Salah satu masalah yang kerap terjadi pada freelancer (pekerja lepas) adalah kondisi finansial yang tidak pasti. Pasalnya, pendapatan yang diperoleh tidak seperti sistem penggajian sebagai karyawan swasta atau pegawai negeri yang menerapkan sistem gaji satu bulan sekali. Sementara, bagi seorang freelancer gaji yang diperoleh tergantung cepat lambatnya project yang telah diselesaikan. Besarnya gaji yang diterima setiap bulannya pun berbeda, tergantung project yang diberikan klien. Walaupun periode pendapatannya tidak pasti, bukan berarti mereka tak butuh rekening bank untuk menampung pendapatannya.

Perlukah Freelancer Memiliki Rekening Bisnis Khusus?

Menjadi seorang freelance diwajibkan untuk membuka rekening bisnis untuk segala urusan pekerjaannya. Dengan memiliki rekening khusus, akan membantu mengelola keuangan para freelance dalam menggunakan pendapatannya. Ini akan membuat arus kas menjadi lebih baik dan terkontrol. Walaupun tidak mendapatkan gaji atau honor setiap bulan, namun dengan memiliki tabungan bisnis maka keuangannya akan lebih aman dalam jangka panjang.

Rekening Profesional bagi Freelancer

Jika Anda seorang freelancer, Anda perlu menyiapkan rekening bisnis khusus untuk mendukun pekerjaan Anda. Berikut ini beberapa jenis rekening profesional yang cocok untuk Anda.

Opsi Kombinasi Alat Pembayaran dari Paypal

Mungkin sebagian orang khususnya para freelance sudah tidak asing lagi dengan Paypal. Namun, sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah tersebut. Paypal merupakan akun pembayaran elektronik dengan berbagai mata uang. Jika Anda memiliki akun Paypal, sama seperti Anda memiliki rekening online yang berfungsi untuk menerima pembayaran maupun melakukan pembayaran ke rekening lainnya.

Bagi seorang freelancer, Paypal sangat membantu mengelola keuangannya. Sebagian besar freelancer mendapatkan proyek atau kerja sama dengan klien luar negeri yang mengharuskan freelancer memiliki akun paypal untuk menerima pembayaran dengan mata uang luar negeri. Akan menyulitkan Anda jika tidak memiliki akun paypal. Namun keunggulan Paypal dalam menerima pembayaran, juga menjadi batasannya untuk digunakan sebagai rekening bisnis yang mengelola seluruh operasional sehari-hari.

Bagaimana Cara Membuka Akun Paypal?

Tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin memiliki rekening usaha atau tabungan online, segera buat akun paypal sekarang juga. Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Siapkan alamat email aktif, jika belum memilikinya, Anda bisa membuat akun gmail terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, buka situs resmi paypal dan buat akun baru dengan mendaftar. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.
  • Isi data pribadi Anda dengan benar sesuai dengan identitas pribadi Anda, misalnya sesuai dengan KTP.
  • Lakukan konfirmasi dan verifikasi melalui link yang dikirimkan ke akun gmail aktif Anda.

Opsi Alternatif Ideal dari Aspire

Rekening usaha yang juga cocok bagi para freelancer yaitu Aspire. Rekening tabungan ini termasuk sebagai layanan perbankan modern yang membantu pengusaha atau pekerja lepas untuk memiliki akun rekening yang efisien. Tidak seperti rekening perbankan lainnya yang cenderung memiliki banyak persyaratan saat ingin membuka rekening bank, Aspire menawarkan kemudahan kepada nasabahnya. Dengan memiliki tabungan bisnis Aspire akan memudahkan Anda dalam memanajemen keuangan.

Walaupun baru diluncurkan di November 2019 ini, Aspire telah melaju dengan pesat menawarkan fitur krusial dibanding apa yang ditawarkan opsi perbankan yang Anda bagi solopreneur seperti Anda. Salah satunya fitur kirim bukti otomatis untuk setiap transaksi keluar yang Anda lakukan.

Bagaimana Cara Membuka Rekening Aspire?

Freelancer sangat dianjurkan memiliki rekening bisnis Aspire untuk mengatur keuangannya lebih mudah. Caranya membuka tabungan Aspire terbilang sangat sederhana, tinggal kunjungi aspireapp.com/id, klik tombol registrasi dan selesaikan seluruh proses dalam 15 menit saja. Isi formulir online yang tersedia nanti sesuai data yang sebenarnya agar bisa lolos verifikasi dengan cepat. Setelah berhasil membuat akun, Anda otomatis memiliki nomor rekening virtual yang akan digunakan untuk melakukan transaksi.

Apa keuntungan menggunakan Qonto?

Dengan menggunakan Aspire, membantu Anda khususnya para pekerja kreatif dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran, penerimaan honor atau pengeluaran untuk berbagai kebutuhan tercatat dengan baik dalam rekening, dapat melakukan transfer kepada klien, mendapatkan notifikasi secara real-time, bahkan rekening Aspire Anda dilengkapi langsung dengan fitur-fitur akuntansi dasar. Hal ini tentunya akan mempermudah dalam mengatur keuangan dan memastikan arus kas dalam kondisi stabil.

Opsi Konvensional VCC (Virtual Credit Card)

Terakhir, Anda bisa juga menggunakan VCC untuk kebutuhan pekerjaan Anda sebagai freelance. Virtual Credit Card atau disingkat VCC merupakan kartu kredit virtual atau bukan berupa kartu fisik yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara digital. VCC memberikan keuntungan bagi freelancer dalam mengelola keuangan, khsususnya dalam bertransaksi seperti menerima pembayaran hingga melakukan pembayaran online.

Bagaimana Cara Membuat VCC?

Tak perlu khawatir, bagi Anda yang kesulitan membuat kartu kredit di bank, Anda bisa membuat VCC dengan mudah melalui situs internet. Banyak situs online yang menyediakan layanan VCC salah satunya “entropay”. Buka situsnya dan buat akun disana secara gratis. Anda bisa mengisi saldo rekening Anda dengan transfer melalui rekening bank lokal. Akun VCC cocok bagi Anda yang menerima pembayaran mata uang asing dari pekerjaan yang Anda lakukan.

Itulah 3 rekening profesional yang cocok untuk para freelance. Jika Anda seorang pekerja lepas (freelancer) atau solopreneur, setidaknya milikilah satu rekening tabungan usaha yang memudahkan urusan transaksi dan pengelolaan keuangan.

Apa Saja Masalah Freelance Terkait Finansial?

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa masalah pokok yang terjadi pada freelancer berkaitan dengan keuangan yang tidak stabil. Beberapa contoh masalah yang kerap terjadi yaitu:

  • Pemasukan dan Pengeluaran yang Tidak Tercatat

Masalah yang sering terjadi yaitu pemasukan dan pengeluaran yang didapatkan tidak tercatat dengan jelas. Mengapa bisa terjadi? Salah satu penyebabnya karena rekening pribadi dengan rekening bisnis digabung. Hal ini akan membuat Anda kesulitan mengatur dan menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran.

  • Tidak Memiliki Rencana Anggaran

Betapa pentingnya membuat rencana anggaran secara rutin. Sehingga pengeluaran yang Anda lakukan tidak melebihi pendapatan yang Anda terima. Namun seringkali freelancer mengabaikan rencana anggaran ketika honor sudah ditransfer ke rekeningnya. Akibatnya pengeluaran menjadi tidak terkontrol bahkan cenderung boros.

  • Tidak Memiliki Tabungan

Kendala keuangan yang kerap dialami seorang freelance adalah kehabisan uang sebelum mendapatkan transferan honor selanjutnya. Hal ini bisa terjadi karena freelancer tidak menyediakan dana darurat atau tabungan sendiri untuk kebutuhan jangka panjang. Uang yang diperoleh hasil kerja langsung habis terpakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan, akibatnya tidak ada sisa uang yang bisa dijadikan tabungan.

  • Memiliki Hutang

Kesulitan finansial memang cenderung mendorong seseorang meminjam uang. Padahal Anda tahu bahwa bekerja sebagai pekerja lepas tidak ada jaminan pasti terkait pendapatan bulanannya. Jika Anda memiliki hutang yang harus dibayarkan pada periode tertentu, sementara pendapatan Anda masih tidak pasti, tentu akan menyulitkan Anda sendiri. Maka dari itu, sebisa mungkin tidak memiliki hutang jika Anda seorang freelance.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang kondisi finansial seorang pekerja lepas. Untuk membuat kondisi keuangan tetap stabil, usahakan memiliki setidaknya satu akun rekening bisnis untuk mengelola keuangan Anda.

Comments to: Rekening Profesional yang Tepat untuk Freelancer

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer