Memiliki sebuah bisnis perlu didukung dengan rekening bisnis khusus. Hal ini bertujuan untuk mengontrol keuangan yang berkaitan dengan usaha Anda. Dengan memiliki rekening bisnis segala transaksi yang terjadi dalam perusahaan menjadi lebih jelas dan terpisah dari transaksi pribadi Anda. Salah satu bisnis yang sedang berkembang saat ini adalah bisnis online. Keuntungan menjalankan bisnis online salah satunya adalah menghemat pengeluaran untuk sewa gedung atau membangun toko.

Kebutuhan Bisnis Online dalam Mengelola Keuangan

Dalam membuka bisnis online, ada beberapa hal yang perlu dipenuhi agar bisnis yang Anda rintis dapat berjalan sesuai tujuan khususnya dalam pengelolaan keuangan. Manajemen keuangan dalam suatu bisnis, termasuk bisnis online sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis yang sedang dijalankan. Oleh sebab itu, ada beberapa kebutuhan bisnis online dalam mengelola keuangan yang wajib dipenuhi.

  1. Rencana Keuangan

Perencanaan atau planing merupakan elemen penting dalam mengelola keuangan. Hal ini menjadi tahap pertama untuk menjalankan suatu bisnis. Para pelaku bisnis harus membuat rencana pembiayaan untuk kebutuhan bisnis yang akan dirintis.

Dalam membuat perencanaan keuangan, pastikan memisahkan uang operasional dengan pengeluaran lain. Buatlah anggaran berdasarkan kebutuhan bisnis, mulai dari biaya pembelian bahan baku, alat-alat, biaya produksi, pemasaran, dan lain sebagainya. Dengan rencana keuangan yang matang dan jelas, Anda bisa melihat perkiraan presentase keuntungan yang bisa diperoleh apabila produk terjual atau kerugian yang terjadi apabila produk gagal terjual.

  1. Bukti Transaksi

Bukti transaksi yang berupa faktur, invoice, kwitansi, dan dokumen lainnya kerap kali diabaikan. Padahal bukti transaksi merupakan bagian dari pengelolaan keuangan karena berkaiatan sebagai bukti transaksi yang sah. Tanpa adanya bukti ini, segala transaksi dianggap tidak sah. Hal ini bisa membuat catatan keuangan menjadi bermasalah.

Fenomena yang sering terjadi yaitu bukti transaksi hilang, catatan keuangan menjadi tidak balance. Akibatnya tak jarang perusahaan harus mengalami kerugian atau mengganti uang sejumlah pengeluaran yang tidak tercatat karena bukti transaksi hilang. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada perusahaan Anda, karena bisa berpengaruh pada pendapatkan perusahaan. Oleh sebab itu, kumpulkan bukti-bukti dari setiap transaksi yang dilakukan.

  1. Kemampuan Mengelola Arus Khas

Kebutuhan bisnis online tak lepas dari kemampuan mengelola arus khas, mulai dari hutang, piutang, persedian barang, pengeluaran, dan sebagainya. Kelola keuangan secara jelas dan detail, sehingga tidak ada satu transaksi yang terlewat dan menyebabkan kerugian. Sebagai pelaku bisnis digital, Anda bisa memaksimalkan pengeloaan arus khas dengan menggunakan aplikasi atau software keuangan.

Dengan demikian, pengeolaan keuangan bisnis akan lebih cepat, tepat, dan akurat. Penggunaan software keuangan akan membantu perusahaan untuk mengatasi human error atau kesalahan manusia saat mengolah keuangan perusahaan. Pengelolaan keuangan merupakan kegiatan yang perlu diselesaikan secara teliti dan tepat. Kesalahan kecil bisa berakibat fatal terhadap keberlangsungan perusahaan.

  1. Rekening Bisnis

Salah satu kesalahan dalam berbisnis yang kerap dilakukan yaitu tidak memiliki rekening khusus untuk bisnisnya. Sebagai pelaku bisnis, khususnya UKM (Usaha Kecil Menengah) kerap mengabaikan rekening bisnis untuk usaha yang mereka jalani. Pelaku UKM ini seringkali menggunakan rekening pribadinya untuk melakukan transaksi bisnis.

Padahal memisahkan rekening usaha dengan rekening pribadi akan memudahkan perusahaan dalam mengelola keuangan. Keuntungan memiliki rekening khusus untuk berbisnis diantaranya:

  • Memudahkan Perencanaan Keuangan

Penggunakan rekening bisnis memudahkan perusahaan untuk melakaukan perencanaan keuangan. Dengan adanya rekening tersebut, perusahaan bisa memantau dengan baik antara pengeluaran dan pemasaukan perusahaan tanpa tercampur dengan keuangan pribadi. Hal ini juga akan memudahkan perusahaan untuk membuat laporan keuangan dengan jelas dan detail.

  • Meminimalisir Kerugian

Resiko mencampurkan rekening pribadi dengan bisnis adalah penggunaan harta yang tidak terkontrol. Pemilik rekening merasa bahwa saldo rekeningnya sangat banyak, sehingga lalai menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan pribadi. Maka dari itu, seorang pebisnis perlu menyiapkan rekening tabungan bisnis.

  • Memudahkan Perhitungan Pajak

Keuntungan lain memiliki tabungan bisnis khusus yaitu memudahkan perusahaan untuk melakukan perhitungan pajak. Jika harta perusahaan digabungkan dengan harta pribadi, maka pajak akan terhitung menjadi satu. Hal ini bisa berpengaruh terhadap perhitungan laba setelah dikurangi pajak.

Rekening untuk Bisnis Online

Bagi Anda pemilik bisnis, pastikan memiliki tabungan usaha sendiri sehingga pendapatan usaha tidak tercampur dengan tabungan pribadi Anda. Berikut ini beberapa tabungan bisnis yang cocok untuk bisnis online.

  • Tabungan BritAma Bisnis BRI

Jika Anda ingin membuka bisnis, BRI BritAma cocok dijadikan rekening tabungan yang untuk usaha Anda, khususnya bagi Anda yang sedang membuka usaha kecil atau UKM. Mengapa? BRI BritAma menawarkan pembukaan rekening tabungan dengan setoran awal 1 juta rupiah.

  • Tabungan BCA

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan tabungan BCA untuk rekening usaha Anda. Mengapa BCA? Tabungan BCA memberikan banyak kemudahan kepada nasabahnya. Tak heran jika banyak pengusaha hingga pelaku UKM yang membuka rekening BCA untuk transaksi bisnis. Banyak merchant yang mendukung pembayaran menggunakan debit BCA, sehingga mempermudah customer saat bertransaksi untuk membeli produk bisnis Anda.

  • Tabungan Taplus Bisnis BNI

BNI menawarkan tabungan Taplus yang membantu Anda membuka rekening bisnis. Seperti tabungan bisnis lainnya, BNI Taplus juga memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengelola berbagai transaksi. Anda bisa memanfaatkan layanan transaksi yang bisa diakses melalui internet.

  • Tabungan Mandiri

Tabungan Mandiri adalah salah satu Bank terbesar dan terpercaya. Tak heran jika Mandiri memiliki banyak nasabah, bahkan para seller atau pemilik bisnis menggunakan tabungan Mandiri untuk mengelola keuangan usahanya. Tabungan bisnis Mandiri ini akan membantu Anda dan perusahaan untuk memisahkan transaksi pribadi dengan perusahaan.

Apa Saja Kesalahan Mengelola Keuangan Bisnis Online

Selain perlu didukung dengan rekening bisnis, pengelolaan keuangan perusahaan tidak boleh disepelekan. Hal ini berkaitan dengan beberapa hal yang kerap diabaikan dalam mengelola keuangan. Nah, berikut ini beberapa kesalahan pengelolaan keuangan bisnis online yang kerap terjadi.

  • Tidak Mencatat Transaksi

Pencatatan transaksi pengeluaran dan pemasukan adalah hal yang penting, khususnya dalam berbisnis. Pastikan setiap transaksi pengeluaran maupun pemasukkan selalu tercatat dengan tetap dalam catatatn keuangan. Sehingga memudahkan Anda membuat laporan keuangan secara akurat.

  • Menggabungkan Rekening Pribadi dengan Bisnis

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah menggabungkan rekening pribadi dengan bisnis. Hal tersebut merupakan kesalahan fatal yang masih sering dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis. Penggabungan rekening tersebut akan membuat pengeluaran dan pemasukan menjadi tidak jelas. Bahkan akan membuat Anda kesulitan menyusun laporan keuangan.

Setidaknya ada 4 kebutuhan bisnis dalam mengelola keuangan yang perlu dipersiapkan. Salah satunya berkaitaan dengan rekening bisnis khusus untuk segala transaksi bisnis yang dilakukan. Ini akan mempermudah urusan mengelola keuangan perusahaan atau UKM, misalnya dalam pembuatan laporan keuangan hingga mengetahui presentase laba rugi secara akurat.

Comments to: Rekening Bisnis yang Tepat untuk Bisnis Online

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer