Indonesia memiliki pangsa pasar makanan dan minuman yang cukup besar. Dilansir dari Harian Pikiran Rakyat, per triwulan I 2019 saja pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) industri makanan dan minuman mencapai  angka 6,77%. Angka tersebut lebih besar dari pertumbuhan PDB Industri Nasional sebesar 5,07% dan berkontribusi terhadap PDB Nasional sebesar 6,35%.

Makin banyak kita temui usaha Food and Beverage yang sukses menjalankan bisnisnya. Hal ini juga tak lepas dari peran layanan antar makanan dan minuman melalui aplikasi online yang digandrungi oleh masyarakat. Salah satu yang populer adalah GrabFood dari PT Solusi Transportasi Indonesia. Jika kamu pelaku usaha makanan dan minuman, apakah kamu sudah bergabung menjadi Merchant GrabFood?

Keuntungan sebagai Merchant GrabFood

Mulai dari eksposure pelanggan yang lebih luas hingga bagi hasil yang kompetitif. Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi Merchant GrabFood :

  • Eksposure pelanggan yang lebih luas dari customers yang menginstall aplikasi GrabFood di smartphone. Mulai dari pelanggan yang berada dekat dengan area usaha kamu, hingga pelanggan yang cukup jauh dari lokasi kamu dapat terjangkau melalui satu aplikasi.
  • Dari sisi konsumen, aplikasi GrabFood memiliki interface yang nyaman digunakan. Jika restoran kamu mengadakan promo, tawaran promo akan tampil di halaman depan tanpa konsumen harus bersusah payah mencarinya.
  • Pembagian makanan berdasarkan kategori. Di bagian kategori, tidak hanya dikelompokkan berdasarkan jenis makanan. Namun berdasarkan Promosi, Best Sellers, Pesta Spekta, Pendatang Baru dan Makanan Terdekat.
  • Penawaran Promo diutamakan berdasarkan lokasi restoran terdekat. Sehingga konsumen yang terdekat dengan lokasi kamu akan mengetahui dengan cepat tawaran khusus yang kamu tawarkan.
  • Makanan Khas Daerah. Bagi pendatang, tawaran rekomendasi makanan daerah tentu sangat menyenangkan. Di GrabFood, konsumen dapat dengan mudah menikmati kuliner daerah tanpa harus bersusah payah keluar dari penginapan. Hal ini juga memudahkan bagi pengusaha makanan daerah untuk memasarkan produknya.
  • Hemat biaya kurir. kamu bisa menghemat biaya kurir yang harus dikeluarkan bila kamu melakukan layanan pesan antar sendiri.
  • Fitur order kembali. Memudahkan pelanggan yang pernah memesan produk kamu untuk memesan produk kamu kembali.
  • Fast Delivery. GrabFood menyediakan layanan fast delivery bagi Customers yang tidak ingin menunggu lama makanan atau minuman yang dipesan. Maksimal waktu tunggu untuk layanan ini adalah 30 menit.
  • Metode Pembayaran. Customers bisa membayar pengemudi dengan cara cash atau top up non tunai di aplikasi Grab, atau membayar melalui kartu ovo.
  • Bagi hasil yang kompetitif dengan Merchant. Dengan banyaknya keuntungan yang kamu dapatkan, GrabFood menawarkan profit sharing yang kompetitif yang tertera di surat kontrak kerjasama.

Status Merchant Grabfood

GrabFood memiliki dua status merchant yaitu “Partner” dan “Terdaftar”. Masing-masing dari status ini memiliki perbedaan sebagai berikut :

Status Partner

  • Sebagai partner, usaha kamu akan terdaftar di aplikasi GrabFood sehingga memperluas jangkauan konsumen dan meningkatkan pendapatan.
  • Sebagai partner, usaha kamu akan mendapatkan hak prioritas dalam layanan serta berbagai kesempatan dari GrabFood event, marketing, promo dll.
  • GrabFood menyediakan person in charge yang akan membantu meningkatkan kinerja Bisnismu.
  • Skema bagi hasil sesuai kesepakatan bersama

Status Terdaftar

Usaha kamu terdaftar di GrabFood sehingga memperoleh eksposure yang luas sesuai pengguna aplikasi Grab di kota kamu. Namun kekurangannya seiring waktu tidak adanya jaminan usaha kamu akan terus berada di aplikasi GrabFood. Sehingga dibandingkan dengan status “terdaftar”, status “partner” memang dirasa lebih menguntungkan.

Cara Mendaftar

Untuk menjadi bagian dari Merchant GrabFood, kamu bisa menuju laman Pendaftaran Merchant. Adapun data yang harus kamu isi yaitu :

  • Nama bisnis/restoran
  • Alamat bisnis/restoran serta nama Kota
  • Nama depan
  • Nama belakang
  • Nomor handphone
  • Alamat email
  • Jumlah pembeli setiap hari
  • Catatan atau pertanyaan

Siapkan juga dokumen-dokumen sebagai berikut :

  • Foto KTP yang masih berlaku. kamu bisa menggunakan resi sebagai pengganti KTP. KTP harus KTP asli tidak boleh fotokopi, KTP harus jelas terbaca, KTP tidak boleh diganti dengan SIM.
  • Foto Selfie kamu sambil memegang KTP. Pastikan wajah kamu dan KTP terlihat jelas dan tidak blur.
  • Foto NPWP asli tidak boleh fotokopi.
  • Daftar menu yang jelas dan lengkap. Pastikan harga yang akan ditampilkan di aplikasi Grab terlihat jelas.
  • Foto makanan sesuai dengan menu. Sertakan beberapa foto menu makanan agar menarik pelanggan untuk memesan.
  • Foto tampak luar restoran dengan nama resto kamu tertulis jelas di bagian depan.
  • Tampak dalam restoran. Pastikan terlihat meja kasir, meja makan atau dapur.
  • Logo restoran jika ada.
  • Foto buku tabungan atau tampilan e-banking dengan nomor rekening terlihat jelas.
  • Jika pemilik Tabungan atau Rekening berbeda dengan Penanggung Jawab Utama, kamu harus melampirkan Surat Kuasa, yang bisa di unduh di link : https://ufile.io/h5zd0

Setelah selesai diisi, silahkan klik tombol daftar. Selanjutnya kamu tinggal menunggu tim GrabFood menghubungi kamu melalui informasi kontak yang kamu daftarkan.

Proses Verifikasi

Setelah mendaftar, langkah selanjutnya adalah tim dari GrabFood akan melakukan proses verifikasi terhadap usaha kamu dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Verifikasi Email. kamu akan menerima email verifikasi dari tim GrabFood, dan diberikan waktu 72 jam untuk meng-klik tombol verifikasi. Lewat dari itu, kamu dianggap gagal verifikasi sehingga harus mengulang kembali ke langkah awal untuk mendaftar.
  2. Upload Informasi Toko. Setelah melakukan verifikasi email, kamu akan menerima email verifikasi berisikan data dan dokumen yang harus kamu lengkapi.
  3. Penkamutanganan Kontrak Grab. kamu akan mendapatkan email kontrak yang harus ditkamutangani lalu dikirimkan kembali ke pihak GrabFood.
  4. Email Verifikasi Outlet. kamu akan menerima email verifikasi outlet ke alamat email yang kamu daftarkan. Seperti sebelumnya, kamu diberikan waktu selama 72 jam untuk meng-klik tombol verifikasi . Gagal melakukan ini, kamu dipersilahkan menghubungi telesales GrabFood untuk mengulang kembali langkah yang diperlukan.
  5. Masuk Proses OVO. Bila verifikasi berhasil, kamu akan memasuki langkah masuk proses verifikasi oleh OVO.
  6. Verifikasi oleh OVO. Tim OVO akan menghubungi kamu untuk melakukan verifikasi seperti nama kamu, nama restoran kamu, serta alamat restoran kamu. Setelah semua data berhasil divalidasi, kamu akan mendapatkan notifikasi.
  7. Email Aktivasi dan training. Setelah itu, tim GrabFood akan mengirim email yang berisikan bahan training tentang cara berjualan menggunakan aplikasi GrabFood. Disertakan juga informasi mengenai tautan aplikasi GrabFood yang bisa kamu unduh, serta cara pengaktifan akun GrabFood Merchant kamu.

Setelah semua tahapan dilalui dengan baik, kamu sudah siap menjalankan usaha sebagai Merchant GrabFood. Berikan layanan sebaik mungkin agar penjualan kamu meningkat dan pelanggan memberikan feedback yang bagus atas produk dan layanan kamu.


Semakin mudah customers menjangkau kamu, maka usaha kamu akan semakin dikenal luas dan bisnis meningkat. Karenanya berbagai usaha patut dilakukan, termasuk bergabung dengan GrabFood sebagai Merchant. Sebagai pelaku usaha makanan dan minuman, bergabung dengan GrabFood merupakan langkah cerdas yang patut kamu pertimbangkan untuk UMKM Digital.

Comments to: Panduan Merchant GrabFood

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer