Apa yang pertama kali anda pikirkan ketika anda akan membangun suatu perusahaan?

Anda mungkin memikirkan apa nama perusahaan yang belum dimiliki orang lain, kemudian anda mulai memikirkan garis besar pekerjaan atau penawaran seperti apa yang akan ditawarkan oleh perusahaan anda kepada pasar, dan dimana lokasi anda akan mendirikan perusahaan anda.

Beberapa hal tersebut perlu anda penuhi, yang kemudian anda bisa mulai membangun perusahaan anda. Bagaimana dan apa saja yang harus dipersiapkan apabila anda akan mendirikan perusahaan? Berikut penjelasan nya

Syarat Pendirian Perusahaan

  • Membuat Nama Perusahaan

Pemilihan nama perusahaan adalah tahapan paling awal yang anda harus persiapkan sebelum anda benar-benar mengurus berkas lain nya. Anda bisa membuat nama perusahaan dengan menggunakan nama anda sendiri, nama keluarga, atau bahkan nama lain yang menurut anda popular dan sesuai dengan penawaran atau pekerjaan yang dikerjakan oleh perusahaan anda.

  • Menentukan Alamat Pusat Perusahaan

Alamat perusahaan juga harus anda pertimbangkan sejak awal, karena hal inilah yang akan menentukan dimana perizinan perusahaan utama anda akan tercatat. Contohnya saja, jika anda ingin mendirikan usaha dengan alamat domisili Kota Bogor, maka anda akan mengurus segala perizinannya di Kota Bogor.

  • Penentuan Bidang Usaha Perusahaan

Bukan berarti mendirikan satu perusahaan maka anda dapat menggunakan izin perusahaan tersebut untuk menjual atau menawarkan jasa dalam segala bidang. Setiap anda membuat perusahaan, anda akan diminta memilih pada bidang apa saja perusahaan anda akan bergerak. Tidak mungkin anda menyampaikan bidang usaha perikanan tetapi perusahaan anda menjual beton. Hal tersebut sangat jauh dan tidak saling berhubungan, ada kemungkinan anda akan bermasalah saat proses audit atau akreditasi apabila perusahaan anda menjalankan bisnis di luar bidang usaha yang telah ditentukan di awal

  • Permodalan

Memastikan berapa modal yang masuk dan siapa yang berkewenangan dalam membuat keputusan. Dalam hal pendirian perusahaan, pemilik perusahaan harus menyetorkan dana minimal 50 juta sebagai modal dasar dan 25% dari modal dasar untuk disetorkan. Modal dasar ini tidak mengendap dan dapat dipergunakan untuk menjalankan operasional perusahaan. Modal dasar yang dimaksudkan untuk dicatat juga tidak harus selalu menggunakan uang, anda bisa menjadikan suatu aset sebagai modal dasar yang senilai dengan ketentuan undang-undang. Misalnya anda memiliki laptop dan tanah, maka aset tersebut dapat digunakan sebagai modal dasar dengan memperhitungkan nilai real dari aset tersebut

  • Pengurus Perusahaan

Siapa pemilik perusahaan ini dan siapa pemegang saham atau pemodal pada bisnis ini harus ditentukan sejak awal. Hal ini berkaitan dengan pengambilan keputusan atas segala aktivitas yang terjadi di perusahaan. Apabila perusahaan menentukan pimpinan nya adalah direktur dan jumlah direktur lebih dari satu orang, maka salah satunya akan menjadi direktur utama, berlaku hal yang sama terhadap komisaris

Ketika perusahaan menjalankan aktivitas nya, yang berhak mengambil keputusan, menandatangani dokumen dan menjalankan aktivitas perusahaan sehari-hari adalah direktur. Komisaris tidak berhak mencampuri perkara teknis dalam perusahaan, komisaris bertugas mengawasi dan memberikan masukan ke direktur

Proses Mendaftarkan Badan Usaha

Kemudian jika elemen – elemen diatas sudah terpenuhi oleh bakal perusahaan anda, anda sudah bisa mendaftarkan perusahaan anda, cara mendaftarkan Badan Usaha adalah sebagai berikut:

  • Akta Pendirian Notaris

Akta perusahaan bisa anda buat melalui Notaris. Pada saat penandatangan Akta Pendirian Perusahaan, Notaris juga akan meminta beberapa dokumen-dokumen pernyataan diantaranya penggunaan nama PT, alamat lengkap PT, penyetoran modal dan dokumen-dokumen lainnya.

  • Pengesahan SK PT dari Kementerian

Setelah Akta Pendirian Perusahaan telah dibuat, Notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum atas perusahaan kepada Menteri Hukum dan HAM.

Lalu Menteri akan mengeluarkan Surat Keputusan pengesahan badan hukum perusahaan, sehingga perusahaan tersebut telah muncul sebagai badan hukum yang diakui oleh Negara

  • Domisili Perusahaan

Tentukan dimana perusahaan anda akan berdomisili dan berpusat. Anda akan membutuhkan surat keterangan domisili yang dibuat oleh kelurahan tempat perusahaan anda beroperasi. Surat izin domisili ini berlaku selama 1 tahun dan harus kembali diperbaharui pada tahun berikutnya.

  • NPWP Perusahaan

Nomor Pemegang Wajib Pajak bisa anda proses melalui kantor pajak pada tingkat kota atau kabupaten tempat perusahaan anda berdiri. Nomor ini akan dipergunakan sebagai tanda pengenal dalam penyelesaian segala sesuatu yang berhubungan dengan perpajakan.

  • Pengurusan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan dan Jasa)

SIUP adalah surat izin untuk bisa melaksanakan usaha perdagangan dan jasa, dimana bidang-bidang usaha perdagangan dan jasa yang bisa dipilih ditentukan oleh masing-masing pemerintah daerah.

  • Pengurusan TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

TDP memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang. TDP wajib dibuat pada skala kantor pusat dan juga kantor cabang. Untuk kantor cabang, perlu dilampirkan juga akta cabang dan surat kuasa direksi kepada kepala cabang.

Instrumen Pelengkap dalam Mendaftarkan Perusahaan

  • Rekening Bisnis

Rekening bisnis menjadi salah satu instrumen yang perlu untuk dipersiapkan ketika perusahaan anda telah memiliki seluruh perizinan. Rekening ini akan membantu anda dalam melakukan transaksi dengan buyer ataupun supplier

  • Sertifikat BPJS Ketenagakerjaan

Setiap perusahaan yang baru saja berdiri diwajibkan untuk membuat Sertifikat BPJS Ketenagakerjaan dengan melampirkan berkas berkas karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Sertifikat tersebut kemudian dilampirkan di permohonan SIUP dan TDP di Walikota Jakarta Selatan

Penolakan Pendirian Perusahaan

Apa saja yang menyebabkan pendirian perusahaan anda tidak bisa berjalan dengan lancar? Pertimbangkan hal dibawah ini sebelum terlambat.

  • Jenis Usaha dan Perizinan Usaha

Anda perlu memperhatikan apakah jenis usaha yang sedang anda jalankan dapat dibuatkan perizinan usaha yang sama atau tidak, karena kesalahan dalam penentuan nya akan memperlambat proses pembuatan perusahaan anda. Contoh nya pada jenis usaha pariwisata tidak dapat disatukan izin nya dengan jenis usaha dagang, anda harus membuat izin usaha yang berbeda pada jenis usaha tersebut

  • Kesalahan Pada Domisili Perusahaan

Penentuan domisili perusahaan juga akan menimbulkan masalah dan hambatan dalam pendirian perusahaan jika terdapat kesalahan. Anda harus memperhatikan bahwa badan usaha anda diperbolehkan untuk berdiri pada domisili tempat perusahaan anda akan didirikan

  • Penentuan Bidang Usaha

Tentukan bidang usaha anda secara jelas, anda juga harus membuat PT PMA atau penanaman modal asing apabila perusahaan anda mendapatkan support dana dari warga negara asing

Pendirian perusahaan mungkin memiliki banyak sekali syarat dan kemungkinan untuk melakukan kesalahan dalam proses nya, namun dengan mengetahui setiap detail dan tahapan pendirian nya akan dapat membantu anda meminimalisir segala kekurangan dan kesalahan dalam pendirian perusahaan. Temukan notaris yang tepat juga akan membantu anda untuk tidak membuat kesalahan dalam segala tahap, karena notaris dapat membantu anda mengetahui apa yang harus anda persiapkan dan tidak. Hal yang terpenting adalah perusahaan apapun yang akan anda dirikan haruslah taat pada hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia agar tidak terjadi masalah di kemudian hari

Comments to: Panduan Pendirian Perusahaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer