Platform komunikasi WhatsApp merilis aplikasi baru yang menyasar pengguna dari kalangan pebisnis yaitu WhatsApp Business. Aplikasi ini akan sangat cocok digunakan oleh pelaku bisnis online, seperti merchant atau UMKM Digital yang ingin lebih praktis dan efisien dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Apa itu WhatsApp Business?

Merupakan aplikasi WhatsApp yang dikhususkan untuk pelaku bisnis yang akan membuat interaksi Anda dan pelanggan menjadi lebih mudah. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengautomasi, menyortir, serta membalas pesan dengan cepat dan efisien.

Kelebihan dan Manfaat

Kelebihan dan manfaat WhatsApp Business terletak pada fitur-fitur yang tersedia di dalamnya, seperti:

  • Profil bisnis yang memungkinkan pengguna mencantumkan informasi penting seperti alamat, email, maupun situs web perusahaan.
  • Statistik yang dapat memberi informasi lengkap berapa banyak pesan yang dikirim, disampaikan dan dibaca.
  • Fitur perpesanan untuk memberi respon kepada pelanggan dengan cepat.

Dengan menggunakan Whatsapp Business, Anda akan lebih mudah bertindak sebagai pelaku bisnis dengan akses yang memungkinkan anda menyebarkan informasi serta melihat statistik pencapaiannya. Selain itu, terdapat fitur pesan automatis yang akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi serta melakukan transaksi dengan pelanggan.

Perbedaan dengan WhatsApp Messenger

Meskipun aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pebisnis skala kecil dan menengah, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger yang lebih umum digunakan.

Logo Aplikasi

Hal pertama yang membedakan Whatsapp Business dengan Whatsapp Messenger adalah dari segi logo. WhatsApp Messenger yang biasa digunakan memiliki logo gagang telfon dengan latar belakang hijau, sementara WhatsApp Business menggunakan huruf kapital “B”.

Profil

Di halaman profil WhatsApp Messenger hanya berisi nama, informasi singkat serta nomor telepon pengguna. Pada WhatsApp Business bagian profil dibuat lebih lengkap dengan mencantumkan nama perusahaaan, alamat, kategori bisnis, nomor telfon, email dan website perusahaan hingga jam operasional.

Fitur pesan otomatis

WhatsApp Business memiliki tiga fitur pesan otomatis yang tentu saja tidak terdapat pada WhatsApp Messenger:

  • Away Message adalah fitur yang memungkinkan akun untuk mengirim pesan otomatis jika ada pesan masuk di luar jam operasional.
  • Getting Message merupakan fitur pesan otomatis yang akan terkirim jika ada pelanggan baru yang menghubungi akun WhatsApp Business. Fitur ini juga memungkinkan pemilik untuk menawarkan produk baru secara menyeluruh kepada para pelanggan.
  • Quick Replies memungkinkan pengguna untuk membalas pesan yang berisi pertanyaan yang sama secara cepat. Pengguna hanya perlu mengetikkan garis miring “/”, maka akan pesan yang dibuat sebelumnya akan muncul.

Statistik pesan

Pada WhatsApp Messenger, pengguna dapat menonaktifkan informasi apakah pesan sudah dibaca atau tidak. Sementara pengguna WhatsApp Business dapat melihat statistik pesan yang telah mereka kirim dan terima, serta apakah pesan tersebut dibaca atau tidak oleh pelanggan yang menerima. Hal ini tentu dapat menjadi bahan evaluasi serta pertimbangan apakah pesan yang Anda kirim efektif atau tidak dalam mengembangkan bisnis.

Verifikasi Bisnis

Sama seperti official account pada platform media sosial, WhatsApp Business juga memiliki tanda khusus yang menandakan sebuah akun bisnis telah terverifikasi. Jika Twitter dan Instagram memberi tanda centang biru pada akun yang sudah diverifikasi, maka WhatsApp Business memberi tanda centang hijau. Hal ini tentu saja tidak terdapat pada WhatsApp Messanger.

Penggelompokan pesan dengan menggunakan “label”

Fitur lain pada WhatsApp Business yang tidak dimiliki WhatsApp Messenger adalah pengelompokan pesan. Dengan adanya pengelompokan pesan ini pengguna yang merupakan pelaku bisnis diharapkan dapat termudahkan dalam hal mengelola pesan masuk dan keluar sehingga komunikasi bisa lebih efisien.

Cara Mendaftar WhatsApp Business

Jika Anda adalah pelaku bisnis online baik sebagai seller, merchant, UMKM berbasis digital, WhatsApp Business bisa Anda unduh dengan gratis di Google Play Store maupun App Store. Proses registrasi pada WhatsApp Business pun tidak jauh berbeda dengan WhatsApp Messenger.

Pertama Anda akan diminta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku yang kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran serta verifikasi nomor ponsel melalui SMS.

Perlu Anda ketahui, nomor ponsel yang Anda gunakan untuk WhatsApp Messenger tidak lagi dapat digunakan untuk WhatsApp Business. Jika Anda memasukkan nomer ponsel yang sudah terdaftar untuk akun WhatsApp Messenger, Anda akan diberi dua pilihan yaitu mengganti akun WhatsApp Messenger Anda menjadi WhatsApp Business atau mengganti nomor ponsel yang akan didaftarkan.

Selanjutnya, halaman lengkap profil dapat Anda isi dengan cara yang sama dengan mengubah profil di WhatsApp Messanger. Pilih titik tiga di halaman utama, lalu pilih Settings, selanjutnya pilih Business Settings.

Pada halaman Business Settings ini, Anda dapat melengkapi profil usaha Anda di bagian Business Profile. Anda bisa menambah atau mengubah foto profil, nama akun, alamat bisnis, kategori layanan, deskripsi, jam kerja, hingga website bisnis/usaha.

Anda juga bisa menambahkan katalog produk atau layanan yang Anda tawarkan di bagian Catalogue. Untuk mengetahui data mengenai pengiriman dan penerimaan pesan, Anda bisa melihatnya di bagian Statistic. Jika dibutuhkan, juga tersedia Short link yang bisa dengan mudah Anda bagikan untuk mempermudah pelanggan atau calon pelanggan menghubungi Anda.

Tahap berikutnya, Anda dapat mengisi pesan otomatis di bagian perpesanan yang terdiri dari Away Message, Greeting Message, maupun Quick Replies.

Cara Mendapatkan Centang Hijau

Seperti yang sebelumnya disebutkan, WhatsApp memberi tanda bagi akun bisnis terverifikasi yaitu dengan lencana centang hijau. Untuk mendapatkan lencana centang hijau ini, WhatsApp hanya menyebutkan dua kriteria yaitu harus terpercaya dan harus dikenal luas oleh masyarakat. Hanya saja, tidak disebutkan penjelasan lebih jauh mengenai dua kriteria tersebut sehingga untuk saat ini, verifikasi akun WhatsApp masih belum tersedia melalui permintaan pemilik bisnis.

Tips Mengelola akun WhatsApp

WhatsApp Business menyediakan beragam fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah komunikasi dan promosi yang berhubungan dengan bisnis Anda. Untuk itu, Adan disarankan untuk mengoptimalkan pemanfaatan fitur-fitur tersebut seperti mengisi dengan benar isian pada bagian Business Profile.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengisi fitur perpesanan sehingga dapat efisien penggunaannya dalam merespon setiap pesan yang masuk.

Sejak awal bulan ini, WhatsApp juga meluncurkan fitur catalogue yang memungkinkan Anda untuk menampilkan produk dan layanan bisnis Anda. Karena itu, pastikan Anda juga memanfaat fitur ini dengan baik.

Selanjutnya, dalam berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp Business, Anda juga bisa lebih ekspresif dalam menjelaskan detail produk atau layanan dengan menggunakan berbagai media seperti pesan suara, video, pdf, dan lain-lain.

Terakhir, kunci dari kesuksesan bisnis Anda secara online adalah promosi. Jangan lupa membagikan profile WhatsApp Business Anda di berbagai platform akun media sosial Anda.

Sementara untuk mempromosikan produk atau layanan, Anda dapat membagikannya melalui status. Meski tidak sepopuler fitur Instagram Story, jumlah pengguna WhatsApp yang melihat status kontak mereka semakin meningkat. Jadi, jangan sia-siakan peluang ini ya!

Comments to: Panduan Whatsapp Business untuk Berbagai Usaha

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer