Instagram merupakan media sosial berbasis visual yang paling banyak diminati saat ini dengan tidak memandang batasan usia serta jenis kelamin. Platform ini memiliki ratusan juta pengguna aktif setiap harinya yang menghabiskan banyak waktu melihat-lihat konten foto maupun video.

Pengguna Instagram juga dapat membagikan konten lewat Instagram post atau berbagi keseharian mereka melalui Instagram story dalam bentuk foto, video singkat, maupun boomerang. Selain itu, Instagram juga telah memungkinkan pengguna untuk membagikan konten video dengan durasi yang cukup panjang melalui IGTV.

Melihat banyaknya aktivitas di Instagram dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, platform yang satu ini tentu merupakan tempat yang tepat untuk membuat bisnis Anda lebih dikenal secara luas. Jutaan pelaku bisnis mulai dari toko online kecil hingga brand bisnis besar telah menjangkau pelanggan dan calon pelanggan melalui Instagram dengan menggunakan Instagram Business Profile.

Apa itu Instagram Business Profile?

Instagram Business Profile adalah akun Instagram yang dapat dioptimalkan untuk kepentingan bisnis dan professional. Dengan Business Profile Anda akan memiliki akses untuk mengetahui bagaimana kiriman Anda berdampak bagi pengguna Instagram lainnya.

Keunggulan Instagram Business Profile

  • Tidak perlu mendownload aplikasi yang berbeda

JIka untuk memanfaatkan fitur-fitur bisnis yang ada di WhatsApp dan Line@ pengguna harus mendownload aplikasi yang berbeda, hal ini tidak sama dengan Instagram bisnis. Di Instagram pengguna cukup mengubah akunnya menjadi Business Profile untuk dapat memanfaatkan fitur-fitur untuk keperluan bisnisnya.

  • Dapat memberikan informasi kategori bisnis Anda

Bagian pertama yang langsung mencolok ketika sebuah Business Profile dibuka adalah terdapatnya ketegori bisnis tepat di bawah nama. Hal ini akan memberi tahu pengunjung bahwa Anda merupakan seorang professional maupun pelaku bisnis.

  • Informasi mengenai kinerja konten

Instagram Business memungkinkan Anda untuk mengetahui kinerja postingan dengan menampilkan data-data seperti jumlah kiriman, jumlah tayang, jangkauan konten, bahkan jumlah klik pada website, email, nomor telepon dan lain-lain.

Dengan informasi ini Anda dapat melihat postingan mana yang mendapat paling banyak perhatian dari calon pelanggan.

Perbedaan Dengan Akun Pribadi

Instagram Business Profile memiliki beberapa fitur yang tentunya tidak dimiliki akun personal biasa. Fitur-fitur ini biasa disebut dengan Business Tool Kit yang terdiri dari

  • Profil bisnis

Pada Instagram Business Profile Anda dapat melengkapi bagian profil bisnis dengan mencantumkan alamat, nomor kontak, website, hingga jam kerja. Selain itu terdapat pula kategori bisnis yang membuat akun Anda semakin terlihat profesional. Akun yang terlihat profesional akan menimbulkan kesan positif dan rasa percaya dari calon pelanggan sehingga memicu mereka untuk melihat-lihat dan bertransaksi. Kelengkapan informasi kontak juga akan mempermudah karyawan untuk langsung melakukan transaksi.

  • Insight

Insight adalah fitur yang paling membedakan Instagram business dengan akun pribadi. Pada fitur ini terdapat tiga tap berupa statistik yaitu Activity, Content, dan Audience.

Pada tab Activity, Anda akan melihat data-data mengenai interaksi akun Anda seperti jumlah kunjungan profil, klik terhadap website yang tercantum, dan sebagainya. Anda juga akan diperlihatkan jangkauan konten seperti jumlah akun yang terjangkau serta jumlah tayangan dari konten yang diunggah.

Selanjutnya, pada tab Content, Anda akan diberikan data-data terkait penyebaran konten yang Anda buat. Hal ini meliputi jangkauannya, kesan serta interaksi yang dihasilkan seperti jumlah komentar, likes serta siapa saja yang melihat Story milik Anda.

Terakhir ada tap Audience yang memungkinkan Anda untuk mengetahui statistik pengikut akun bisnis Anda. Statistik ini meliputi domisili, jenis kelamin, usia. Anda juga akan mengetahui kapan waktu aktif rata-rata para followers Anda sehingga akan memudahkan Anda untuk mempublikasikan konten.

  • Promosi

Promosi merupakan salah satu fitur yang juga krusial bagi pemilik bisnis yang melakukan pemasaran di Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat postingan Anda mengjangkau lebih banyak orang dengan cara melakukan pembayaran kepada pihak Instagram.

Instagram Business Profile, Apakah Berbayar?

Mengubah akun Instagram menjadi profesional bisnis akun tidak dikenai biaya apapun, kecuali jika Anda ingin mempromosikan postingan Anda.

Cara Mengubah Akun Instagram Menjadi Business Profile

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, untuk mendapatkan profesional bisnis akun di instagram tidak harus memakai aplikasi atau membuat akun baru. Anda bisa menggunakan akun pribadi atau akun khusus di luar akun pribadi untuk diubah menjadi akun profesinal bisnis.

Caranya:

  1. Pilih “Settings” pada tanda garis tiga di pojok kanan halaman profile lalu pilih “Account”.
  2. Di bagian paling bawah ada tulisan “Switch to Professional Account” yang jika diketuk akan menampilkan dua pilihan yaitu “Creator” dan “Business”. Pilih Business untuk mendapatkan Instagram Business Tool.
  3. Kemudian Anda akan diminta memilih kategori yang mewakili bisnis atau usaha Anda.
  4. Lalu, Anda akan diminta untuk memeriksa kembali dan menambahkan info kontak.
  5. Selanjutnya Anda bisa menghubungkannya dengan halaman Facebook Page jika ada.
  6. Jika tidak, Anda hanya perlu mengetuk “Don’t connect now” dan secara otomatis akun Anda telah dilengkapi Business Tools khas Instagram Business Profile.

Cara Mendapatkan Centang Biru (Verified Account)

Akun yang memiliki tanda verifikasi tentu saja lebih meyakinkan bagi calon pelanggan yang mengunjungi profile bisnis Anda. Untuk mendapatkan centang biru ini sebuah akun harus mendaftar terlebih dahulu di bagian Settings – Account – Request Verification. Anda akan diminta mengisi kelengkapan data serta mengirimkan foto dokumen asli yang memuat nama dan tanggal lahir. Meski demikian, tidak ada jaminan akun tersebut akan otomatis mendapat centang biru. Tim Instagram akan meneliti terlebih dahulu apakah akun Anda layak untuk mendapat tanda verifikasi tersebut atau tidak.

Tips Mengelola Akun Bisnis Instagram

Setelah mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis, hal yang perlu Anda lakukan adalah menyusun strategi pemasaran digital. Anda harus menentukan kapan dan berapa konten yang harus Anda bagikan setiap harinya. Apa yang harus dibagikan serta dengan memanfaatkan fitur yang mana pun perlu untuk Anda pertimbangkan.

Sebagaimana kita ketahui, untuk berbagi konten di Instagram tidak hanya dengan foto atau video di feed namun juga story dan IGTV. Pastikan Anda menggunaka semua fitur tersebut secara berkala. Semakin seimbang dan teratur semua postingan dan konten Anda, maka akan semakin baik.

Setelah Anda memiliki konten dan kiriman yang telah dibagikan, jangan lupa untuk selalu mengamati dan melakukan evaluasi berdasarkan data yang ada di fitur Insight. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur promosi jika memiliki budget khusus untuk pemasaran digital.

Comments to: Panduan Profil Akun Instagram Bisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer