Salah satu masalah yang sering dialami oleh para peminjam modal usaha yaitu dibutuhkannya sebuah jaminan. Jaminan tersebut sebagai aset bagi pemberi pinjaman untuk menjamin dana yang kamu pinjam. Dengan adanya jaminan tersebut, pemberi pinjaman akan merasa aman meminjamkan uang kepada kamu dengan jangka waktu tertentu. Ketika kamu ternyata tidak dapat memenuhi kewajiban kamu untuk membayar pinjaman usaha, maka pemberi pinjaman akan mengambil jaminan tersebut dan menjualnya.

Pinjaman Kredit Bisnis Tanpa Jaminan

Jika kamu tidak ingin menyerahkan jaminan, maka cari pinjaman dana tanpa jaminan. Sehingga kamu tidak perlu mengorbankan dokumen penting atau barang berharga kamu kepada pemberi pinjaman. Salah satu jenis pinjaman tanpa agunan atau jaminan yaitu melalui kartu kredit digital bisnis. Jenis pinjaman ini bisa kamu pilih tanpa mengharuskan kamu menawarkan jaminan kepada pemberi pinjaman. Walaupun tanpa jaminan, kamu tetap dapat mendapatkan pinjaman modal usaha yang kamu inginkan.

Pinjaman jenis kredit memang mempermudah peminjam karena tidak memerlukan barang berharga sebagai jaminan. Namun, biasanya pemberi pinjaman menerapkan bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman dengan sistem agunan. Meskipun demikian, nyatanya pinjaman kartu kredit digital bisnis tanpa jaminan ini lebih banyak dipilih para pelaku usaha, khususnya UKM.

Prosedur Pinjaman Kredit Bisnis Tanpa Jaminan

Sebelum kamu mengajukan pinjaman melalui kartu kredit digital ini, pahamilah beberapa hal terlebih dahulu tentang jenis pinjaman yang akan kamu ajukan. Berikut ini prosedur pinjaman dana tanpa jaminan melalui kartu kredit digital yang bisa kamu jadikan pedoman!

Pahami Perbedaan Kartu Kredit Digital dengan Pinjaman Berjangka

Pinjaman berjangka akan memberikan sejumlah uang sesuai yang kamu pinjam secara keseluruhan di awal. Kemudian, kamu memiliki kewajiban untuk melunasinya dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Tak hanya membayar jumlah pinjaman awal, namun kamu juga perlu membayar beban bunga sesuai ketentuan.Sementara untuk pinjaman kartu kredit digital, pinjaman yang kamu ajukan bisa diambil kapan saja sesuai keinginan. kamu juga dapat mengambil uang sesuai kebutuhan kamu, selama tidak melebihi batas limit. Dalam jenis pinjaman ini kamu juga perlu membayar bunga atas kredit yang kamu gunakan.

Pahami Kredit Bisnis Tanpa Jaminan dan Kredit Bisnis Dengan Jaminan

Kartu Kredit Digital bisnis dengan jaminan ini mengharuskan kamu sebagai peminjam dana, menyerahkan semacam jaminan atau deposito kepada pemberi pinjaman. Jaminan yang kamu serahkan tersebutlah akan menjadi pengganti kerugiaan, saat kamu tidak mampu membayar kewajiban pinjaman modal usaha.

Sedangkan untuk pinjaman kredit bisnis tanpa jaminan ini, tidak mengharuskan kamu untuk menyerahkan aset pribadi kepada pemberi pinjaman. Bagi pelaku bisnis, tentu akan memilih pinjaman tanpa jaminan ini karena merasa lebih aman dan bebas, tanpa harus mengirimkan jaminan kepada pemberi pinjaman. Walaupun demikian, jika kamu memilih kartu kredit digital tanpa jaminan ini, kamu harus menaati peraturan yang sudah disediakan sepakati bersama, khususnya dalam melunasi tagihan pinjaman kamu.

Riwayat Kredit Harus Bagus

Karena pinjaman jenis kredit ini tidak membutuhkan jaminan, maka pemberi pinjaman akan melihat riwayat kredit Bisnismu sebagai pertimbangan sebelum memberikan pinjaman. Jika kamu memiliki riwayat kredit yang baik, kemungkinan besar pengajuan pinjaman kamu akan diterima dengan mudah. Riwayat kredit ini berkaitan dengan bagaimana kamu membayar kewajiban-kewajiban kamu sebelumnya.

Apabila selama ini kamu selalu tepat waktu membayar tagihan, pemberi pinjaman tidak segan untuk segera menyetujui permohonan kamu. Riwayat kredit yang baik juga akan meningkatkan citra diri kamu dan perusahaan di mata pemberi pinjaman. Hal ini juga akan meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman bahwa kamu mampu membayar tagihan atas pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang kamu ajukan.

Tips Melunasi Pinjaman Tepat Waktu

Banyak pelaku bisnis yang kewalahan ketika harus melunasi hutang dalam jangka waktu tertentu. Apalagi disaat jatuh tempo sudah dekat, agen penagih hutang akan menagih kamu secara langsung, yang akhirnya membuat keadaan semakin keruh karena perusahaan kamu belum memiliki uang untuk melunasinya. Jangan sampai hal ini terjadi pada perusahaan kamu.

Pastikan kamu melunasi kewajiban membayar pinjaman tepat waktu, sehingga membantu meningkatkan riwayat kredit kamu menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa tips melunasi pinjaman tepat waktu.

Tinjau Ulang Riwayat Kredit kamu

Lakukan peninjauan laporan kredit sehingga kamu mengetahui berapa besar tagihan yang harus kamu bayarkan. Dengan demikian, kamu dapat menyiapkan sejumlah uang sesuai tagihan dan mampu membayarnya sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan.

Buatlah Pengingat Otomatis

Bayarlah hutang tepat waktu, karena akan membantu kamu meningkatkan riwayat kredit yang baik. Dengan riwayat kredit baik inilah, akan semakin mudah bagi kamu mendapatkan kepercayaan pemberi pinjaman ketika kamu mengajukan pinjaman dana kembali. Agar tidak lupa dengan jangka waktu membayar pinjaman, buatah pengingat otomatis sehingga mengingatkan kamu kapan harus membayar tagihan.

Perbaiki Penggunaan Uang

Keuntungan mengunakan pinjaman kartu kredit digital bisnis yaitu dapat mengambil uang kapan saja, selama tidak melebihi limit kredit yang diberikan. Meskipun demikian, bukan berarti kamu dapat dengan bebas menggunakan uang. Gunakan uang dengan bijaksana sesuai kebutuhan Bisnismu. Apabila anggaran dapat diminimalisir, maka gunakan kurangi anggaran untuk hal-hal yang kurang penting. Atau ubah strategi kamu dalam menggunakan uang bisnis yang kamu pinjam tersebut. Aturlah bagaimana kamu bisa menggunakan anggaran minimal, tanpa mengganggu pengembangan bisnis.

Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Gunakan sebaik-baiknya dana yang kamu dapatkan dari pemberi pinjaman untuk mengembangkan bisnis, sehingga mampu meningkatkan produktivitas. Dengan demikian, pendapatan bisnis juga akan lebih stabil dan meningkat. Hal ini akan mempermudah kamu dalam melunasi tagihan utang dalam jangka waktu tertentu. Jangan lupa siapkan dana cadangan untuk mengantisipasi kekurangan dana saat kondisi darurat terjadi pada Bisnismu.

Perbaiki Riwayat Kredit yang Negatif

Apabila kamu memiliki riwayat kredit negatif karena tunggakan hutang terdahulu yang belum lunas semua, maka segera perbaiki kredit kamu. Lunasi hutang terdahulu dan sekarang secara bersamaan. Jangan sampai kamu fokus melunasi hutang terdahulu, namun kamu terlambat membayar tagihan untuk hutang yang sekarang. Hal ini justru akan membuat riwayat kredit kamu semakin buruk. Maka dari itu, untuk memperbaiki riwayat kredit yang buruk, kamu harus dapat melunasi kedua-duanya.

Demikianlah, beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang pinjaman kredit bisnis tanpa jaminan dan beberapa tips melunasi tagihan tepat waktu. Dengan melunasi tagihan pinjaman baik pinjaman online atau bukan, akan membantu kamu dan perusahaan memiliki riwayat kredit yang baik.  

Comments to: Prosedur Pinjaman Kredit Bisnis Tanpa Jaminan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer