Nilai guna pemasaran digital sebagai persenjataan untuk pemilik usaha kecil kini jauh lebih penting dari sebelumnya. Ini bukan berita yang mengejutkan, mengingat selagi kamu membaca ini, lebih dari setengah populasi dunia sedang online. Itu berarti 3,8 miliar orang sekarang menjadi target audiens potensial untuk penawaran produl dari kampanye pemasaran bisnis yang sedang kamu jalankan.

Kelemahannya? Dengan lebih banyak informasi tersedia di internet, proses pelanggan mengambil keputusan pembelian menjadi lebih kompleks juga. Pembeli sekarang akan merujuk ke berbagai sumber, baik online maupun offline, untuk mengambil keputusan tentang produk atau layanan.

Itu sebabnya pemilik usaha kecil harus mahir dalam dasar-dasar pemasaran digital. Lengkapi perjalanan kewirausahaan kamu dengan pemahaman dasar-dasar pemasaran online. Memanfaatkan strategi saluran-saluran marketing yang tersedia akan membantu kamu menumbuhkan perusahaan dan pendapatan usaha, terlepas dari ukuran atau industri yang ditekuni.

3,8 miliar pasang mata sekarang sedang menatap layar kaca ponsel mereka…
ke arah sanalah kamu harus memasarkan bisnis

Saluran Pemasaran Digital Berbayar

Search Engine Marketing (SEM)

Setiap orang yang menggunakan internet tentu terbiasa dengan Google, mesin pencari yang paling banyak digunakan di planet ini. Bahkan mungkin situs pertama yang kamu buka saat mengenal internet. Pemasaran lewat mesin pencari pada dasarnya menempatkan iklan di halaman hasil pencarian; iklan ini biasanya muncul di tempat-tempat yang menonjol (seperti bagian atas atau samping) dibandingkan dengan hasil pencarian organik yang tidak dibayar.

Ini adalah bagian penting dari pemasaran digital, karena banyak orang melakukan pencarian di Google (atau mesin pencari lainnya) untuk menemukan sesuatu yang mereka butuhkan. Misalnya, pemilik UMKM yang mencari solusi pembiayaan mungkin akan mencari “pinjaman usaha kecil”. Jika kamu adalah perusahaan pemberi pinjaman, akan lebih bijaksana untuk memasang iklan pencarian berbayar—sehingga klien potensial dapat mengklik iklan kamu ketika muncul di hasil pencariannya, kunjungi situs web kamu, dan kemudian melakukan pembelian.

Iklan berbayar akan menempati posisi khusus di bagian atas atau bawah pencarian—yang pertama dan terakhir dibaca seseorang sebelum berpindah halaman.

Jika kamu ingin mulai melakukan pemasaran mesin pencari, kamu harus mulai dengan membuat akun bisnis di Google Ads. Proses dasarnya mengikuti langkah-langkah ini:

  • Lakukan riset pasar tentang kata kunci mana yang dicari oleh target pelanggan kamu
  • Tentukan kata kunci yang ingin kamu tawar
  • Buat iklan yang relevan dengan kata kunci tersebut
  • Tawaran untuk iklan kamu untuk peringkat untuk kata kunci yang dipilih
  • Optimalkan kinerja iklan kamu dengan memantau berapa banyak kamu membayar per tayangan, per klik, dan bahkan per konversi

Iklan Media Sosial

Komponen besar lainnya dari pemasaran online adalah media sosial. Hampir 80% pengguna internet saat ini adalah pengguna media sosial aktif. Ada banyak situs media sosial populer, tetapi kamu harus mulai dengan yang terbesar (Facebook), yang kebetulan juga memiliki saluran besar lainnya (Instagram). Pada awal tahun ini, Facebook memiliki 2,38 miliar pengguna aktif bulanan dan Instagram memiliki sekitar 1 miliar.

Ada beberapa jenis iklan yang dapat muncul di Facebook dan Instagram, Nmaun jenis yang utama adalah iklan yang muncul di feed atau wall pengguna. Feed adalah salah satu fitur platform media sosial yang paling sering dikunjungi, yang menjadikannya lokasi yang strategis untuk menempatkan iklan kamu. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa teknik pemasaran produk secara halus di media sosial dapat bekerja lebih baik—bagaimanapun, semua orang membenci iklan yang jelek dan mengganggu di feed mereka, sesuatu yang menjual tanpa menawarkan nilai tambah.

Contoh iklan yang muncul di umpan pengguna Facebook.

Langkah-langkah untuk mulai beriklan di Facebook sangat mirip dengan SEM, tetapi tentu saja kamu harus membuat akun di Pengelola Bisnis Facebook. Berita baiknya adalah kamu juga dapat beriklan di Instagram menggunakan platform iklan yang sama.

Jika kamu memiliki keterbatasan secara budget, yuk baca artikel-artikel kami yang mengulas ide-ide pemasaran kreatif yang berbudget rendah disini.

Opsi Pemasaran Digital Gratis

Tetapi tentu saja, tidak setiap bisnis kecil memiliki anggaran pemasaran digital untuk menjalankan iklan berbayar di Google atau Facebook. Dan dari pengalaman kami bekerja dengan pemilik UKM, kami tahu bahwa mengelola pengeluaran Bisnismu adalah salah satu kurva pembelajaran yang paling sulit bagi wirausahawan pemula.

Berita baiknya adalah, ada saluran pemasaran yang bisa kamu manfaatkan — sepenuhnya gratis. Seperti kata pepatah, kamu hanya perlu kerja keras, dan memiliki pemahaman menyeluruh tentang bagaimana target konsumen kamu berpikir dan bertindak.

Optimasi Mesin Pencarian (Search Engine Optimization; SEO)

Meski telah menetapkan pentingnya berada di peringkat teratas dalam hasil mesin pencari, tetapi SEM membutuhkan anggaran pemasaran.

Pertanyaannya adalah: apakah kamu selalu perlu membayar mesin pencari sehingga situs web kamu ditampilkan di atas? Apakah biaya kamu akan terus meningkat jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak pendapatan dari saluran ini?

Untungnya, jawabannya adalah tidak. Terdapat cara untuk membuat Bisnismu muncul sebagai hasil pencarian organik teratas … dan di situlah optimasi mesin pencari (SEO) masuk.

Sebagai pengantar yang paling penting: SEO terlihat mudah namun bisa menjadi amat rumit. Metriknya selalu berubah, karena algoritma mesin pencari selalu berubah. Meski begitu, prinsip dasarnya cukup sederhana.

Mesin pencari ingin memberikan hasil yang paling relevan dan kredibel kepada pengguna, jadi kamu perlu memastikan situs web kamu mengalahkan situs pesaing untuk kata kunci yang penting bagi pertumbuhan Bisnismu.

Menekankan Kata Kunci yang Relevan

Agar situs web kamu mendapat peringkat dalam hasil pencarian organik, kamu perlu memberikan konten yang paling relevan untuk kata kunci kepada mesin pencari dan pengguna. Misalnya, jika kamu ingin terdaftar di posisi teratas untuk pencarian “pembiayaan e commerce”, halaman kamu harus memberikan informasi tentang penawaran layanan kamu, dan menyebutkan kata kunci beberapa kali jika perlu.

Gagasan lain yang tak kalah penting adalah mempublikasikan artikel blog yang relevan: misalnya, membandingkan dan memberi peringkat opsi “pinjaman bagi online seller” terbaik yang tersedia di Indonesia, dan menjelaskan apa yang menjadikan kamu sebagai yang nomor satu.

Selain itu, kamu harus mempermudah mesin pencari untuk mengetahui bahwa kamu menawarkan konten yang relevan dengan meletakkan kata kunci di bagian yang tepat pada situs web kamu, seperti tag judul, slug, deskripsi meta, sub-judul dan lain-lain. Ini disebut sebagai SEO on-page (di dalam halaman).

Pengaturan SEO di dalam halaman:
Kata kunci akan muncul dalam judul artikel, slug URL, dan deskripsi

Tautan balik

Pertimbangan lain yang harus dibuat oleh pemilik usaha kecil untuk strategi pemasaran digital mereka adalah SEO di luar halaman atau situs yang kamu kelola. Ini membantu memvalidasi kredibilitas situs web kamu, dengan membuat situs kredibel lainnya “merekomendasikan” situs web kamu dalam bentuk tautan balik.

Mari kita ambil contoh “kartu kredit digital usaha” kami: kamu memiliki peluang lebih tinggi untuk muncul di atas hasil pencarian organik jika ada banyak platform media berita atau situs ulasan (dengan otoritas yang baik) memasang tautan di situs web mereka ke situs kamu.

Media sosial

Tentu saja, iklan media sosial berbayar bermanfaat, tetapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengarahkan lalu lintas ke Bisnismu tanpa merusak bank. Membuat halaman Facebook atau Instagram untuk bisnis kecil kamu sepenuhnya gratis, dan dapat menjadi titik sentuh pelanggan yang penting untuk memperkenalkan, mempublikasikan, dan memposting pembaruan tentang produk atau layanan yang kamu pemasaran secara online.

Kampanye pemasaran media sosial cocok sekali dengan penawaran bagi konsumen akhir B2C (business-to-consumer) yang dapat diperkenalkan dengan cara yang menyenangkan, menarik, dan tak terduga. Menyelipkan selera humor adalah teman terbaik kamu dalam membuat konten yang disajikan dapat terasa personal, dan mengubah pengunjung menjadi pengikut (follower), dan akhirnya menjadi pelanggan yang membayar.

Untuk perusahaan B2B, media sosial dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan sentuhan pribadi dan gambaran ke dalam keseharian Bisnismu — misalnya, dengan memperkenalkan anggota tim kamu, atau membagian cerita kilasan bagaimana hari-hari dilalui bekerja di perusahaan kamu dan memupuk koneksi antar manusia yang tidak terpisahkan dari hubungan bisnis-ke-bisnis.

Keindahan pemasaran digital adalah bahwa ini merupakan jalan bebas dan kasual untuk menumbuhkan kepercayaan, kredibilitas, dan kehadiran utama untuk bisnis kecil.

Awali Kampanye kamu

Namun secara realistis, tidak semua UKM mampu mencurahkan waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk SEO atau media sosial; kamu mungkin tidak memiliki keahlian atau tenaga kerja saat ini untuk menyewa spesialis pemasaran konten. Sementara SEM dan iklan media sosial adalah jalan pintas untuk membuat bisnis kecil kamu di depan pelanggan potensial melalui saluran pemasaran digital, itu hanya jika kamu memiliki anggaran untuk mendanainya.

Tentu saja, kami hanya membahas beberapa saluran dasar pemasaran digital. Masih ada iklan bergambar, pemasaran via email, pemasaran melalui influencer.… daftarnya terus berlanjut! Namun, menguasai dasar-dasar ini seharusnya cukup untuk memulai kampanye pemasaran digital, dan menjadikannya titik awal dalam perjalanan bisnis kecil kamu.

Comments to: Panduan Dasar Pemasaran Digital bagi Pemilik Bisnis Kecil

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer