Ingat saat pertama kamu mendirikan bisnis? kamu harus memiliki visi: kantor besar, ratusan karyawan, dan kamu menjadi CEO yang ternama dan dihormati. Bagaimana dengan sekarang? Strategi pengembangan usaha apa yang sudah kamu praktikkan untuk mencapainya?

Kebanyakan orang mendirikan bisnis mereka dengan visi yang hebat dalam pikiran. Namun kondisi nyata yang terjadi justru menghantam keras, dan bahkan lebih sulit bagi beberapa pelaku usaha, bahwa visi itu akhirnya dilupakan dan mereka terjebak dengan menjaga bisnis mereka tetap berjalan sebagai bisnis kecil.

Jika kamu salah satu dari orang-orang ini, sekarang saatnya untuk bangun dan menguasai diri! Kembalilah ke visi kamu karena itu bukan sekadar mimpi. Itu adalah sebuah visi dan kamu benar-benar dapat mewujudkannya.

Agar Bisnismu berkembang tidak selalu diharuskan dengan jalan menyewa konsultan mahal. kamu selalu dapat mengembangkan usaha lewat cara kamu sendiri selama kamu mau belajar.

kamu bisa mulai dengan langkah-langkah kecil namun konsisten dan artikel ini akan membantu kamu mempelajari strategi pengembangan usaha menggunakan metode-metode sederhana.

4 Strategi Pengembangan Usaha

Memanfaatkan Pasar Yang Ada

Salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan Bisnismu adalah memanfaatkan pasar yang ada dengan sebaik-baiknya. Ini karena menjual produk baru kepada pelanggan yang sudah ada sebenarnya lebih mudah dan lebih hemat biaya daripada menjual produk yang sudah ada kepada pelanggan baru. Untuk alasan itu, pikirkan sesuatu untuk membuat pelanggan ini terus kembali.

Selalu menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan kamu bahkan setelah mereka selesai membeli dari Bisnismu. Lagi pula, mereka memilih untuk membeli dari kamu bahkan setelah dihadirkan dengan banyak pilihan dari pesaing kamu. Ini berarti bahwa mereka telah mendapatkan kepercayaan kamu dan kamu harus menindaklanjuti kepercayaan ini.

Bangun komunikasi yang baik dengan meminta umpan balik (feedback) dan ulasan testimoni (review) setelah barang terjual dan mereka pakai. Tanyakan apakah mereka mengalami ketidaknyamanan selama aktivitas pembelian dan penggunaan produk, begitu pula jika ada yang dapat kamu lakukan untuk membuatnya lebih baik.

Akhirnya, jangan hanya berasumsi bahwa karena kamu memiliki produk yang bagus, pelanggan ini akan secara otomatis merekomendasikannya kepada rekan mereka: MINTALAH.

Sampaikan kepada pelanggan untuk membantu mereferensikan Bisnismu pada kolega mereka. Ini karena lebih dari 80% konsumen di luar sana hari ini mempercayai saran teman dekat dan keluarga mereka lebih besar dari apapun yang diumbar berbagai brand tentang keunggulan produknya. Jadi tanyakan kepada pelanggan kamu yang puas apakah mereka mengenal orang lain yang membutuhkan layanan kamu atau tertarik untuk membeli produk kamu, dan tindaklanjuti pelanggan potensial yang dirujuk ini.

Basis pelanggan setia kamu yang sudah ada kemudian akan menjadi cara kamu yang paling efisien dalam memperoleh pelanggan baru.

Peningkatan Produk

Langkah selanjutnya memperluas Bisnismu adalah melalui peningkatan produk kamu. kamu tidak perlu menghasilkan produk yang benar-benar baru. Sebagai gantinya, kamu dapat berinovasi menambahkan fitur, menawarkan variasi, menemukan manfaat baru dari kegunaan produk yang sudah ada.

Ambil contoh, kamu dapat melihat bagaimana penjualan lakban, petroleum jelly, dan minuman berkarbonasi diminati sekali sekarang karena orang tahu bahwa produk ini memiliki beragam penggunaan.

Selain itu, kamu juga dapat melihat bagaimana mie instan semakin populer, terutama di pasar Asia, karena tren memasaknya dengan bumbu tambahan dan kombinasi rasa seperti dengan keripik kentang.

Pikirkan cara-cara atau tren baru dalam menggunakan dan memodifikasi produk yang ada untuk menarik perhatian publik. Dengan cara ini, mereka akan ingin mencobanya sendiri sehingga membeli produk kamu lebih banyak lagi.

Selain itu, langkah lain yang harus diambil dalam meningkatkan produk kamu adalah melalui diversifikasi produk. Pelajari saran masukan dari perspektif pelanggan kamu dan pikirkan apa lagi yang mungkin mereka butuhkan terkait dengan produk kamu. Selain itu, kamu juga dapat mencoba menjangkau segmen pasar lain dengan karakteristik serupa.

Sebagai ilustrasi, studio foto juga dapat menjual bingkai foto dan menawarkan layanan pencetakan. Atau jika kamu memiliki rumah kos, kamu selalu dapat menawarkan makanan, jasa laundry (binatu), dan bahkan layanan kebersihan kepada pelanggan kamu.

Perluasan Pasar

Jika kamu ingin mengembangkan Bisnismu, kamu perlu memperluas pasar kamu. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, tetapi cara yang paling jelas adalah membuka toko di lokasi baru.

kamu dapat melakukan cara-cara lama, yang berarti menghadirkan cabang baru di area lain. Namun kamu juga dapat melakukan ini secara virtual menggunakan situs web dan marketplace online: ekspansi yang tentu memakan biaya lebih sedikit.

Media sosial dan iklan sama-sama memainkan peran besar dalam perluasan pasar. Faktanya, di era milenium ini, semuanya dapat dijangkau melalui internet. Gunakan ini dan kamu akan memiliki potensi pasar yang tidak terbatas.

Sama seperti kisah awal GOJEK, awalnya dimulai hanya berupa model pemesanan yang dihubungkan ke Customer Center, itupun dengan jumlah call agent dan armada ojek yang terbatas. Sebelum kemudian berekspansi dan mengakuisi pengguna secara luas dengan meluncurkan aplikasi mobile untuk memudahkan akses di era internet ini.

Dalam skala yang lebih tinggi, memperluas pasar kamu juga dapat dilakukan dengan sistem kerjasama waralaba dan sebarluaskan produk kamu ke berbagai wilayah. Jika Bisnismu berjalan baik dengan pendapatan yang menjanjikan, kembangkan sistem dan perluas Bisnismu melalui waralaba. Waralaba adalah rahasia mengapa pengusaha-pengusaha saat ini dapat mencapai kesuksesan mereka di usia muda.

Akhirnya, cobalah aktivitas pengembangan usaha kamu dengan menjangkau pasar internasional. Mengekspor produk dan layanan mungkin sedikit menantang, karena membutuhkan banyak waktu dan sumber daya untuk dipersiapkan dengan matang. Namun demikian, jika dilakukan dengan sangat baik, hasilnya akan sangat memuaskan.

Pameran

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, aktiflah mengikut sertakan Bisnismu untuk berpartisipasi dalam expo eksibisi dan pameran dagang. Karena acara seperti ini dapat menarik pelanggan potensial sekaligus mitra bisnis secara bersamaan. Para hadirin sudah tentu akan memiliki ketertarikan sesuai tema dari pameran terhadap produk dan layanan sejenis yang ditawarkan, termasuk punya kamu.

Tentunya kamu akan menemukan banyak pesaing kamu bergabung dalam acara yang sama, jadi triknya adalah merancang dan mengembangkan presentasi yang unik sehingga orang-orang ini akan lebih tertarik mengunjungi booth dan apa yang kamu tawarkan di dalamnya.

pengembangan usaha

Selalu berpikir kreatif! Ingatlah bahwa tujuan dari bergabung dengan pameran ini adalah untuk membuat Bisnismu menonjol dan dikenali oleh pasar. Jadi pilihlah acara yang tepat dengan hati-hati dan berikan semua yang kamu punya!

Dengan seksama pertimbangkan semua aspek dalam bisnis, perluasan dan pengembangan usaha kamu tidak hanya terbatas pada metode-metode yang telah kami jabarkan di atas. kamu selalu dapat memilih pendekatan kamu sendiri, tergantung pada produk / layanan kamu, keadaan, dan tentu saja, anggaran.

Hal terpenting yang perlu kamu ingat bahwa semuanya butuh waktu berproses. kamu mungkin tidak langsung melihat hasilnya, tetapi selama ia bertahap menunjukkan kemajuan, maka kamu akan tahu bahwa kamu berada di jalur yang benar.

Bersabar dan teruskan. Dengan cara ini, visi kamu: kantor besar dan menjadi CEO yang disegani, pada akhirnya akan tercapai.

Bila kamu perlu mengetahui lebih banyak tips praktis lagi seputar pengembangan usaha, coba perhatikan artikel ini yang memuat 8 saran lebih banyak.

Comments to: Bisnis Kecil? 4 Strategi Pengembangan Usaha, Jadikannya Besar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Buka Rekening Bisnis dengan Alumak

Jelajahi kategori lain

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer