mendapat fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa fasilitas yang minimum anda dapatkan adalah : bebas transfer antar bank , mobile banking, internet banking, transaksi internasional, atau bahkan permodalan bisnis dari bank yang bersangkutan

Mempertimbangkan Ketentuan-Ketentuan Lain

Terdapat beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dalam pembuatan rekening bisnis. Salah satu hal yang kadang menimbulkan masalah dikemudian hari adalah terkait tanda tangan cek. Sejak awal pembuatan rekening bisnis, anda akan diminta untuk memberikan informasi nama dan tanda tangan orang yang berhak memberikan tanda tangan pada cek. Karena pihak bank hanya akan mencairkan uang jika tanda tangan yang tertera adalah tanda tangan orang yang tepat. Beberapa kasus yang terjadi adalah cek yang seharusnya ditandatangani oleh dua direktur, namun saat tiba di bank, cek hanya ditandatangani oleh satu direktur. Hal ini mengakibatkan cek yang anda bawa tidak dapat dicairkan.

Membuat rekening perusahaan mungkin membutuhkan banyak waktu dan usaha yang lebih, namun rekening bisnis ini dapat membantu anda untuk mengembangkan perusahaan anda menjadi perusahaan yang memiliki kredibilitas baik. Jangan lupa juga untuk mengkaji dan melihat dari banyak pilihan sehingga anda bisa mempertimbangkan rekening bisnis mana yang paling pas dan paling cocok anda gunakan dalam bisnis anda. Dan yang paling penting adalah, memiliki rekening bisnis akan membantu anda untuk profesional dalam mengelola keuangan. Dana pribadi dan dana perusahaan adalah dana yang harus terpisah, pencatatan nya pun harus jelas sehingga jika terjadi audit, tidak akan ada uang gelap yang tidak jelas penggunaan nya.

Comments to: Panduan Membuka Rekening Bisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer