Dalam mengatur keuangan sebagai pebisnis atau pemilik usaha, diperlukan tabungan khusus yang tentunya harus terpisah dari tabungan pribadi. Fungsi utama rekening bisnis atau rekening usaha ini tentu saja untuk memperjelas aliran dana pemasukan dan pengeluaran untuk keperluan bisnis atau usaha. Selain itu adanya tabungan bisnis atau tabungan usaha ini biasanya juga disertai fitur-fitur khusus yang tidak disediakan pada tabungan biasa.

Untuk menemukan tabungan bisnis yang tepat tentu saja Anda harus memperhatikan fitur-fitur yang disediakan serta menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Beberapa bank di Indonesia yang menyediakan jenis tabungan bisnis dengan fitur serta biaya yang berbeda-beda. Sebut saja bank-bank besar seperti Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.

Apa yang Membuat Alumak Lebih Unggul?

  • Proses 100% Online

Saat membuka rekening Alumak, tidak ada kertas-kertas yang perlu kamu kumpulkan. Sepenuhnya proses pembukaan akun dapat kamu lakukan lewat ponsel di genggaman tangan. Dalam 2 menit registrasi dapat kamu selesaikan, dan kami akan beri kabar keberhasilkan pembukkan rekening kurun 1 hari kerja setelahnya.

  • Buka Rekening Serba Gratis

Tidak ada setoran minimal yang diwajibkan, ataupun dana deposit mengendap minimal setiap bulan. Gunakan semau yang kamu mau.

  • Bonus Transaksi Antar Bank hingga 100 x

Ingin mencoba terlebih dahulu? tidak masalah. 100x bonus gratis transaksi untuk kamu. Bagaimana jika bonus ini habis? Kamu bisa memperpanjangnya dengan mengundang teman ikut memakai rekening bisnis Alumak. Tentu saja, bila kamu senang!

  • Anti Ribet, Dirancang untuk Pebisnis

Tidak perlu lagi direpotkan untuk mengirim bukti transaksi kepada rekenan bisnis. Cukup masukkan email dan nomor ponsel penerima, Alumak secara otomatis kirimkan bukti transaksi kepada mereka.

  • Fungsi Akuntasi dan Multiakses

Kategorikan otomatis transaksi yang berlangsung agar memudahkan analisis performa arus kas bisnis nantinya di akhir bulan. Lampirkan pula foto bill atau receipt sebagai bukti dengan setiap transaksi. Dan, bagikan akses kepada tim Admin atau Akuntan kamu untuk mengurus pembukuan tanpa harus khawatir akan keamanan sebab kamu dapat mengatur batasan yang dapat mereka akses nanti.

  • Terhubung dengan Kredit secara Otomatis

Semakin sering kamu menggunakan Alumak, secara otomatis setelah 3 bulan penggunaan maka kami akan menilai kelayakan usaha kamu untuk mendapatkan fasilitas pinjaman nantinya. Saat ini Alumak belum dapat menyalurkan pinjaman kembali, kamu akan peroleh lini kreditmu segera!

Lalu bagaimana dengan rincian yang ditawarkan bank-bank besar lainnya?

Tabungan Mandiri Bisnis

Bank Mandiri memiliki produk tabungan bisnis atau tabungan usaha yang disebut Tabungan Mandiri Bisnis. Keunggulan utama dari menabung di Tabungan Mandiri Bisnis ini adalah kantor cabang yang tersedia hampir di semua kota di Indonesia. Hal ini tentunya sangat layak dipertimbangkan oleh nasabah yang bisnisnya memiliki mobilitas tinggi serta mencakup aktifitas di luar kota.

Fasilitas yang disediakan Tabungan Mandiri Bisnis antara lain:

  • Tersedia dalam Rupiah dan Dollar

Fasilitas ini akan mempermudahnasabah dengan bisnis skala internasional yang kerap melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang dollar.

  • Kemudahan akses

Nasabah tabungan bisnis dari BankMandiri dapat melakukan transaksi dengan menggunakan internet banking, mobile banking maupun SMS banking. Selain itu, penarikan tunai juga dapat dilakukan di seluruh ATM berlogo Bank Mandiri, Link, ATM Bersama, Prima dan Plus (untuk luar negeri).

  • Buku tabungan dengan rincian transaksi

Fasilitas ini memungkinkan nasabah untuk mengetahui semua transaksi bisnis yang dilakukan sehingga terhindar dari kehilangan uang yang tidak terlacak.

Untuk membuka rekening bisnis di Tabungan Mandiri Bisnis dikenakan setoran awal sebesar Rp1.000.000. Selain itu, Tabungan Mandiri Bisnis juga menetapkan minimum saldo yaitu Rp10.000.000 per bulan yang jika kurang maka akan dikenakan biaya administrasi Rp25.000.

BNI Taplus Bisnis

Merupakan produk tabungan bisnis dari BNI yang peruntukkan bagi perorangan maupun badan usaha yang dilengkapi dengan fitur dan fasilitas yang memberikan kemudahan serta fleksibilitas untuk mendukung transaksi bisnis.

Berikut adalah fitur dan fasilitas BNI Taplus Bisnis:

  1. Kartu Debit BNI Gold atau Kartu Debit BNI Platinum dengan limit yang tinggi
  2. Dapat diafiliasikan dengan kartu debit BNI Co-Brand komunitas bisnis tertentu
  3. Buku tabungan dengan rincian transaksi yang lengkap
  4. Info cash flow setiap akhir bulan
  5. Fasilitas notifikasi transaksi melalui SMS
  6. Fasilitas Automatic Transfer System Online (ATS Online)/Sweep Account
  7. Otomatis akses e-banking seperti BNI ATM, SMS Banking, Internet Banking, Phone Banking.

Setoran awal untuk pembukaan rekening BNI Taplus Bisnis adalah Rp1.000.000 dengan saldo rata-rata minimum yang juga Rp1.000.000 setiap bulan. Biaya administrasi bulanan untuk rekening bisnis ini adalah Rp10.000 jika saldo berada di atas saldo rata-rata minimum dan Rp20.000 jika kurang dari nilai tersebut.

BritAma Bisnis BRI

Tabungan BRI BritAma menawarkan keleluasaan lebih dalam bertransaksi bisnis dengan kejelasan dalam pencatatan. Fitur-fitur utama dari BritAma Bisnis adalah:

Fitur-fitur utama dari BritAma Bisnis adalah:

  1. Aksesibilitas kartu ATM/Debit BRI di seluruh jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard di dalam maupun luar negeri.
  2. Pencatatan transaksi yang lebih detail
  3. Bundling SMS Notifikasi serta fasilitas e-banking BRI (SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dll)
  4. Limit transaksi mencapai 1 Milyar
  5. Gratis asuransi kecelakaan diri. Setiap nasabah dengan saldo minimal Rp500.000 berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan maksimal 250% dari saldo terakhir, atau maksimum sebesar Rp150.000.000.

Selian itu BritAma Bisnis BRI juga menyediakan fasilitas transaksi otomatis yang meliputi:

Automatic Fund Transfer (AFT)

Memungkinkan nasabah untuk mentransfer dana dari tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal yang sudah ditentukan oleh nasabah.

Account Sweep

Memungkinkan nasabah untuk mentransfer dana dari tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah diatur sesuai batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan oleh nasabah.

Automatic Grab Fund (AGF)

Fasilitas untuk menarik dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman bank.

Biaya administrasi GRATIS bagi nasabah dengan rata-rata saldo rekening di atas Rp5.000.000, sementara jika saldo sama atau di bawah Rp5.000.000 akan dikenakan biaya Rp.50.000.

Tahapan BCA Gold

Tahapan Gold merupakan tabungan bisnis yang diperuntukkan bagi nasabah bisnis dengan saldo rata-rata di atas Rp10.000.000 per bulan. Berbagai fitur di dalam tabungan ini akan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi bisnis sehingga meningkatkan kelancaran usaha mereka. Selain menawarkan kepraktisan, Tahapan Gold BCA juga diklaim aman dengan pelayanan yang terlindungi.

Berikut adalah keunggulan utama dari Tahapan Gold:

  • Detail setiap transaksi rekening

Pengguna Tahapan Gold BCA akan mendapatkan informasi lebih rinci mengenai mutasi rekening seperti nominal transaksi dan saldo, nama pengirim/penerima, serta informasi pembayaran dan berita.

  • Info via SMS atau email

Pengguna dapat mengaktifkan layanan informasi transaksi melalui SMS atau Email yang notifikasinya dapat disesuaikan dengan
kebutuhan.

  • Automatic Transfer System (ATS) Online

Merupakan fitur khusus yang memungkinkan nasabah untuk menghubungkan rekening Giro dengan Tahapan Gold. Fitur ini akan mempermudahkan transaksi pada Giro yang apabila dananya tidak
cukup, akan otomatis mengambil dana dari Tahapan Gold.

  • Layanan Appointee

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memiliki dua orang wakil yang dipercaya untuk melakukan transaksi.

  • Tidak memerlukan penggantian nomor rekening jika buku tabungan hilang.

Setoran awal untuk pembukaan tabungan bisnis Tahapan Gold BCA adalah minimal Rp10.000.000 dengan saldo ditahan sebesar Rp50.000. Biaya administrasi per bulan untuk rekening bisnis Tahapan Gold adalah senilai Rp17.000, dengan biaya tambahan Rp25.000 per bulan jika saldo berada di bawah Rp10.000.000.

Setiap tabungan bisnis di atas tentunya memiliki kelebihan dan keurangan masing-masing, namun Anda lah yang berhak menetapkan tabungan bisnis mana yang paling cocok dengan Anda.

Comments to: Perbandingan Fitur dan Biaya Tabungan Bisnis di Bank Besar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer